4 Hal yang Paling Diperjuangkan Sosok INFJ, Salah Satunya Adalah Menentukan Tujuan
Perfeksionisme dalam diri INFJ/ Freepik
15:52
6 April 2024

4 Hal yang Paling Diperjuangkan Sosok INFJ, Salah Satunya Adalah Menentukan Tujuan

 

- Setiap orang memiliki serangkaian perjuangan dan hal-hal yang secara alami menguras energi.

Meskipun kita semua memiliki perjuangan dan kesulitan dalam hidup, namun apa yang dialami setiap orang seringkali berbeda.

Saat individu lain anggap menantang, mungkin dianggap mudah oleh individu lain.

Oleh karenanya, penting untuk mengakui perjuangan ini dan menyadari di mana jenis tertentu mungkin merasa kewalahan.

Mengetahui batas perjuangan dapat membantu kita untuk mengatasinya, atau menemukan cara untuk mengurangi frustasi yang kita rasakan.

Menurut Personality Growth, sosok INFJ menghadapi banyak rintangan dan kesulitan dalam hidup, karena beroperasi secara berbeda dari kepribadian lainnya.

INFJ dapat menanggung banyak perjuangan dalam hidup karena perbedaan ini, dan perjuangan tersebut menjadi lebih luar biasa ketika mereka tidak sepenuhnya memahami mengapa.

Hal ini membantu INFJ meluangkan waktu untuk introspeksi serta mempelajari lebih lanjut tentang mengapa mereka merasakan seperti apa yang mereka rasakan.

Mengetahui tentang diri mereka sendiri dan perilaku pribadi mereka, benar-benar dapat membantu INFJ merasa lebih nyaman dalam kulit mereka sendiri.

1. Perasaan Terasing

INFJ membutuhkan banyak waktu sendiri untuk mengisi ulang energi, dan ini kadang-kadang membuat mereka merasa terasing. Mereka menjauhkan diri karena mereka membutuhkan ruang ini, tetapi mereka ingin merasa terhubung dengan orang yang mereka sayangi.

INFJ tentu mengalami kesulitan saat merasa terasing sepanjang hidup mereka, baik karena kebutuhan mereka akan waktu sendiri maupun karena mereka merasa begitu tidak dimengerti. INFJ sering merasa seperti orang tidak memahami mereka, dan ini membuat mereka merasa terpisah dari orang-orang di sekitar mereka.

Kepribadian unik mereka dan fakta bahwa mereka sangat langka, tentu memiliki tantangannya sendiri bagi INFJ. Mereka ingin dapat merasa dekat dengan orang lain, dan benar-benar ingin merasa seperti orang yang mereka cintai memahami siapa mereka di dalam.

Keinginan batin untuk merasa terhubung adalah sesuatu yang membuat INFJ merasa sangat sedih merasa begitu terasing dari sisa dunia. Mereka memproses hal-hal secara berbeda dan memiliki seperangkat moral mereka sendiri, yang membuat sulit bagi INFJ untuk benar-benar merasa terhubung dengan dunia di sekitar mereka.

INFJ benar-benar memiliki keyakinan mereka sendiri yang bisa sangat berbeda dari norma, karena mereka memiliki moral batin yang kuat dan pikiran mereka memproses hal-hal secara berbeda. Ini adalah bagian dari apa yang membuat INFJ begitu berbelas kasih dan istimewa, tetapi juga dapat membuat mereka merasa terasing dalam cara yang cukup menyedihkan bagi mereka.

Memiliki keinginan untuk merasa dekat dengan orang lain tetapi tidak selalu tahu bagaimana membuat orang memahami apa yang sedang terjadi di dalam diri mereka, bisa menjadi perjuangan yang konstan bagi INFJ.

2. Perfeksionisme

INFJ seringkali perfeksionis dan ini adalah sesuatu yang dapat menjadi sangat menyulitkan kadang-kadang. Mereka berjuang dengan tidak pernah benar-benar merasa bahwa apapun yang mereka lakukan cukup baik.

Mereka akan meninjau pekerjaan dan pencapaian mereka sendiri, dan hampir selalu melihat kesalahan dan cara mereka bisa memperbaiki. Sifat perfeksionis ini membuat INFJ memiliki standar yang benar-benar luar biasa, tetapi juga dapat menjadi perjuangan bagi mereka sepanjang hidup.

Sulit ketika mereka tidak pernah merasa benar-benar puas dengan kemampuan atau hal-hal yang mereka capai. Ini adalah sesuatu yang sangat memberatkan hati INFJ, dan membuat mereka sangat keras pada diri sendiri. Terus-menerus merasa bahwa mereka bisa memperbaiki dan selalu menganalisis tugas mereka, adalah sesuatu yang bisa membuat lelah setelah beberapa saat.

INFJ mungkin terus-menerus meragukan diri mereka sendiri, menyebabkan mereka menahan diri dari melakukan hal-hal yang mereka nikmati atau ingin lakukan. Ini bisa membuat mereka merasa stagnan dan berjuang untuk benar-benar mengambil kesempatan dalam hidup mereka.

Ini adalah sesuatu yang INFJ perjuangkan dengan terus-menerus, tetapi mereka bisa bekerja keras untuk mengatasinya dan menemukan cara untuk menjadi lebih terbuka.

3. Batasan

INFJ berjuang ketika datang menuju batasan, karena mereka selalu berusaha membantu orang lain. Ini adalah sesuatu yang dapat menyebabkan INFJ memberi kepada orang yang benar-benar tidak pantas mendapat kebaikan mereka. Terkadang ini membuat INFJ merasa kewalahan, karena mereka mengambil terlalu banyak sekaligus.

Mereka seringkali mencoba membantu orang lain dan tidak menemukan mudah untuk menetapkan batasan dengan seberapa banyak mereka bersedia memberi. Ini adalah perjuangan yang harus dipelajari INFJ dalam hidup, dan seiring mereka tumbuh mereka bisa menemukan cara untuk menetapkan batasan dalam hubungan mereka. Jika INFJ tidak hati-hati mereka bisa benar-benar menyerah, terus-menerus mencoba merawat orang lain yang tidak menghargai ini atau memberi balik kepada mereka.

INFJ melakukannya karena mereka adalah orang yang peduli dan memberi, tetapi belajar batasan benar-benar penting bagi mereka. Mereka perlu menemukan cara untuk merawat diri mereka sendiri juga, dan menghabiskan waktu untuk menemukan keinginan dan keinginan batin mereka sendiri.

Tanpa memperhatikan kebutuhan pribadi mereka sendiri, INFJ akan menjadi terkuras dan kewalahan. Meskipun batasan tidak mudah bagi INFJ, mereka benar-benar penting dan sesuatu yang perlu mereka temukan keseimbangannya.

4. Menemukan Tujuan

INFJ sering merasa di dalam diri mereka bahwa mereka ditakdirkan untuk melayani tujuan yang lebih besar, tetapi tidak cukup yakin apa itu. Sejak usia muda mereka berjuang untuk menemukan rasa makna dan tujuan ini dalam hidup mereka.

INFJ benar-benar ingin menjadi seseorang yang dapat membuat perbedaan dalam dunia di sekitar mereka, tetapi keinginan ini bisa menjadi perjuangan bagi mereka sepanjang hidup mereka.

Mereka ingin mencari dan mengungkapkan tujuan ini, tetapi mungkin tidak yakin secara pasti bagaimana mereka seharusnya melakukannya. Ini adalah sesuatu yang menimbulkan banyak tekanan pada INFJ, terutama ketika mereka merasa seperti mereka tidak benar-benar membuat kemajuan dalam arah yang benar.

Tetapi pada akhirnya hal yang penting adalah bagi mereka untuk menemukan sesuatu yang membantu orang lain dan ini akan membantu membawa tujuan dalam hidup mereka jika mereka bersedia untuk mengakui hal itu.

Sebagai kesimpulan, memahami perjuangan dari jenis kepribadian INFJ dapat membantu menjelaskan tantangan yang mereka hadapi dan perspektif unik yang mereka bawa ke dunia. Melalui kesadaran diri dan kasih sayang, baik INFJ maupun orang-orang di sekitar mereka dapat menavigasi tantangan ini dengan pemahaman dan empati yang lebih besar.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #yang #paling #diperjuangkan #sosok #infj #salah #satunya #adalah #menentukan #tujuan

KOMENTAR