Gebetanmu Seorang Introvert? Kenali 7 Sisi Gelap Seorang Introvert, Salah Satunya Gampang Pesimis
Seorang pria menyendiri ditepi danau sembari bermain gitar (freepik)
16:22
9 April 2024

Gebetanmu Seorang Introvert? Kenali 7 Sisi Gelap Seorang Introvert, Salah Satunya Gampang Pesimis

Jawapos.com – Dalam kepribadian manusia tentunya memiliki sisi positif maupun negatif yang ada dalam dirinya. Entah orang tersebut introvert, maupun ekstrovert.

Intovert dikenal sebagai pribadi yang pendiam dan sangat tertutup. Namun, apakah kamu mengetahui sisi gelap dari karakter seorang introvert?

Berikut sisi gelap dari karakter seorang introvert sebagaimana dilansir Jawapos.com dari Medium dan Psych2Go antara lain adalah:

  1. Tak Nyaman Bekerja dalam Tim

Seperti yang diketahui seseorang dengan kepribadian introvert memiliki kepribadian yang cenderung tertutup. Ia cenderung tidak nyaman dengan kegiatan yang mengharuskan untuk interaksi dengan orang banyak salah satunya kerja dalam sebuah tim.

Introvert memiliki keyakinan bahwa bekerja secara kelompok cenderung penuh dengan drama, perselisihan, dan pertikaian. Hal ini membuat mereka merasa lelah sehingga introvert lebih merasa nyaman untuk bekerja sendiri.

  1. Sering Overthingking

Seseorang dengan kepribadian introvert seringkali berpikir secara berlebihan. Hal memengaruhi keadaan emosi dan membuat seorang introvert merasakan emosi lebih dalam.

  1. Sering Depresi

Seorang introvert sering kali mengalami depresi. Selain itu, seorang dengan kepribadian introvert cederung sering mengkritik diri mereka sendiri. Hal itu membuat citra diri seorang introvert semakin rendah dan hilangnya rasa percaya diri.

  1. Suka Memendam Emosi

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya seseorang dengan kepribadian introvert cenderung pendiam dan sulit untuk mengekspresikan diri alias datar. Ia lebih suka memendam perasaanya sendiri. Selain itu, seseorang dengan kepribadian introvert cenderung untuk menghindari konfrontasi.

  1. Pesimis

Sebagaimana dilansir dari Psych2Go Studi tentang karakter menunjukkan bahwa orang-orang ekstrovert cenderung memiliki tingkat keoptimisan yang lebih besar daripada orang-orang introvert. Namun, dibanding orang ekstrovert yang cenderung memiliki ide-ide aneh bahkan terkesan tidak bijaksana, orang dengan kepribadian introvert biasanya lebih realistis, namun seringkali, sikap ini dapat mengarah pada kesan yang menunjukkan keputusasaan. 

  1. Kehilangan Identitas

Sebagian besar seseorang dengan kepribadian introvert memiliki rasa empati yang cukup tinggi. Kondisi ini memungkinkan mereka untuk menangkap emosi serta suasana hati orang lain di sekitar mereka, bahkan tanpa mereka sadari. Meski tampaknya tidak ada masalah dalam menyerap emosi tersebut, introvert bisa kehilangan rasa diri dan merasa terbebani jika mereka selalu menyesuaikan diri dengan orang yang mereka hadapi.

  1. Sering Menghindari Kontak Sosial

Kita semua tahu bahwa seseorang dengan kepribadian introvert sangat menyukai waktu sendiri. Bahkan, seseorang dengan kepribadian introvert dianggap sebagai orang yang ‘acuh’ dengan keadaan sekitar. Hal tersebut membuat seseorang dengan kepribadian introvert akan kehilangan banyak teman.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #gebetanmu #seorang #introvert #kenali #sisi #gelap #seorang #introvert #salah #satunya #gampang #pesimis

KOMENTAR