Nasib Asri Damuna Usai Ajak YouTuber Korea ke Hotel: Dibebastugaskan, Kini Lapor Polisi?
Asri Damuna dan YouTuber Korea Selatan. (YouTube JIAH)
11:31
12 Mei 2024

Nasib Asri Damuna Usai Ajak YouTuber Korea ke Hotel: Dibebastugaskan, Kini Lapor Polisi?

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka Sulawesi Tenggara, Asri Damuna atau 'Om Albert' masih disorot. Hal ini karena dirinya yang mengajak YouTuber asal Korea Selatan, Jiah, ke hotel.

Imbasnya, ia dibebastugaskan dari jabatannya serta akan diperiksa lebih lanjut pada Senin (13/5/2024) besok. Tak menyerah, Asri melaporkan pihak penyebar video viralnya itu ke polisi.

Nasib Asri Damuna

Akibat dari viralnya video tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membebastugaskan Asri Damuna dari jabatannya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penyelidikan lebih lanjut.

"Kemenhub sangat menyesalkan video yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan lebih lanjut," kata Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, dikutip Minggu (12/5/2024).

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi disebut telah memerintahkan pihaknya agar mengusut video itu. Ia juga meminta Asri diberi sanksi jika terbukti bersalah.

Adita mengatakan, jika Asri Damuna memang terbukti bersalah, ia dianggap tidak mampu menjaga nama baik sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Ia pun akan menerima sanksi internal.

"Jika terbukti benar maka yang bersangkutan (Asri Damuna) tidak dapat menjaga marwah sebagai ASN. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," beber Adita.

Usai dibebastugaskan, Asri Damuna mengatakan dirinya sudah melaporkan penyebar video ke polisi. Ia juga mengaku telah mengantongi sejumlaj informasi mengenai orang tersebut.

"Saya laporkan ke Polda, ke Polda Sultra dengan aduan pencemaran nama baik," ujar Asri Damuna, Sabtu (11/5/2024).

Ia menjelaskan laporan dibuat karena potongan video yang beredar di media sosial membuat citra dirinya buruk baik di mata istri dan keluarga. Meski begitu, Asri tak menyebut siapa pihak yang dilaporkan.

"Pakai akun bodong itu, kita sudah ketemu orangnya, sudah ada orangnya, rumahnya apa semua, nanti hari Senin akan dikembangkan penyelidikan siapa sebenarnya yang memberikan keterangan-tentang pribadi saya," ungkap Asri.

Sementara itu, Direktur Kriminal Khusus Polda Sultra, Kombes Bambang Wijanarko menyebut pihaknya sudah menerima laporan Asri. Ini, kata dia, masuk pada Rabu (8/5/2024).

Laporan itu akan ditindaklanjuti dengan penyelidikan. Namun, ia juga tidak menyebutkan sosok yang bakal dimintai keterangan. Menurutnya, belum tentu Jiah sang Youtuber Korea yang datang.

Klarifikasi Asri Damuna

Asri mengatakan video yang viral itu tidak utuh dan sudah diedit sehingga memicu persepsi negatif di kalangan masyarakat. Ia menyebut soal ajakan ke hotel diawali oleh pertanyaan Jiah.

"Pada intinya, masalah ajakan itu karena dari dia (Jiah) memulai, dia pertanyakan 'Abang nginep di mana?', 'Sebelah situ, di hotel. Kalau ma mampir silakan', dia jawab 'Aduh enggak bisa karena mau pergi ke tempat wisata'," ungkap Asri.

Lebih lanjut, Asri juga mengaku bahwa dirinya tidak berniat untuk menggoda Jiah. Namun, ia tak melarang jika YouTuber asal Korea Selatan  itu ingin mampir dan bermalam ke tempatnya.

"Tidak ada unsur menggoda, cuma kalau mau ke hotel saya persilakan. Kita tidak melarang dan dia sudah baik dengan kita, sampai dia sebut saya sampai dia keluar itu, lalu dia pukul saya tapi sudah tidak ada siaran (rekaman) abang baik, om baik," jelas Asri.

Lalu, ia memang sengaja memakai nama Albert karena itu merupakan panggilan dari rekan-rekan kerjanya. Adapun dirinya akan diperiksa termasuk soal pemberian sanksi oleh pihak Kemenhub, Senin besok.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #nasib #asri #damuna #usai #ajak #youtuber #korea #hotel #dibebastugaskan #kini #lapor #polisi

KOMENTAR