Gaji Fantastis Shen Yinhao, Wasit yang Dianggap Rugikan Timnas Indonesia U-23
Bela Wasit Shen Yinhao, Warganet Cina Singgung Kualitas Liga 1 [Tangkap layar Twitter]
12:36
30 April 2024

Gaji Fantastis Shen Yinhao, Wasit yang Dianggap Rugikan Timnas Indonesia U-23

Wasit Shen Yinhao belakangan menjadi bulan-bulanan para pecinta sepak bola Tanah Air usai menjadi hakim pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Piala Asia U-23, Senin (29/4/2024). Keputusan-keputusan wasit Shen Yinhao dianggap tak adil dan kontroversial oleh para penggemar.

Shen Yinhao sendiri merupakan wasit asal China kelahiran Shanghai, November 1986. Ia menjadi wasit berlisensi FIFA sejak tahun 2018 dan sebelumnya menjadi wasit di Chinese Super League pada tahun 2016.

Memiliki berbagai pengalaman di dunia wasit, berapa penghasilan Shen Yinhao?

Gaji Shen Yinhao

Borok wasit Shen Yinhao dibongkar fans fanatik klub China. [X]Borok wasit Shen Yinhao dibongkar fans fanatik klub China. [X]

Keputusan Shen Yinhao yang dianggap tak adil bermula dari keputusan offside di menit ke-61 sehingga gol yang dicetak Muhammad Ferrari dianulir. Keputusan Shen Yinhao lain yang juga dianggap kontroversial saat memberikan kartu merah pada Rizki Ridho.

Soal gaji, tidak diketahui secara pasti pendapatan Shen Yinhao. Namun sebagai perbandingan, beberapa gaji wasit bisa miliaran untuk skala Piala Dunia atau sekitar USD70.000 atau Rp 1,1 miliar.

Sementara untuk skala Asia seperti Shen Yinhao diperkirakan mendapatkan gaji USD2.500 hingga USD3000 atau sekitar Rp40 juta hingga Rp48 juta tiap pertandingan.

Perlu diketahui, Timnas Indonesia sudah dua kali diwasiti oleh Shen Yinhao. Hal itu terjadi saat Garuda Muda bertanding melawan Kamboja di SEA Games 2023.

Pada pertadingan yang berlangsung di Stadion Olimpiade Nasional, Phnom Penh, pada Rabu (10/5/2023).

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #gaji #fantastis #shen #yinhao #wasit #yang #dianggap #rugikan #timnas #indonesia

KOMENTAR