Targetkan Quality Tourism, Pengembangan Destinasi Parpuar Labuan Bajo Harus Dengan Konsep Berkelanjutan
Labuan Bajo.
10:38
27 Mei 2024

Targetkan Quality Tourism, Pengembangan Destinasi Parpuar Labuan Bajo Harus Dengan Konsep Berkelanjutan

Parapuar, sebuah permata tersembunyi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, telah lama menjadi magnet bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Kawasan hutan yang indah ini dikelola oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF).

Dalam bahasa Manggarai, kata "parapuar" berarti ‘pintu gerbang menuju hutan’, berasal dari kata "para" yang berarti ‘pintu’ dan "puar" yang berarti ‘hutan’. Dari viewpoint Parapuar, wisatawan dapat menikmati panorama memukau alam Labuan Bajo. Pemandangan gugusan pulau dan kapal wisata yang berlayar di perairan tampak jelas dari kejauhan, sementara hutan lebat seolah memeluk Kota Labuan Bajo.

Dari viewpoint ini, pengunjung juga dapat melihat landasan pacu Bandara Komodo di arah utara. Selain menikmati keindahan alam, wisatawan dapat bersantai di coffee shop yang tersedia di lokasi tersebut, mencicipi kopi arabika khas Manggarai dan kompiang, roti tradisional Manggarai yang lezat. Parapuar bukan hanya menawarkan pemandangan menakjubkan, tetapi juga pengalaman budaya dan kuliner yang autentik.

Oleh karena itu, dalam Rapat Sinkronisasi Penajaman Masterplan dan Rencana Strategi Bisnis Parapuar, Plt. Direktur Utama BPOLBF, Frans Teguh perlu ada komitmen mendukung visi keberlanjutan Etno-Eco-Edu-Culture & Nature Conservation dalam pengembangan Kawasan Parapuar.

Baca Juga:Dua BUMN Kunjungi Pelindo Mau Contoh Pengelolaan Desa Wisata

"Konsep Keberlanjutan adalah poin utama yang harus dimunculkan dan lebih dipertajam pada Masterplan dan Rencana Bisnis Parapuar, baik keberlanjutan dari segi budaya, kearifan lokal, lingkungan maupun korelasi ekonomi dan sosial yang berimplikasi secara teknis pada pengembangan. Artinya, Masterplan Parapuar mengusung KonsepEtno-Eco-Edu-Culture & Nature Conservation yang berbasis Pola Ruang Gendang One, Lingko Pe'ang. Selain itu, Langgem Arsitektur juga mesti menampilkan kekhasan lokal dalam bentuk bangunan maupun desain arsitektur sehingga dapat menciptakan ruang yang merefleksikan keindahan dan identitas budaya 11 Kabupaten Koordinatif secara umum maupun budaya Manggarai secara khusus" jelas Frans.

Filosofi “Gendang One Lingko Pe’ang” sendiri merupakan ruang hidup orang Manggarai yang mencerminkan kedalaman nilai-nilai warisan leluhur. Ruang ini secara umum mencakup lima bagian, yaitu Kampung (Beo Bate Elor/ Natas Bate Labar), Rumah Adat (Mbaru Bate Kaeng, Mbaru Gendang), Altar Persembahan (Compang Bate Takung), Kebun (Uma Bate Duat/ Lingko), dan Sumber Air (Wae Bate Teku). Kelima unsur ini merupakan suatu kesatuan yang memberi makna bagi seluruh kehidupan masyarakat Manggarai.

Lebih lanjut, terkait dengan Rencana Induk Kepariwisataan BPOLBF, Frans menekankan bahwa pengembangan Parapuar harus mampu memberi distribusi pertumbuhan ekonomi pada 11 Kabupaten Koordinatif BPOLBF yang meliputi Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sika, Lembata, Alor, Flores Timur, dan 2 kecamatan di Bima.

"Rencana Induk Kepariwisataan BPOLBF mesti memberikan concern terkait pengembangan pariwisata di 11 Kabupaten Koordinatif. Targetnya adalah pengembangan kawasan pariwisata Parapuar dan Labuan Bajo bisa memberikan distribusi ekonomi baik secara nasional maupun kedaerahan khususnya pada 11 Kabupaten Koordinatif BPOLBF" ungkap Frans.

Frans menyampaikan bahwa sebagai destinasi dengan basis alam dan budaya, Parapuar akan bergerak secara terukur ke quality tourism dan bukan mass tourism.

Baca Juga:7 Destinasi Bulukumba Masuk Unggulan Kemenparekraf, Pemkab Siapkan 25 Andalan Lagi

"Positioning pengembangan Parapuar dari segi rencana pengembangan dan model bisnis harus memiliki karakter unik dan berdaya jual tinggi sehingga Parapuar dapat memberikan pengalaman yang berbeda dari destinasi wisata yang sudah berkembang secara organik di Labuan Bajo Flores. Parapuar sebagai destinasi dengan basis alam dan budaya akan bergerak secara terukur ke quality tourism dan bukan mass tourism" tutup Frans.

Mendukung visi besar ini, beberapa catatan dalam rapat tersebut juga berkaitan dengan rencana jangka panjang, seperti sistem transportasi terpadu berbasis energi baru terbarukan guna menjadikan Kawasan Parapuar sebagai destinasi yang ramah lingkungan, pengaturan flow pengunjung dan carying capacity kawasan dengan sentralisasi parkir serta pengaturan visitor management untuk penerapan Do and Don'ts  bagi wisatawan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #targetkan #quality #tourism #pengembangan #destinasi #parpuar #labuan #bajo #harus #dengan #konsep #berkelanjutan

KOMENTAR