Deretan Keluarga Jokowi Yang Pernah Dapat Penghargaan, Terbaru Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming
Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming mendapat penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha [kolase]
08:05
28 April 2024

Deretan Keluarga Jokowi Yang Pernah Dapat Penghargaan, Terbaru Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming

Bobby Nasution, Gibran Rakabuming, dan 13 kepala daerah lainnya mendapat penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dalam rangka Hari Otonomi Daerah di Balai Kota Surabaya, pada Kamis (25/4/2024).

Penghargaan ini diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diwakilkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Namun, penghargaan yang didapat Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming ini justru menuai banyak cibiran negatif dari masyarakat.

Pasalnya, penghargaan tersebut diberikan untuk keluarga Jokowi sendiri. Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu, menyindir agar penghargaan itu bisa diberikan kepada keluarga Jokowi hingga sang cucu.

“Sepertinya Pak Jokowi ini urat malu dan adabnya sudah hilang. Sekalian aja berikan penghargaan ke semua cucu Bapak, ” kata Said Didu.

Alasan penghargaan tersebut menuai kontroversi karena ini bukanlah pertama kalinya keluarga Jokowi menerimanya. Beberapa keluarga Jokowi lainnya juga pernah menerima beberapa penghargaan, di antaranya sebagai berikut.

1. Iriana Jokowi

Iriana Jokowi pernah mendapat penghargaan pada 2023 lalu. Istri Jokowi ini mendapat penghargaan Bintang Republik Indonesia Adipradana sebagai tanda jasa dari negara kepadanya bersama 17 tokoh lainnya. Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada para bangsawan yang mengabdikan diri untuk negara, termasuk pendamping hidup pemimpin Indonesia.

2. Anwar Usman

Adik Ipar Jokowi, Anwar Usman, juga pernah mendapatkan penghargaan pada tahun 2020. Anwar Usman mendapat penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana. Anwar Usman mendapatkan penghargaan ini juga tidak seorang diri. Ia mendapat penghargaan ini dengan 31 tokoh lainnya seperti Puan Maharani, Retno Marsudi, dan lain-lain.

3. Kahiyang Ayu

Kahiyang Ayu juga menjadi sosok yang mendapatkan penghargaan. Namun, untuk penghargaan yang diterima Kahiyang Ayu berbeda, karena ia dijadikan tokoh nasional. Kahiyang Ayu ditetapkan sebagai Tokoh Nasional Padang Sidempuan. Putri kedua Jokowi ini menjadi tokoh nasional setelah sang suami sebelumnya Bobby Nasution ditetapkan sebagai Tokoh Nasional Tapanuli Bagian Selatan.

4. Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming

Terbaru, Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming resmi mendapat penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha pada 25 April 2024 kemarin. Bobby mengatakan bahwa penghargaan yang ia terima berdasarkan penilaian objektif tentang apa yang telah ia lakukan selama menjabat sebagai Wali Kota Medan. Sementara itu, Gibran diketahui tidak bisa menghadiri cara penerimaan penghargaan tersebut lantaran kesibukannya usai penetapan dirinya sebagai wakil presiden terpilih.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #deretan #keluarga #jokowi #yang #pernah #dapat #penghargaan #terbaru #bobby #nasution #gibran #rakabuming

KOMENTAR