Profil Hwang Sun-Hong Pelatih Timnas Korea Selatan, Sanggup Kalahkan Tim Shin Tae-yong di Piala Asia U-23?
Pelatih interim Timnas Korea Selatan, Hwang Sun-hong [AFP / Jung Yeon-je]
20:33
25 April 2024

Profil Hwang Sun-Hong Pelatih Timnas Korea Selatan, Sanggup Kalahkan Tim Shin Tae-yong di Piala Asia U-23?

Pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 tinggal menghitung jam. Laga ini tentu akan terasa istimewa bagi Shin Tae-yong yang akan menghadapi tim dari negara asalnya.

Adapun pertandingan ini akan digelar di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa pada Jumat (28/4/2024) pukul 00.30 WIB. Timnas Korea Selatan yang dilatih oleh Hwang Sun-Hong tentu menjadi ancaman besar bagi Tim Garuda.

Apalagi Korea Selatan mengantongi modal sebagai juara klasemen Grup B. Timnas Korea bahkan juga sempat mengalahkan lawan beratnya, Timnas Jepang di babak penyisihan grup. Sang Macan Asia harus takluk 0-1 melawan Korea.

Hasil itu tentu membuat tangan dingin Hwang Sun-hong ramai dipuji. Publik pun turut menanti adu taktik mana yang akan bekerja, apakah Hwang Sun-hong atau Shin Tae-yong yang akan membawa timnya ke babak semifinal Piala Asia.

Lantas, seperti apakah profil Hwang Sun-hong? Mampukan ia menghadapi tim asuhan Shin Tae-yong?

Profil Hwang Sun-hong

Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Hwang Sun-hong. (Instagram/thekfa)Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Hwang Sun-hong. (Instagram/thekfa)

Sama seperti Shin Tae-yong, Hwang Sun-hong ternyata juga sempat membela Timnas Korea Selatan. Sosoknya dikenal sebagai striker andalan Korea. Sepanjang kariernya, ia sudah mencetak 50 gol dari 103 pertandingan bersama Timnas Korea.

Hwang Sun-hong sendiri sudah ditunjuk sebagai pelatih timnas Korea U-23 sejak September 2021. Federasi Sepak Bola Korea juga menargetkan agar Sun-hong mampu membawa timnya berjaya di Piala Asia U-23 2024 hingga Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya, Sun-hong berhasil membawa Timnas Korea Selatan U-23 berjaya di Asian Games 2022 Hangzhou pada bulan Oktober 2023. Ia mengantarkan timnya merebut medali emas di pesta olahraga terbesar di Asia.

Pria asal Korea Selatan ini juga dianggap sebagai legenda sepak bola bagi negaranya. Bagaimana tidak, ia sukses bermain di empat Piala Dunia berturut-turut bersama Timnas Korea, mulai Piala Dunia 1990 di Italia. Kemudian terakhir di Piala Dunia 2022 yang digelar di Korea Selatan dan Jepang.

Dalam Piala Dunia terakhir di negaranya, Hwang Sung-hong bahkan sempat menjadi pahlawan. Ia mampu mencetak gol pembuka yang membawa Timnas Korea menang 2-0 melawan Polandia di fase grup Piala Dunia 2002.

Dengan itu, ia berhasil memberikan kemenangan perdana bagi negaranya di Piala Dunia. Hwan Sun-hong juga mencetak gol dalam kemenangan adu penalti atas Spanyol di perempat final Piala Dunia 2002. 

Usai gantung sepatu, Hwang Sung-hong memutuskan untuk menjadi pelatih. Ia juga terpilih sebagai pelatih caretaker Timnas Korea utama mulai Februari 2024.

Ia juga ditunjuk sebagai pelatih interim Timnas Korea di dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026. Salah satunya saat melawan Timnas Thailand pada Maret 2024.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #profil #hwang #hong #pelatih #timnas #korea #selatan #sanggup #kalahkan #shin #yong #piala #asia

KOMENTAR