Wajib Baca! 7 Aspek Perkembangan Golden Age Anak , Mulai Motorik Halus hingga Sosial Emosional
Anak perempuan yang sedang belajar melukis untuk mendorong kemampuan motorik halusnya (freepik)
07:44
2 Mei 2024

Wajib Baca! 7 Aspek Perkembangan Golden Age Anak , Mulai Motorik Halus hingga Sosial Emosional

 

 – Golden age atau lebih dikenal dengan usia emas anak adalah tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting di masa awal kehidupannya.  

Dikenal sebagai golden age karena di periode ini fungsi otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat di usia 5 tahun pertamanya.

Dalam hal ini, anak memiliki kemampuan menyerap informasi dengan mudah dan cepat.

Di usia emas ini juga, orang tua memiliki peranan penting dalam menentukan si kecil akan tumbuh dan berkembang ke depannya.

Tidak hanya pertumbuhan otak, di periode ini anak juga mengalami perkembang fisik yang begitu pesat.

Dikutip dari laman Siloam Hospitals, ada berbagai masalah yang terjadi akibat kurangnya pemenuhan kebutuhan anak pada masa golden age diantaranya stunting, keterlambatan bicara, gangguan kognitif hingga gangguan perilaku.

Kemudian dilansir dari laman Bebeclub dan Halodoc, terdapat tujuh aspek perkembangan anak di masa golden age yang perlu orang tua ketahui diantaranya.

  1. Perkembangan motorik halus

Keterampilan motorik kasar merupakan kegiatan yang berfokus pada penggunaan tangan dan jari si kecil untuk mengendalikan objek-objek kecil.

Ada beberapa stimulasi yang bisa Anda terapkan untuk mendukung kemampuan motorik halus diantaranya mengancingkan baju, memegang pensil, mengambil makanan atau menggambar.

Keterampilan tersebut mampu membantu anak dalam proses pembelajaran menulis dan melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Perkembangan motorik kasar

Keterampilan motorik kasar merupakan gerakan yang melibatkan kelompok otot besar dan pada umumnya gerakannya lebih energi dan rumit daripada motorik halus.

Adapun contoh kegiatan motorik kasar seperti belajar menendang bola, melompat dan menaiki tangga.

Anda bisa memulai stimulasi motorik kasar di usia 2 bulan pertama kehidupannya. Karena di usia ini si kecil biasanya sudah menunjukkan kemampuan menendang-nendangkan kakinya.

Meskipun terlihat sepele, namun ada beberapa dampak jika anak tidak menguasai kemampuan motorik kasar ini. Mulai dari sulit merapikan mainan hingga mengikuti permainan fisik.

  1. Perkembangan bahasa

Bahasa merupakan salah satu dari 7 aspek perkembangan anak di usia golden age yang harus diamati dan ditingkatkan. Perkembangan bahasa berkaitan dengan kemampuan si kecil untuk memahami isi cerita, petunjuk dan aturan.

Selain itu, perkembangan bahasa berhubungan dengan kemampuan anak dalam berkomunikasi dengan baik, memahami nama bentuk, huruf dan angka.

  1. Perkembangan kognitif

Kognitif sangat berkaitan dengan perkembangan kemampuan intelektual ,akal dan pikiran anak. Hal ini artinya ia mampu mengembangkan kemampuan untuk berpikir, memperhatikan, mengingat, memahami lingkungan dan berkreasi.

Salah satu tujuan utama dari perkembangan kognitif ini adalah kemampuan belajar cara mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari yang mana proses ini akan mengasah kecerdasan dan kemampuan berpikir kritis.

  1. Perkembangan sosial emosional

Selain kognitif, aspek penting lainnya dalam perkembangan anak di masa golden age adalah perkembangan sosial emosional. Perkembangan ini melibatkan pemahaman dan pengendalian emosi pada anak.

Dalam hal ini anak akan belajar mengidentifikasi apa yang dirasakan oleh orang lain, mengembangkan keterampilan kerja sama serta menunjukkan empati.

Selain hubungan dengan orang lain, perkembangan ini juga mampu membantu anak dalam belajar mengontrol emosi, dan mengenali perasaannya sendiri.

  1. Perkembangan moral

Adapun aspek lain yang tidak kalah penting untuk perkembangan anak di masa golden age adalah nilai moral. Perkembangan moral ini berkaitan dengan penanaman nilai-nilai dasar dan norma yang berlaku.

Perkembangan moral ini mampu membentuk sikap baik pada anak mulai dari membantu sesama, berperilaku jujur, bersikap sopan, menghormati orang yang lebih tua dan memiliki toleransi.

  1. Perkembangan sensorik

Aspek terakhir yang penting untuk tidak dilewatkan dalam menunjang perkembangan anak di masa golden age adalah sensorik.

Perkembangan sensorik ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengenali dan merespons rangsangan sekitar menggunakan alat panca inderanya. ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #wajib #baca #aspek #perkembangan #golden #anak #mulai #motorik #halus #hingga #sosial #emosional

KOMENTAR