Ketahui Keistimewaan Haji Furoda, Jalur yang Dipilih Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Untuk Berangkat Haji
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di Tanah Suci. (Instagram/raffinagita1717)
10:32
20 Mei 2024

Ketahui Keistimewaan Haji Furoda, Jalur yang Dipilih Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Untuk Berangkat Haji

Raffi Ahmad akhirnya bisa memboyong keluarganya untuk berangkat haji tahun ini, setelah tahun lalu rencana ibadah di Tanah Suci itu batal karena satu dan lain hal. Kabar tersebut dibagikan langsung oleh suami Nagita Slavina itu di Instagram pribadinya. 

Raffi Ahmad dan keluarga diduga memakai jalur haji furoda yang menghabiskan dana hingga ratusan juta perorangnya. Hal ini menguat karena travel haji yang digunakan sang presenter memang sedang mempromosikan tipe ibadah haji tersebut.

"Insya Allah bisa memberangkatkan saya, istri beserta rombongan menuju tanah suci untuk ibadah haji," kata Raffi Ahmad di akun @/janamadinahwisata, Sabtu (18/5/2024)

Raffi Ahmad berharap perjalanan bersama keluarga untuk ibadah haji selalu mendapat kelancaran.

"Mudah-mudahan kita punya pengalaman yang sangat indah untuk wisata religi, berdoa dan semuanya. Jadi biar mendapatkan pengalaman pertama Haji yang tidak ternilai, akan menjadi kenangan seumur hidup," ucap bapak dua anak ini.

Lantas, apa itu haji furoda dan apa keistimewaannya? Seperti diketahui, di Indonesia sendiri ada beberapa program haji resmi yang dapat dipilih umat Muslim untuk beribadah ke Tanah Suci.

Program haji resmi tersebut yakni haji reguler, haji, khusus (ONH Plus), dan haji furoda. Melansir dari situs hajifuroda.id, haji furoda merupakan sebuah ibadah haji yang diatur dan dikelola secara langsung oleh Pemerintah Arab Saudi.

Kuota undangan haji ini bernama mujamalah. Keberangkatan jemaah haji mujamalah ini mekanismenya wajib mengikuti PIHK. 

Tentu saja, karena program haji ini berbeda dengan haji yang diatur oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, haji furoda memiliki keistimewaan tersendiri.

1. Tidak Ada Waktu Tunggu

Keistimewaan utama haji furoda adalah tidak adanya waktu tunggu yang panjang seperti pada haji konvensional yang bisa mencapai puluhan tahun. Karena itu, haji furoda sering disebut sebagai haji tanpa antre atau haji non-kuota.

2. Visa Langsung dari Arab Saudi

Izin visa untuk haji furoda diperoleh melalui penggunaan visa mujmalah yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi melalui Kedutaan Besarnya di Republik Indonesia.

Dokumen Perizinan Masuk Haji Mujamalah adalah Dokumen Perizinan Masuk khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi bagi orang yang mendapatkan undangan untuk berhaji.

3. Fasilitas Selama di Tanah Suci

Dengan biaya yang dikeluarkan untuk program haji furoda yang terbilang lebih mahal dari program haji lainnya, fasilitas yang diperoleh jemaah haji juga lebih eksklusif. Di antaranya.

  • Memperoleh penginapan di hotel bintang 5 atau sesuai dengan paket yang dipilih
  • Menggunakan pesawat Saudi Airlines Direct Jeddah
  • Maktab haji khusus furoda
  • Hotel transit di Mina
  • Dapat tenda AC di Arafah dan Mina
  • beragam fasilitas lainnya.

Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan maupun fasilitas yang akan diterima oleh jemaah haji furoda tentu tidak semuanya sama. Ini akan tergantung pada perusahaan atau biro travel yang menaungi jemaah haji Furoda.

4. Berangkat Lebih Cepat 

Jemaah Haji Furoda itu hanya butuh waktu 23 sampai 25 hari. Terhitung sejak pemberangkatan hingga kembali pulang ke rumah.

5. Harga Haji Furoda 2024

Setidaknya, biaya yang harus dikeluarkan oleh 1 orang jemaah haji Furoda 2024 berkisar mulai dari USD 23 ribu. Dengan kurs saat ini (Rp16.255/dollar), maka biaya itu setara dengan Rp373,9 juta.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #ketahui #keistimewaan #haji #furoda #jalur #yang #dipilih #raffi #ahmad #nagita #slavina #untuk #berangkat #haji

KOMENTAR