Deretan Rute Sopir Granmax Maut Sebelum Kejadian KM 58, Ternyata Jadi Travel Gelap
Supir Granmax maut, Ukar ikut tewas dalam kecelakaan di KM 58 Cikampek.
15:10
12 April 2024

Deretan Rute Sopir Granmax Maut Sebelum Kejadian KM 58, Ternyata Jadi Travel Gelap

Kasus kecelakaan yang melibatkan Daihatsu Granmax, bus Primajasa, dan Daihatsu Terios di Tol Cikampek KM 58 pada Senin (08/04/2024) kini masih ditangani pihak kepolisian.

Kecelakaan yang menewaskan 12 orang penumpang ini diduga disebabkan karena kelalaian sopir Granmax, Ukar yang diketahui salah mengambil keputusan untuk melawan arus contraflow sehingga menabrak bus Primajasa yang sedang melintas.

Kecelakaan ini juga menyebabkan mobil Daihatsu Terios yang berada di sebelah kiri bus Primajasa ikut terpental dan terbakar.

Naas, sopir Granmax tersebut pun ikut menjadi korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Dugaan awal pun mengungkap bahwa Ukar mengalami kelelahan hingga salah mengambil keputusan untuk menepi.

Pihak kepolisian pun bekerjasama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan olah TKP dan investigasi.

Dari hasil penelusuran dan penyelidikan, sopir Granmax diketahui mengalami kelelahan karena kelebihan jam kerja dan menjadi travel gelap.

"Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas KM 58 Tol Jakarta - Cikampek yang menewaskan 12 penumpang adalah pengemudi kendaraan travel tidak resmi, bekerja melebihi waktu," ungjap Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (11/04/2024).

Tak hanya itu, pihak KNKT pun mengungkap bahwa sopir Granmax sudah melewati rute travel yang jauh selama 4 hari berturut-turut sebelum kecelakaan terjadi.

Lalu, seperti apa rute yang dilalui sopir Granmax tersebut? Simak inilah selengkapnya.

1. Rute Jumat, 5 April 2024

Ukar selaku sopir Granmax diketahui membawa travel gelapnya dari Ciamis ke Jakarta pada pukul 19.30 WIB dengan membawa penumpang tujuan Jakarta. Ukar diketahui menjadi sopir travel gelap demi mencapai target dari atasannya.

2. Rute Sabtu, 6 April 2024

Ukar pun kembali mengendarai mobil Granmax dengan membawa penumpang dari Jakarta ke Ciamis pada siang hari. Ia pun berhasil membawa penumpang selamat sampai tujuan di hari kedua perjalanannya sebagai sopir travel gelap.

3. Rute Minggu, 7 April 2024

Ukar pun kembali membawa penumpang dari Ciamis ke Jakarta.

4. Rute Senin, 8 April 2024

Rute pertama Ukar di hari kecelakaan dimulai dengan menjemput penumpang di daerah Depok pukul 02.00 dini hari. Ia pun melanjutkan perjalanan ke Cilebut, Bogor pukul 03.30 dini hari dan Bekasi pada pukul 05.30 pagi.

Dari daerah Bogor, Ukar pun berangkat menuju Ciamis pada pukul 06.00 WIB. Namun, kecelakaan pun terjadi saat Ukar melewati tol Jakarta Cikampek KM 58 saat ia mencoba menepikan mobil yang diduga bermasalah.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #deretan #rute #sopir #granmax #maut #sebelum #kejadian #ternyata #jadi #travel #gelap

KOMENTAR