Deretan Aksi Sosial yang Dilakukan Ivan Gunawan, Kini Sumbang Ambulans untuk Palestina
Ivan Gunawan di kantor Baznas RI di kawasan Matraman, Jakarta, Senin (3/6/2024). [Suara.com/Adiyoga P]
16:22
5 Juni 2024

Deretan Aksi Sosial yang Dilakukan Ivan Gunawan, Kini Sumbang Ambulans untuk Palestina

Aksi sosial yang dilakukan desainer sekaligus artis Ivan Gunawan patut mendapat banyak pujian dari publik. Bagaimana tidak, selama karier cemerlangnya di industri fashion dan entertainment, Ivan Gunawan tak pernah luput melakukan aksi sosial yang dapat dicontoh oleh orang banyak. 

Baru-baru ini, Ivan pun mengungkap bahwa dirinya akan menyumbangkan 3 buah ambulans untuk membantu korban genosida di Palestina. Ia mengaku sumbangan tersebut berasal dari keuntungan brand fashion yang kini ia jalani.

"Aku memutuskan untuk mengalokasikan keuntungan brandku dengan membuat ambulans untuk di Palestina," ungkap Ivan saat ditemui di daerah Matraman, Jakarta Pusat pada Senin (3/6/2024).

Tiga unit amblunas sumbangan dari Ivan diketahui kini sudah beroperasi di wilayah Palestina. Aksi sosial ini pun bukan pertama kalinya dilakukan Ivan. Ia juga pernah beberapa kali melakukan aksi mulia lainnya.

Baca Juga: All Eyes On Papua Viral, Ivan Gunawan Ikut Suarakan Keprihatinan

Lalu, apa saja aksi sosial yang pernah dilakukan Ivan?

1. Bangun masjid dan sumur di Uganda

Sebelum ini, Ivan Gunawan telah membangun masjid dan sumur di Uganda, Afrika pada tahun 2022 lalu. Proyek masjid yang berada di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat tersebut mulai dilakukan pada April 2022 lalu dan telah rampung pada Februari 2023 lalu. Masjid tanpa kubah dengan desain serba putih ini disalurkan Ivan melalui rekannya, Hamza yang merupakan relawan di Uganda.

Masjid yang diberi nama Masjid Indonesia tersebut bisa menampung hingga 500 jemaah yang berada di sekitaran distrik tersebut. Ivan mengaku tersentuh ketika mendengar laporan dari rekannya yang menyebut bahwa banyak warga Muslim Uganda kesulitan beribadah lantaran minimnya jumlah masjid di daerah mereka.

Selain masjid, Ivan juga membangun sumur untuk sumber air bersih warga sekitar sana dan diberi nama Erna Gunawan, yaitu nama sang ibu.

Baca Juga: Risi, Ivan Gunawan Minta Tak Lagi Dijodoh-jodohkan dengan Inara Rusli

2. Bangun rumah tahfidz Qur'an

Aksi kemanusiaan lain juga dilakukan Ivan. Pada Maret 2024 lalu, mantan host Brownis ini resmi membangun sebuah rumah tahfidz Qur'an di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Rumah tahfidz tersebut mampu menampung 86 santri. Selain berfungsi untuk tempat belajar santri, rumah tahfidz itu juga menjadi rumah singgah bagi warga yang ingin mendalami Al Qur'an.  

3. Kirim bantuan 1 miliar ke Palestina

Bantuan Ivan Gunawan ke Palestina bukan hanya sebatas ambulans. Pria yang akrab disapa Igun ini juga menyalurkan bantuan sebesar Rp1 miliar berupa banyak kebutuhan kepada para korban genosida di Palestina.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #deretan #aksi #sosial #yang #dilakukan #ivan #gunawan #kini #sumbang #ambulans #untuk #palestina

KOMENTAR