6 Alasan Seorang Introvert Tidak Suka Panggilan Telepon, Salah Satunya Melibatkan Banyak Obrolan
ilustrasi wanita introvert tak suka panggilan telepon. Sumber foto: Freepik
12:08
16 April 2024

6 Alasan Seorang Introvert Tidak Suka Panggilan Telepon, Salah Satunya Melibatkan Banyak Obrolan

Introvert sangat membenci panggilan telepon. Faktanya, banyak introvert yang secara aktif menghindar ketika ponselnya berdering.

Saat Introvert menerima panggilan, mereka cenderung membiarkan panggilan tersebut masuk ke pesan suara daripada menjawabnya atau menunda mengangkatnya.

Ada beberapa alasan mengapa introvert tidak menyukai panggilan telepon. Meskipun tidak berlaku untuk semua introvert, dikutip All About Introverts, Selasa (16/4), berikut 6 alasan utama mereka tak menyukainya:

  1. Panggilan telepon seperti interupsi

Penelitian menunjukkan introvert lebih mudah teralihkan perhatiannya dibandingkan orang ekstrovert. Oleh karena itu, sebagian besar introvert tidak menyukai gangguan.

Ketika gangguan muncul, hal itu menghalangi introvert menyelesaikan tugas. Hal ini terutama membuat stres bagi para introvert yang bekerja untuk memenuhi tenggat waktu.

Seorang introvert merasa berkewajiban menjawab telepon, sehingga lebih kesal dengan interupsi tersebut terutama jika penelepon tidak memiliki tujuan jelas.

  1. Melibatkan banyak obrolan

Obrolan sepele sangat menjengkelkan bagi para introvert. Sebagian besar introvert menyukai percakapan mendalam daripada obrolan ringan karena terasa membosankan dan tidak diperlukan.

Misalnya seseorang memanggilmu, setelah salam awal, penelepon mungkin menanyakan kabar orang lain yang memerlukan jawaban.

Sebelum Anda menyadarinya, satu atau dua menit obrolan ringan dan basa-basi telah berlalu, bahkan sebelum tujuan panggilan tersebut diketahui.

Hal ini bisa sangat membosankan bagi introvert yang menghabiskan energi berharga selama jenis komunikasi ini, tidak hanya menjengkelkan, tetapi juga melelahkan secara fisik untuk menerima panggilan tersebut.

  1. Bisa berupa pesan teks atau email

Mengirim pertanyaan singkat melalui pesan teks, email, atau pesan instan dapat diterima.

Daripada memenuhi semua ekspektasi sosial melalui panggilan telepon, mengirimkan pesan singkat dan langsung memungkinkan kedua belah pihak mengomunikasikan apa yang perlu dikatakan dalam waktu jauh lebih singkat.

Meskipun sebagian besar introvert akan memahami panggilan telepon untuk sesuatu yang memerlukan jawaban segera, mereka akan merasa kesal jika menjawab telepon soal masalah sepele.

  1. Tidak memberikan waktu bagi introvert untuk membalasnya

Berbeda dengan ekstrovert yang terkadang mengatakan hal pertama dalam pikiran mereka, introvert dengan cermat memikirkan balasannya. Panggilan telepon tidak memberikan waktu bagi introvert untuk memikirkan suatu masalah sebelum dimintai tanggapan.

Panggilan telepon satu lawan satu menjadi sangat sulit karena hal ini. Jika seseorang mengajukan pertanyaan kepada seorang introvert, mereka menuntut tanggapan cepat. Ketika seorang introvert tidak bisa mewujudkannya, keheningan di antara kedua pihak bisa menjadi semakin tidak nyaman.

  1. Tidak memungkinkan introvert mengamati bahasa tubuh lawan bicara

Introvert sering kali mengandalkan bahasa tubuh untuk membantu mereka merespons komunikasi. Meskipun banyak hal dapat diamati melalui nada suara seseorang, kurangnya bahasa tubuh membuat panggilan telepon menjadi sangat sulit.

Komunikasi tatap muka memungkinkan seorang introvert untuk mendengarkan dengan tenang, menunjukkan melalui postur tubuhnya bahwa mereka mendengarkan dan tertarik.

Percakapan telepon menghilangkan opsi ini, membuat introvert tidak dapat menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi.

  1. Obrolan tiada henti

Tidak hanya obrolan ringan di awal panggilan telepon, namun siklus obrolan ini seperti tanpa akhir. Kecuali orang lain menerima panggilan, rasanya mustahil untuk menutup telepon.

Bagaimana cara mengakhiri panggilan telepon yang tidak terduga tanpa terdengar kasar? Apa yang Anda katakan jika harus pergi tetapi tidak ingin menyinggung perasaan orang lain?

Pertanyaan seperti ini berputar-putar di benak para introvert setiap kali mereka melakukan atau menerima panggilan telepon.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #alasan #seorang #introvert #tidak #suka #panggilan #telepon #salah #satunya #melibatkan #banyak #obrolan

KOMENTAR