Rekomendasi 3 Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar, Bisa Jadi Kado Buat Orang Tua Baru
Ilustrasi mainan bayi. (Shutterstock)
17:42
20 Mei 2024

Rekomendasi 3 Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar, Bisa Jadi Kado Buat Orang Tua Baru

Otak bayi bisa menyerap banyak informasi secara cepat selama 2 tahun pertama kehidupannya. Informasi itu bisa didapat dari lingkungan sekitarnya, termasuk mainanannya. Tidak sekadar menjadi hiburan bagi anak, mainan memang bisa juga menjadi alat pendukung bagi orang tua untuk berkomunikasi dengan bayi. Terutama mainan dengan warna maupun pola kontras, suara lembut, dan sensasi sentuhan.

Tidak hanya menarik minat bayi untuk berkomunikasi, mainan juga mendukung perkembangan sensorik serta perkembangan keterampilan motorik dan kognitifnya.

Misalnya saja, mainan sederhana dengan warna-warna cerah atau mainan kerincingan yang lembut bisa menarik perhatian bayi dan bantu mengembangkan persepsi visual serta pendengarannya. Interaksi awal dengan mainan ini juga memberikan stimulasi yang berharga terhadap otak bayi yang sedang berkembang pesat.

Bila masih bingung pilih mainan yang tepat, pelopor mainan edukasi anak usia 0-5 tahun di Indonesia, Early Learning Centre dan The Entertainer menghadirkan sederet pilihan untuk dikenalkan kepada bayi sejak baru lahir. Terutama bagi orang tua baru, mainan tersebut juga bisa memudahkan interaksi dan komunikasi jadi lebih menyenangkan bersama bayi. Berikut daftar rekomendasi mainan tersebut.

1. Alat bantu berjalan

Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar. (Dok. ELC)Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar. (Dok. ELC)

Tidak sekadar mainan, tapi juga sekaligus bisa jadi alat pendukung dan mendorong langkah pertama si kecil dan penuh dengan aktivitas untuk membuat mereka terhibur. Alat ini dilengkapi dengan mainan angkat telepon dan ucapkan salam. Tak hanya itu, anak juga bisa memutar angka untuk melihat lampu dan mendengar suara.

Intinya, mainan yang dilengkapi juga dengan alat belajar piano dan pasang bola ini memang dirancang untuk mendorong perkembangan fisik, menanamkan rasa percaya diri, koordinasi tangan dan mata, serta menstimulasi indera.

2. Kubus Aktivitas

Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar. (Dok. ELC)Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar. (Dok. ELC)

Dalam satu kubus kayu ini terdapat lima aktivitas berbeda di bagian atas dan keempat sisinya, yaitu berupa bingkai belajar yang dapat berputar, jam dengan jarum jam yang dapat digerakkan, papan tulis yang dapat dihapus, gambang kayu, dan labirin manik-manik. Dengan satu mainan ini saja, anak dapat belajar tentang warna dan bentuk, angka dan berhitung, nama-nama benda yang berbeda, mengenal waktu, serta musik.

Memegang labirin manik-manik membantu memperkuat jari-jari kecil dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata, dan sisi papan balik angka akan membuat mereka berpikir dan berhitung. Mereka juga dapat mengeksplorasi sisi kreatif dan menggunakan papan tulis untuk menulis, mencoret-coret dan membuat sketsa.

3. Bantalan dan matras penuh warna

Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar. (Dok. ELC)Mainan Bayi yang Juga Bisa Jadi Alat Belajar. (Dok. ELC)

Blossom Farm Martha Moo Sit Up Cosy memberikan dukungan untuk si kecil pada tahap awal perkembangannya. Desainnya menampilkan warna dan pola yang cerah serta hewan-hewan peternakan yang menyenangkan.

Ketika si kecil bertambah besar, bantal dapat dilipat menjadi penyangga untuk memberikan dukungan dan menambah kepercayaan diri saat mereka belajar duduk. Biarkan anak bermain secara mandiri di atas matras saat mereka mengeksplorasi berbagai warna dan tekstur lembut dari kelopak bermotif.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #rekomendasi #mainan #bayi #yang #juga #bisa #jadi #alat #belajar #bisa #jadi #kado #buat #orang #baru

KOMENTAR