6 Perilaku Perempuan yang Tak Takut Mengutarakan Pikirannya Menurut Psikologi, Salah Satunya Tidak Menghindari Konflik
Ilustrasi perempuan yang tidak takut berpendapat (freepik/pch.vector)
08:36
14 Mei 2024

6 Perilaku Perempuan yang Tak Takut Mengutarakan Pikirannya Menurut Psikologi, Salah Satunya Tidak Menghindari Konflik

– Di era sekarang, banyak perempuan yang memiliki growth mindset dan open minded. Artinya mereka tidak takut untuk menyuarakan pendapat mereka, dan bersikap tegas.

Apakah pernah terlintas di pikiran Anda tentang apa yang membedakan mereka bisa terbuka berpendapat dan percaya diri?

Perempuan yang tidak takut berpendapat bisa diketahui dari perilaku-perilaku yang kerap ditunjukkan hanya saja banyak orang yang tidak menyadari hal itu.

Dilansir dari laman The Vessel, Selasa (14/5), terdapat beberapa perilaku yang ditunjukkan perempuan berani berpendapat diantaranya :

1. Tidak takut konflik

Perempuan yang tidak takut berpendapat selalu berani menghadapi konflik secara langsung. Mereka bahkan tidak lari dari percakapan yang tidak nyaman atau diskusi yang memanas.

Menurut psikologi, para perempuan ini memahami bahwa konflik tidak selalu buruk, Faktanya mereka tahu bahwa permasalahan sering kali dapat menjadi katalisator perubahan dan pertumbuhan lebih baik.

Ini bukan karena mereka berkelahi atau membuat drama namun mereka hanya membela apa yang mereka yakini dan berani mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka dengan jujur meskipun sedikit mengguncang suasana.

2. Menghargai keaslian

Perempuan yang berani berpendapat selalu tidak takut untuk mengungkapkan jati diri dan pendapatnya dan sangat menyadari betapa pentingnya keaslian.

Mereka juga menyadari bahwa berpura-pura menjadi sesuatu yang bukan diri mereka atau menekan pikiran mereka tidak akan ada gunanya bagi mereka.

Sehingga mereka lebih menghargai keaslian daripada persetujuan.

3. Tidak menghindar dari kerentanan

Perempuan yang tidak takut mengutarakan pendapatnya adalah mereka yang menerima segala kerentanan hidup. Mereka menyadari bahwa menunjukkan kerentanan dan rasa tidak aman tidak membuat mereka lemah.

Mereka juga menyadari bahwa ketika mereka terbuka dan membagikan kebenaran maka hal itu akan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama sehingga membangun koneksi lebih kuat.

4. Menetapkan batasan yang jelas

Perempuan yang tak takut mengungkapkan pendapatnya adalah ahli dalam menetapkan batasan.

Mereka memahami bahwa menetapkan batasan bukanlah hal yang egois atau tidak bisa didekati namun ini tentang harga diri.

Dengan menetapkan batasan yang jelas, mereka tidak hanya menjaga kesejahteraan mental dan emosional mereka sendiri, justru mereka juga mengajari orang lain tentang cara memperlakukan mereka dengan baik.

5. Berlatih mendengarkan secara aktif

Perempuan yang berani mengutarakan pendapat adalah mereka yang memahami bahwa komunikasi yang baik adalah komunikasi dua arah.

Bukan hanya sekedar mengungkapkan pikiran dan perasaan sendiri tetapi memahami dan menghormati orang lain.

6. Mampu memperluas kasih sayang dan pengertian

Perilaku terakhir perempuan yang tidak takut berpendapat adalah mereka memiliki rasa kasih sayang dan pengertian yang sangat luas.

Mereka memahami bahwa pentingnya memahami dari mana pendapat yang disampaikan orang lain.

Sekalipun bertentangan, tetap mereka tidak memakai atau menyalahkan.

Justru mereka mengulurkan tangan dan menawarkan telinga untuk mendengarkan serta memberikan kata-kata motivasi.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #perilaku #perempuan #yang #takut #mengutarakan #pikirannya #menurut #psikologi #salah #satunya #tidak #menghindari #konflik

KOMENTAR