6 Tanda Seorang Wanita Akan Menjadi Ibu yang Luar Biasa Menurut Psikologi, Salah Satunya Self Love
Ilustrasi seorang ibu luar biasa yang mampu merespons anak yang sedang belajar membuat kue dengan sangat sabar dan tenang (pexels/Gustavo Fring)
14:50
12 April 2024

6 Tanda Seorang Wanita Akan Menjadi Ibu yang Luar Biasa Menurut Psikologi, Salah Satunya Self Love

– Menjadi seorang ibu sangatlah tidak mudah. Ada banyak sekali yang perlu dipelajari mulai dari mengasuh anak, mendidik anak bahkan mengontrol ketenangan diri dan emosional. Bahkan ada istilah pekerjaan tersulit di dunia adalah membesarkan dan mendidik anak.

Ada beberapa wanita dengan sifat-sifat tertentu yang merupakan modal bagi mereka untuk menjadi ibu yang baik dan luar biasa.

Dilansir dari laman Hackspirit, terdapat beberapa tanda wanita yang akan menjadi seorang ibu jempolan:

  1. Menyayangi diri sendiri atau self love

Seorang psikoterapis Melissa Weinberg mengungkapkan bahwa banyak ibu baru yang mengatakan mereka akan menawarkan kasih sayang kepada temannya tetapi tidak bisa membiarkan diri mereka lolos atau berbelas kasih terhadap diri mereka sendiri.

Wanita yang dapat memupuk rasa kasih sayang pada diri sendiri akan segera memberikan dirinya kesempatan untuk menangani peran sebagai ibu dan perawatan diri dengan lebih efektif. Artinya Anda berhak menangis, istirahat dan meminta bantuan.

  1. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik

Salah satu hal terpenting untuk diajarkan kepada anak Anda nanti adalah tentang cara bersikap tegas dan berkomunikasi secara efektif. Namun kendalanya banyak orang tua yang masih mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Faktanya mempelajari keterampilan komunikasi sangat penting untuk masa depan anak Anda. Oleh sebab itu, tanda besar seorang wanita akan menjadi ibu yang luar biasa adalah dia mengetahui cara menavigasi percakapan sulit dan konflik.

 

  1. Memiliki empati yang tinggi

Tanda lain menunjukkan bahwa Anda bisa menjadi ibu yang luar biasa adalah mempunyai empati yang tinggi. Empati adalah keterampilan mengasuh anak yang sangat penting.

Seorang pelatih orang tua dan psikolog Jeffrey Bernstein menjelaskan bahwa mengakui dan memvalidasi perasaan anak-anak adalah aspek penting dalam memelihara kesejahteraan emosional, menumbuhkan ketahanan dan mendorong perkembangan yang sehat.

  1. Mampu tetap tenang di bawah tekanan

Seorang ibu yang luar biasa mampu menunjukkan pola umum pengaturan emosi yang baik. Hal ini bukan berarti dia tidak boleh merasakan kebingungan namun ini tentang mengelola ketenangan. 

Menurut psikolog David Krauss menjelaskan bahwa merespons dengan kesabaran dan perhatian daripada kemarahan dan penilaian merupakan tantangan yang dihadapi banyak orang tua.

  1. Memiliki sikap protektif terhadap orang yang dia cintai

Seorang ibu yang luar biasa tidak hanya melindungi anak-anak mereka tetapi mereka juga mengetahui bagaimana menjaga perasaan kuat itu tetap tersembunyi bila diperlukan.

Artinya Anda tetap memperhatikan batasan saat melindungi anak karena pola asuh yang terlalu protektif telah dikaitkan dengan tingkat kecemasan sosial yang lebih tinggi pada anak-anak.

  1. Dapat diandalkan dan banyak akal

Ibu yang luar biasa tentu memiliki keterampilan penting sehingga bisa diandalkan dalam memenuhi janji dan tanggung jawab. Mereka selalu memprioritaskan kehadiran anak-anak mulai dari datang ke acara sekolah, membacakan cerita dan sebagainya.

Hal ini sangat penting dilakukan karena bisa menjalin ikatan yang aman dan nyaman antara orang tua dan anak. Terlebih jika seorang ibu yang luar biasa mampu menjadi teladan sehingga anak-anaknya bisa bertumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #tanda #seorang #wanita #akan #menjadi #yang #luar #biasa #menurut #psikologi #salah #satunya #self #love

KOMENTAR