10 Hal Penting yang Harus Diketahui sebelum Liburan ke India, Bermesraan di Depan Umum Bisa Dipenjara
Ilustrasi pasangan yang mesra (Freepik)
18:34
18 Mei 2024

10 Hal Penting yang Harus Diketahui sebelum Liburan ke India, Bermesraan di Depan Umum Bisa Dipenjara

Apakah kamu berencana untuk liburan ke India? Jika iya, kamu harus mengetahui beberapa hal penting yang boleh dan tidak boleh dilakukan di negara tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa India adalah negara yang masih menjunjung tinggi budaya dan sikap sopan santun.

Sebagai orang asing, kamu harus memperhatikan segala perilakumu selama berada di India.

Salah satunya adalah kamu tidak boleh bermesraan di depan umum lantaran kamu bisa dipenjara.

Tak hanya itu, terdapat beberapa hal penting lainnya yang harus kamu ketahui dan bisa kamu temukan dalam artikel ini.

Dikutip dari Brightside.me, Sabtu (18/5), simak beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum liburan ke India.

1. Tidak Boleh Menyentuh Buku dengan Kaki


Di India, anak-anak sejak kecil diberi penjelasan bahwa buku adalah pengetahuan. Bahkan, mereka mempunyai Dewi Saraswati sebagai Dewi Pengetahuan.

Oleh karena itu, menyentuh buku dengan kaki atau bahkan menendang tas sekolah yang berisi buku dianggap tidak sopan. Di sisi lain, pena dan pensil pun juga hal penting menurut budaya India sehingga harus dihormati.

2. Jangan Takut untuk Menjelajahi Jajanan Kaki Lima India


Terkadang, makanan terbaik sebuah negara merupakan makanan yang dibuat oleh pedagang kecil di sudut jalan, termasuk makanan India. Untuk itu, jika kamu berlibur ke India, kamu bisa mencoba makanan kaki lima mereka.

Namun, kamu harus berhati-hati dan carilah makanan segar. Hindari makanan dengan produk susu karena bisa rusak serta hindari es atau air yang tidak dipanaskan dengan baik (usahakan untuk menghindari air keran). Satu hal lagi, cobalah untuk membeli makanan yang dijual dengan bersih.

3. Jangan Terlalu Sopan

Mengucapkan tolong dan terima kasih merupakan hal yang normal dan penuh hormat bagi kita, seperti saat berada di restoran maupun toko. Namun, di India, jika kata tersebut diucapkan terlalu sering, kamu bisa dianggap kasar atau tidak sopan.

Jika dengan teman dan keluarga, melakukan hal tersebut guna menunjukkan sikap menghargai terkadang justru dapat menimbulkan ketegangan. Untuk itu, kamu disarankan mengatakan 'Saya menghargai itu' dibandingkan mengucapkan 'Terima kasih'.

4. Gunakan Tangan Kanan saat Memberi Atau Mengambil Apapun


Dalam banyak budaya, tangan kanan dianggap murni hingga membawa keberuntungan. Di India, tangan kiri dinilai najis karena digunakan untuk membersihkan sepatu, kaki, hingga pekerjaan kotor pada umumnya.

Dalam hal makanan, minuman, dan menyerahkan sesuatu kepada orang lain saat di India harus selalu menggunakan tangan kanan untuk menunjukkan rasa hormat.

5. Jangan Tunjuk Jari

Biasanya, kita menggunakan jari telunjuk untuk memberikan petunjuk arah di suatu tempat. Namun, hal ini tidak terjadi di India.

Menunjuk sesuatu dengan jari dianggap tidak sopan. Jika kamu ingin memberikan arahan atau menunjukkan sesuatu kepada seseorang saat di India, kamu harus melakukannya dengan menggunakan seluruh telapak tangan atau ibu jari. Cara ini akan terlihat lebih lembut dan sopan.

6. Berjaga-jaga Membawa Uang Tunai

Jika kamu mengunjungi kota kecil di India, kamu dipastikan akan selalu melakukan pembayaran dengan uang tunai. Meskipun kartu kredit dapat diterima di kota-kota besar, mal, restoran, dan toko, tetapi kartu kredit masih jarang digunakan.

Kota-kota kecil pun menggunakan uang tunai. Jadi, sebaiknya kamu membawa uang tunai untuk berjaga-jaga.

7. Tidak Semua Orang Berbicara Bahasa Inggris

Memiliki kemampuan berbahasa Inggris di kota-kota besar, restoran, hotel, atau toko tertentu memang menguntungkan. Namun, hal ini tidak berlaku di desa-desa kecil di India.

Saat berada di desa kecil India, masyarakat cenderung menggunakan bahasa asli mereka. Untuk itu, kamu dapat mempelajari bahasa mereka dan mengenal budaya baru.

8. Pelajari dan Gunakan Salam Tradisional

Kamu dapat menunjukkan rasa hormatmu terhadap suatu negara dan masyarakat dengan mempelajari budaya dan sapaan tradisional mereka, termasuk di India. Salah satu sapaan yang umum digunakan oleh masyarakat India adalah 'namaste'.

Kamu bisa menyatukan kedua tangan dan membungkuk untuk menunjukkan rasa hormat sambil mengucapkan 'namaste', atau jika ingin lebih formal, kamu bisa menggunakan 'namaskar'. Seiring dengan bahasa Inggris yang semakin mendunia, sapaan 'hello' juga digunakan, terutama di kalangan wisatawan dan orang asing.

Sementara itu, kata 'good bye' atau selamat tinggal biasanya tidak digunakan. Hal ini lantaran kata tersebut mengartikan bahwa kamu tidak akan bertemu lagi atau kamu meminta izin untuk pergi.

9. Jangan Menunjukkan Kemesraan di Depan Umum

Menunjukkan kemesraan di depan umum dipandang rendah karena hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat pribadi. Sikap ini pun juga tidak boleh dilakukan di India.

Untuk itu, jangan sampai kamu berpegangan tangan atau menggunakan gerakan yang terlalu menunjukkan kasih sayang di depan umum karena hal itu tidak disukai. Bahkan, kamu bisa dipenjara.

10. Menggunakan Pakaian Sopan di Kota Kecil

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat ketika datang ke India adalah cara kamu dalam berpenampilan. Meskipun cuaca di luar panas, cobalah untuk berpakaian sopan.

Dengan cara tersebut, kamu dapat memberikan penghormatan kepada negara India dan juga membuat dirimu terlihat seperti penduduk setempat. Jika kamu mengunjungi objek wisata tertentu, penting untuk menggunakan syal di kepala guna menunjukkan rasa hormat dan sikap sopan.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #penting #yang #harus #diketahui #sebelum #liburan #india #bermesraan #depan #umum #bisa #dipenjara

KOMENTAR