8 Perilaku Orang Cerdas yang Sulit Mengendalikan Emosinya, Salah Satunya Sulit Mengambil Keputusan Sederhana
Ilustrasi orang cerdas yang sulit mengendalikan emosinya ./(Freepik/cookie_studio)
18:54
29 April 2024

8 Perilaku Orang Cerdas yang Sulit Mengendalikan Emosinya, Salah Satunya Sulit Mengambil Keputusan Sederhana

 

Beberapa orang dengan kecerdasan tinggi, sulit mengendalikan emosinya.   Mereka bisa merasa cepat marah, mudah kesal, atau menunjukkan tanda-tanda kecemasan.

Selain itu, mereka juga sering mengalami kesulitan dalam memahami dan mengelola respons emosional membuat mereka bersikap tidak terduga.

Kendati demikian, mereka sebenarnya memiliki kepribadian hingga selera humor yang unik.

Namun, mereka merasa sulit untuk mengambil keputusan yang sederhana.

Di sisi lain, kecerdasan mereka sering memberikan inovasi dan kreativitas, sementara kedalaman emosi mereka dapat menumbuhkan empati dan kasih sayang.

Dikutip dari Hackspirit.com, Senin (29/4), berikut beberapa perilaku orang cerdas yang sulit mengendalikan emosinya.  



1. Emosi yang Mudah Berubah dan Memuncak


Orang cerdas yang sulit mengendalikan emosi sering menunjukkan respons emosional yang intens. Di suatu momen, mereka merasa tenang, tetapi mereka tiba-tiba bisa berubah menjadi emosi.

Emosi ini tak selalu dalam wujud kemarahan atau frustasi, tetapi bisa juga dengan rasa gembira. Emosi tersebut dapat memuncak tanpa penyebab yang jelas sehingga membuat mereka bingung dengan perubahan yang mendadak.

Kecerdasan yang dimiliki tidak melindungi mereka dari rasa emosi, tetapi kecerdasan yang tinggi dapat memperkuat respons emosional saat mereka memroses situasi lebih dalam.

2. Melakukan Introspeksi Mendalam

Orang yang sangat cerdas sering dinilai sebagai pemikir yang mendalam. Hal tersebut membuat mereka banyak melakukan introspeksi.

Mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk merenungkan pikiran dan perasaannya. Kemudian, mereka akan menganalisis reaksi dan mencoba memahami respons emosionalnya.

Sayangnya, introspeksi yang dilakukan tersebut bisa menjadi pemikiran yang berlebihan sehingga dapat merugikan mereka. Hal ini lantaran mereka menjadi ragu dengan diri sendiri hingga merasa cemas.  



3. Sulit Mengambil Keputusan Sederhana

Meski orang yang sangat cerdas mudah dalam memecahkan masalah, tetapi mereka bisa jadi mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan yang sederhana, seperti sulit untuk memilih restoran, menonton film, atau menentukan rencana di akhir pekan.

Emosi yang meningkat dalam diri mereka dapat mengaburkan penilaian mereka. Bahkan, mereka merasa membuat keputusan yang sederhana adalah suatu hal yang rumit dan penuh emosi.

4. Membuat Energi Emosional Orang Lain Menjadi Habis

Berinteraksi dengan orang-orang cerdas yang sulit mengendalikan emosi terkadang melelahkan. Secara tidak sengaja, mereka menuntut banyak energi emosional dari orang di sekitarnya.

Respons emosional mereka yang intens, pemikiran mereka yang berlebihan, hingga perjuangan mereka dalam mengambil keputusan justru dapat membebani hubungan serta interaksi mereka dengan orang lain.

Orang lain yang berinteraksi dengan mereka kemungkinan akan merasa energi emosionalnya menjadi terkuras atau habis.  


5. Sering Salah Paham

Orang yang sangat cerdas dan sulit mengendalikan emosi sering merasa salah paham. Emosi mereka yang intens hingga introspeksi yang mendalam dapat membuat mereka merasa asing.

Orang lain menilai mereka sebagai sosok yang terlalu sensitif, tidak menentu, hingga sulit dipahami. Kesalahpahaman ini dapat menciptakan rasa asing.

Padahal, sebenarnya mereka hanya berjuang mengelola kecerdasan dengan emosi yang tidak mudah untuk ditangani.

6. Bereaksi dengan Intens

Mereka yang sangat cerdas dan sulit mengendalikan emosi merasa situasi sehari-hari dapat memicu reaksi emosional yang intens.

Reaksi mereka dapat membingungkan orang sekitarnya lantaran mereka tampak bereaksi secara berlebihan, misalnya saat terjadi perbedaan pendapat kecil yang bisa menimbulkan masalah yang besar.

Padahal, sebenarnya hal tersebut terjadi karena perjuangan mereka dalam mengatur emosional yang terasa lebih intens.  



7. Punya Selera Humor yang Unik

Orang yang sangat cerdas dengan masalah emosional sering mengembangkan selera humor yang berbeda. Pemikiran mereka yang mendalam dan kepekaan emosional yang tinggi dapat membuat mereka menghargai humor yang sudah diabaikan orang lain.

Mereka bisa merasa bahagia dengan permainan kata-kata intelektual, komedi hitam atau humor gelap, hingga absurd. Humor tersebut dimaksudkan untuk menangani emosi mereka dengan cara ringan.

8. Sulit Dihadapi

Mereka yang sangat cerdas dan berjuang mengatur emosionalnya dinilai sulit untuk ditangani. Emosi mereka yang intens, introspeksi yang kompleks, dan reaksi yang tidak terduga dapat membuat mereka sulit untuk didekati.

Orang terdekat merasa sulit untuk menghadapi ketidakstabilan emosi dalam diri mereka. Hal ini lantaran orang lain membutuhkan kesabaran hingga pengertian.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #perilaku #orang #cerdas #yang #sulit #mengendalikan #emosinya #salah #satunya #sulit #mengambil #keputusan #sederhana

KOMENTAR