6 Tips Berpikir Orang Cerdas, Salah Satunya Selalu Belajar dari Kesalahan
Ilustrasi orang berpikir cerdas (Freepik/sadikur95)
13:04
20 April 2024

6 Tips Berpikir Orang Cerdas, Salah Satunya Selalu Belajar dari Kesalahan

 

Secara umum, orang menganggap kecerdasan sebagai sifat yang sangat diinginkan. Beberapa orang terlihat lebih 'pintar' karena kebiasaan sehari-hari dan sikap teliti mereka. 

Selain itu, mereka juga memiliki pemikiran yang biasanya out of the box. Dilansir dari neuronation.com, Jumat (19/4), berikut 6 rahasia berpikir orang cerdas. Lihat apakah Anda termasuk salah satunya?

  1. Belajar dari kesalahan

Segala sesuatu yang kita lakukan, mulai dari hembusan napas pertama hingga saat kita mati, adalah soal trial and error. Seorang bayi tidak bisa belajar berjalan tanpa terjatuh terlebih dahulu, dan kita tidak bisa bekerja lebih baik jika kita tidak tahu apa yang harus diperbaiki. 

Pada dasarnya, kesalahan sebenarnya adalah cara otak belajar. Ketika kita membuat keputusan, neuron diaktifkan, dan jika keputusan ini ternyata salah, neuron yang diaktifkan tersebut kemudian ditekan.

Orang-orang cerdas akan merenungkan kesalahan-kesalahan ini, dan berusaha memastikan bahwa kesalahan-kesalahan tersebut tidak terjadi lagi kedepannya.

  1. Evaluasi kembali pandangan

Para pemikir terhebat sepanjang masa telah mengevaluasi kembali teori awal mereka. Ketika kita berpikir tentang orang-orang cerdas dan terkenal, yang biasanya terlintas di benak kita adalah para ilmuwan – karena para ilmuwan harus beradaptasi dengan aliran penemuan baru yang terus menerus mempengaruhi pekerjaan mereka dalam hidup.

Ambil contoh Einstein, yang mengubah teori relativitas umum, dan terkenal mengatakan “kita tidak dapat menyelesaikan masalah kita dengan pemikiran yang sama seperti yang kita gunakan saat menciptakannya”. 

Intinya, latihlah otak Anda untuk bisa fleksibel dan beradaptasi dengan situasi dan informasi baru. Sebab, dengan itu Anda akan menjadi lebih pintar seiring berjalannya waktu.

  1. Pulih dari kegagalan

Orang yang paling cerdas bisa saja melakukan kesalahan. Misalnya, pembuat film terkenal merilis film yang gagal di box office, dan pabrikan memasarkan produknya namun gagal. 

Mungkin terasa memalukan dan tidak menyenangkan ketika sebuah ide yang Anda anggap jenius tidak berhasil, namun hal ini terjadi pada sebagian besar dari kita.

Tanpa kegagalan, kesuksesan tidak akan begitu menggembirakan. Orang-orang terkenal dan sukses yang mengalami kendala antara lain Arianna Huffington, salah satu pendiri Huffington Post, yang buku keduanya ditolak oleh 36 penerbit, serta JK Rowling, yang buku Harry Potternya ditolak 12 kali sebelum ia menjadi salah satu penerbit tersukses.

  1. Menciptakan keberuntungannya sendiri

Membuat keputusan yang cerdas membutuhkan usaha-Anda perlu membaca, melakukan riset, dan bekerja untuk mencapai tujuan Anda. Ketika Anda mencurahkan hati dan jiwa Anda ke dalam sebuah proyek, Anda tahu bahwa kerja keras Andalah yang membawa Anda ke garis akhir, dan bukan hanya karena keberuntungan dari bintang-bintang Anda. 

Terlebih lagi, bekerja keras dan mencapai kesuksesan sendiri adalah rahasia menuju kebahagiaan, seperti yang ditemukan dalam serangkaian penelitian oleh Mihaly Csikszentmihalyi. 

Nelson Mandela pernah berkata bahwa “kemuliaan terbesar dalam menjalani hidup bukanlah ketika kita tidak pernah terjatuh, tapi ketika kita bangkit setiap kali kita terjatuh”.

  1. Dorong apa yang Anda yakini

Orang cerdas tahu kapan harus memaksakan apa yang mereka yakini dan kapan harus taat, bahkan jika situasinya memburuk. Orang cerdas itu ibarat karet gelang – apa pun bisa terjadi dan mereka bisa beradaptasi terhadap perubahan. 

Ada perbedaan besar antara tidak melakukan sesuatu karena Anda mungkin gagal, dan melakukan sesuatu meskipun ada risikonya. Jika Anda tahu bahwa ide Anda memiliki potensi, doronglah apa yang Anda yakini. 

“Hidup itu seperti mengendarai sepeda, untuk menjaga keseimbangan, Anda harus terus bergerak” kata Albert Einstein. Perjuangkan kesempatan Anda untuk bersinar, meskipun kritikus hanya memiliki “firasat”, karena jika orang lain percaya pada visi Anda, Anda mungkin akan mencapai tujuan Anda.

  1. Menunjukkan kecerdasan dengan tindakan, bukan kata-kata 

Kita semua mengenal seseorang yang suka mengatakan betapa hebatnya mereka. Namun orang yang cerdas tahu bahwa tindakan mereka berbicara lebih keras daripada kata-kata. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa evaluasi diri tidak seakurat evaluasi yang dilakukan oleh orang lain, yang telah menyaksikan partisipan melakukan percakapan. Jika Anda ingin dianggap serius dan dihormati oleh rekan kerja dan teman, biarkan kerja keras Anda membuktikan nilai Anda.

Editor: Kuswandi

Tag:  #tips #berpikir #orang #cerdas #salah #satunya #selalu #belajar #dari #kesalahan

KOMENTAR