Pahami 14 Aturan yang Harus Diperhatikan saat Menjalin Hubungan dengan Seorang Introvert
14 tips menjalin hubungan dengan seorang introvert. (Pexels/cottonbro studio)
15:10
7 April 2024

Pahami 14 Aturan yang Harus Diperhatikan saat Menjalin Hubungan dengan Seorang Introvert

 Untuk menjalin sebuah hubungan dengan seorang introvert, Anda harus siap membuat berbagai kompromi.

Sebab, hubungan bagi seorang introvert adalah tentang keseimbangan, dan keputusan bersama yang bersifat dua arah. 

Dilansir dari aturan dalam menjalin hubungan dengan seorang introvert.

  1. Jangan Menjalin Hubungan dengan Introvert Jika Anda Tidak Bisa Berkompromi

Anda mungkin tidak langsung menyadari bahwa Anda menjalin hubungan dengan seorang introvert. Orang-orang yang berada pada tahap awal hubungan biasanya menunjukkan perilaku terbaiknya, dan menampilkan citra idealnya. 

Semua orang ingin mengesankan dan memenangkan hati orang yang mereka sukai dengan menyembunyikan sifat-sifat asli mereka yang mungkin tidak menyenangkan. 

Namun, orang hanya bisa melakukan kepura-puraan itu dalam jangka waktu tertentu saja, dan kedua pasangan pada akhirnya harus menunjukkan apa adanya diri mereka.

Setelah Anda akrab satu sama lain dan menyadari bahwa pasangan Anda seorang introvert, Anda harus bisa berkompromi untuk menyenangkan mereka. Sayangnya, introvert biasanya tidak akan mengubah segala hal tentang dirinya agar sesuai ekspektasi Anda. Oleh karena itu, jika Anda tidak bisa berkompromi, lebih baik untuk mengakhiri hubungan tersebut.

  1. Terimalah Mereka Apa Adanya

Mengetahui tanda-tanda seorang introvert dapat membantu Anda untuk menerima pasangan Anda karena keunikan mereka. Dan jangan mencoba untuk mengubahnya. 

Anda mungkin akan mulai mengenali karakteristik dasar introvert, seperti lebih memilih kesendirian, mereka terkadang diam selama kencan atau memilih lingkungan kencan tertentu dibandingkan lingkungan lainnya. 

Setelah Anda belajar menghargai karakteristik orang-orang introvert ini, Anda dapat menemukan kekuatan alami dalam sifat introvertnya.

  1. Rencanakan Kencan Sederhana

Introvert cenderung menghargai kencan sederhana dan jauh dari kemewahan. Kencan seperti piknik di taman atau jalan-jalan sore mungkin lebih menarik bagi introvert daripada pergi go-cart atau ke tempat konser besar. 

  1. Maklumi Keinginan Mereka untuk Menghabiskan Waktu Sendirian

Pasangan introvert sejatinya harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan introvert akan kesendirian. Meskipun menerima hal ini mungkin sulit, terlalu banyak waktu untuk bersosialisasi dapat menyebabkan introvert merasa tidak nyaman.

  1. Jangan Paksa Mereka Melakukan Hal-Hal yang Tidak Ingin Mereka Lakukan

Hindari memaksa pasangan introvert Anda melakukan sesuatu atau pergi ke suatu tempat hanya karena Anda tidak ingin pergi sendirian. Biarkan pasangan Anda melakukan hal dan menentukan apa yang membuat mereka nyaman. 

  1. Ketahuilah bahwa Introvert Bersosialisasi Secara Selektif

Introvert belum tentu anti-sosial. Faktanya, mereka menikmati persahabatan yang sama seperti orang lain. Bedanya, mereka hanya memiliki kapasitas yang lebih rendah untuk bersosialisasi. Berinteraksi dengan orang lain membutuhkan lebih banyak energi, dan mereka memiliki ambang batas untuk melakukan hal itu.

Orang ekstrovert mengisi ulang tenaga mereka melalui keterlibatan sosial, sementara orang introvert mudah merasa lelah. Karena itu, penting untuk mengenali pasangan introvert Anda yang mungkin terkadang selektif dalam menentukan kapan dan dengan siapa dia mengeluarkan energinya.

  1. Tidak Perlu Mencoba Membuat Mereka Terkesan

Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang istimewa untuk mencoba mengesankan pasangan introvert Anda. Introvert akan menghargai keaslian dan transparansi orang lain. Oleh karenanya, akan lebih baik jika Anda bisa menghindari kepura-puraan.

  1. Pertahankan Kehidupan Sosial yang Terpisah Namun Tetap Bersatu

Memiliki lingkungan sosial yang terpisah bisa berdampak positif dalam hubungan. Anda bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama teman-teman Anda meskipun pasangan Anda adalah seorang introvert.

Sebaliknya, pasangan Anda dan orang-orang terdekatnya juga bisa melakukan sesuatu yang bersifat introvert dan itu tidak akan menjadi masalah. 

Pasangan dalam hubungan yang sehat adalah yang bisa memahami kebutuhan satu sama lain. Artinya, perpisahan semacam ini tidak akan menimbulkan masalah yang terlalu berarti.

  1. Kenali Kebutuhan Mereka akan Kemandirian

Memahami kebutuhan mereka akan ruang dan waktu sendirian akan sangat membantu dalam hubungan dengan seorang introvert. Memprioritaskan kebutuhan mereka akan kemandirian menunjukkan bahwa Anda dapat dipercaya, dan landasan ini dapat membantu mereka merasa nyaman dengan Anda.

  1. Hargai Keterusterangan Mereka

Menentukan cara berkomunikasi dengan pasangan introvert dimulai dengan mengenali kecenderungannya untuk berterus terang. Banyak introvert yang secara terbuka mengutarakan pendapatnya, terutama kepada orang yang mereka percayai.

Hargai kemampuan mereka untuk berterus terang. Sebab, dengan itu mereka dapat melihat Anda sebagai orang tepercaya yang pantas mendapatkan kebenaran.

  1. Tawarkan Mereka Tempat Aman untuk Menjadi Diri Mereka Sendiri

Memberi pasangan Anda ruang adalah hal yang penting ketika berkencan dengan seorang introvert. Pasangan Anda kemungkinan besar akan menghabiskan banyak waktu di dunia batinnya, dan dia mungkin memiliki kebiasaan unik serta minat khusus yang tampaknya tidak lazim.

Tawarkan kebebasan kepada pasangan Anda untuk mengekspresikan diri, kesukaannya, dan ketidaksukaannya. Sebab, hal itu adalah salah satu cara untuk menumbuhkan keintiman emosional dalam hubungan Anda.

  1. Fokus pada Kepentingan Bersama

Sama seperti hubungan lainnya, berfokus pada kepentingan bersama dapat membantu Anda terhubung dengan orang yang introvert. Menemukan titik temu akan mengirimkan pesan bahwa Anda menghargai pemikiran dan persepsi mereka.

Selain itu, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mereka hargai dan prioritaskan dalam kehidupan dan hubungan mereka.

  1. Tentukan Kompromi yang Tepat

Kompromi bisa berguna dalam sebuah hubungan, terutama bagi orang ekstrover yang menjalin hubungan dengan orang introvert. Bersikaplah fleksibel terhadap pertengkaran yang tidak penting.

  1. Hargai Kekuatan Mereka

Setelah Anda memahami karakteristik mereka, Anda harus belajar menghargai kekuatan mereka dalam hubungan Anda. Anda berdua dapat membangun kekuatan bersama dan unik, menggunakannya sebagai peluang untuk berkembang dan keintiman yang lebih besar.
***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pahami #aturan #yang #harus #diperhatikan #saat #menjalin #hubungan #dengan #seorang #introvert

KOMENTAR