Bikin Atta Halilintar Dilema, Wajibkah Mencukur Botak Rambut Usai Naik Haji?
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah ibadah haji (Instagram/@attahalilintar)
15:56
18 Juni 2024

Bikin Atta Halilintar Dilema, Wajibkah Mencukur Botak Rambut Usai Naik Haji?

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji mereka di Tanah Suci Mekah. Usai menjalankan ibadah tersebut, Aurel malah meledek sang suami untuk mencukur rambutnya jadi botak. Pada postingan di Instagram story, Aurel juga meminta pendapat dari netizen apakah Atta lebih baik cukur botak atau tidak.

Pada video yang diunggah Aurel, nampak pasangan itu sedang istirahat makan di suatu restoran bersama pengusaha Putra Siregar. Aurel memperlihatkan penampilan Atta yang ketika itu mengenakan topi kupluk. Aurel meminta netizen untuk spam like di postingan Atta di Intagram. Kemudian Putra Siregar juga mengompori pasangan itu untuk meminta tanggapan netizen.

"Kalian pilih bang Atta botak atau tetap kayak gini," kata Putra Siregar, dikutip dari akun TikTok @cygahhafamily yang mengunggah ulang postingan Aurel.

Atta sendiri tetap santai dan terus menyantap makanannya. Aurel pun memberikan nasihat kepada sang suami untuk yakin dengan pilihannya nanti.

Baca Juga: Makkah Diguyur Hujan Setelah Panas Menyengat Hingga 45 Derajat

"Tuh, semangat sayang. Voting ya. Kalau nanti votingnya banyak yang botak, gimana, bang?" tanya Aurel.

Namun, Atta tetap tak mengubris obrolan tersebut dan terus asik menyantap makanannya. Aurel menambahkan kalau Atta dan Putra Siregar sebenarnya sama-sama ingin botak. Hanya saja, Atta nampak masih ragu.

Diketahui bahwa dalam rangkaian ibadah haji dan umrah terdapat tahallul yang dikerjakan oleh para jamaah. Tahallul termasuk salah satu rukun haji yang wajib dipenuhi oleh seorang muslim yang sedang melaksanakan haji. Tahallul merupakan keadaan seseorang yang telah dihalalkan melakukan perbuatan yang sebelumnya dilarang selama ihram.

Kehalalan atau pembebasan dari larangan ini ditandai dengan mencukur atau memotong rambut, paling sedikit tiga helai rambut. Sehingga, tahallul juga dikenal sebagai mencukur rambut.

Dikutip dari NU Online, memotong atau mencukur rambut kepala termasuk salah satu bagian penting dalam pelaksanaan haji dan umrah. Dikatakan bahwa jamaah haji tidak dapat tahallul selesai dari haji atau umrah sebelum melakukannya.

Baca Juga: Ketua Timwas Haji DPR: Penyelenggaraan Haji 2024 Alami Berbagai Masalah

Bagi jemaah haji pria, disarankan untuk mencukur sebagian rambut kepala atau memendekkannya. Namun, lebih utama untuk menggunduli rambut. Meski begitu, botak pascaibadah haji memang bukan suatu kewajiban.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #bikin #atta #halilintar #dilema #wajibkah #mencukur #botak #rambut #usai #naik #haji

KOMENTAR