Pahami 5 Gaya Belajar yang Dibutuhkan oleh Seorang Introvert, Salah Satunya Aktivitas Belajar yang Dilakukan dalam Kesendirian
5 hal yang perlu diketahui tentang gaya belajar seorang introvert. (pexels/Louis Bauer)
13:28
8 April 2024

Pahami 5 Gaya Belajar yang Dibutuhkan oleh Seorang Introvert, Salah Satunya Aktivitas Belajar yang Dilakukan dalam Kesendirian

Seringkali, orang-orang berpikir bahwa semua orang bisa belajar dengan cara yang sama. Faktanya, setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda, termasuk introvert dan ekstrovert.    Meskipun ada beberapa kesamaan umum dalam cara belajar dari kedua tipe kepribadian ini, ada juga beberapa perbedaan besar diantara keduanya.    Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman belajar Anda, penting untuk memahami perbedaan-perbedaan ini.  

  Dan kali ini, kita akan membahas mengenai cara belajar orang-orang introvert. Dilansir dari schoolcues.com, Senin (8/4), berikut 5 hal yang perlu diketahui tentang gaya belajar seorang introvert.   1. Mereka memproses informasi secara internal   Ketika seorang introvert menerima informasi, mereka memprosesnya secara internal. Artinya, mereka sering meluangkan waktu untuk merenungkan apa yang telah mereka pelajari sebelum membagikan pemikirannya kepada orang lain.    Hal ini dapat dilihat sebagai suatu kerugian di beberapa tempat, misalnya di ruang kelas, yang sering kali mendorong diskusi dan tanggapan yang cepat. Namun, para introvert sering kali mengimbanginya dengan memiliki pemahaman menyeluruh terhadap materi.  

  2. Mereka lebih menyukai aktivitas belajar menyendiri   Meskipun ekstrovert lebih menyukai aktivitas belajar berkelompok, introvert biasanya lebih menyukai aktivitas belajar menyendiri. Hal ini karena introvert cenderung mengisi ulang tenaganya saat sendirian.    Ini tidak berarti bahwa introvert tidak menyukai aktivitas kelompok. Hanya saja, mereka sering kali lebih menyukai aktivitas di mana merekalah yang memegang kendali.   3. Introvert suka meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan   Ketika para introvert ditanyai sebuah pertanyaan, mereka sering kali meluangkan waktu untuk merumuskan jawabannya secara detail terlebih dulu. Hal ini karena introvert ingin memastikan bahwa mereka memberikan respon terbaik.   

  Hal ini mungkin dapat dilihat sebagai kerugian dalam beberapa situasi, seperti wawancara kerja. Namun, hal ini juga bisa dilihat sebagai keuntungan karena introvert sering kali sangat bijaksana dalam memberikan tanggapan.   4. Mereka lebih suka komunikasi tertulis   Introvert sering kali lebih memilih komunikasi tertulis daripada komunikasi lisan. Hal ini karena introvert merasa lebih nyaman mengekspresikan diri melalui tulisan.    Mereka juga cenderung berpikir terlebih dahulu sebelum menulis. Sehingga, mereka akan mampu menghasilkan komunikasi yang lebih baik ketika menggunakan media tertulis.  

  5. Belajar paling baik adalah ketika mereka diberi waktu luang   Orang introvert sering kali belajar paling baik ketika mereka diberi waktu dan memproses informasi secara mandiri. Artinya, mereka sering kali berhasil dengan baik dalam situasi di mana mereka diberi waktu untuk merenungkan materi.    Mereka mungkin tidak akan berhasil dalam situasi di mana mereka terus-menerus ditekan untuk menjawab pertanyaan atau berpartisipasi dalam diskusi.  

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #pahami #gaya #belajar #yang #dibutuhkan #oleh #seorang #introvert #salah #satunya #aktivitas #belajar #yang #dilakukan #dalam #kesendirian

KOMENTAR