Rekam Jejak Karier Nirina Zubir, Viral karena Tetap Tenang Diteriaki Pengacara Mantan ART
Nirina Zubir menghadiri sidang kasus tanah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2024). [Tiara Rosana/Suara.com]
13:30
6 April 2024

Rekam Jejak Karier Nirina Zubir, Viral karena Tetap Tenang Diteriaki Pengacara Mantan ART

Perdebatan Nirina Zubir dengan pengacara mantan asisten rumah tangga (ART) almarhumah ibunya hingga kini masih menjadi sorotan. Apalagi keduanya terlihat memanas dan saling sindir dalam adu mulut tersebut.

Namun, salah satu hal yang menjadi sorotan yakni ucapan pengacara tersebut kepada Nirina Zubir. Dalam perdebatan tersebut, pengacara tersebut tampak mempertanyakan siapa sosok Nirina Zubir di Indonesia.

"Siapa anda di republik Ini?" ujar pengacara tersebut.

Ucapan pengacara tersebut lantas membuat warganet geram. Menurut warganet, masyarakat Indonesia justru lebih jauh mengenal Nirina Zubir dibandingkan pengacara tersebut. Bukan hanya itu, Nirina Zubir juga dikenal sebagai artis yang memiliki segudang pengalaman dan prestasi cemerlang.

Lantas seperti apa pengalaman karier Nirina Zubir? Berikut terdapat rekam jejak karier dan prestasi Nirina Zubir.

Awal karier

Sebelum terjun ke dunia peran, Nirina Zubir mengawali kariernya sebagai penyiar. Diketahui, istri pembawa acara Ernest Fardiyan Syarif menjadi penyiar radio Prambors selama 8 bulan. Setelahnya, Nirina Zubir menjadi VJ MTV Indonesia selama beberapa tahun. Hal ini membuat namanya mulai dikenal masyarakat.

Karier seni peran

Pada 2004, Nirina Zubir debut film pertamanya berjudul 30 Hari Mencari Cinta menjadi karakter Gwen. Kemampuan aktingnya itu juga semakin dilihat hingga akhirnya ia berperan sebagai Rachel dalam film Heart.

Nirina Zubir adu mulut dengan pengacara Riri Khasmita usai menjalani sidang kasus tanah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2024). [Tiara Rosana/Suara.com]Nirina Zubir adu mulut dengan pengacara Riri Khasmita usai menjalani sidang kasus tanah di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2024). [Tiara Rosana/Suara.com]

Film bersama Irwansyah dan Acha Septriasa ini menjadi salah satu film Nirina Zubir yang booming pada zamannya. Perannya sebagai Rachel juga semakin mendongkrak karier Nirina Zubir.

Bukan hanya itu, film lainnya yang juga menjadi ikon sosok Nirina Zubir yakni Get Married. Berperan sebagai Maemunah membuat karakter ini identik dengan Nirina Zubir. Bahkan, film ini memiliki lanjutan sampai ke-5.

Beberapa film ternama yang diperankan Nirina Zubir lainnya seperti Comic 8, Keluarga Cemara, Hafalan Shalat Delisa, dan lain-lain. Selain film, Nirina Zubir juga beberapa kali memerankan karakter di film pendek, serial TV, hingga serial web.

Karier acara TV

Kemampuan public speaking yang baik membuat Nirina Zubir juga sebagai pembawa acara para beberapa program acara TV. Beberapa program tersebut di antaranya Klik!, Indonesia Morning Show, Rising Star Indonesia Musim ke-2, Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV, dan lain-lain.

Model Video Klip

Nirina Zubir beberapa kali menjadi model video klip dalam lagu beberapa band. Beberapa lagu yang dibintangi Nirina Zubir seperti "Melompat Lebih Tinggi" — Sheila On 7, "My Heart" — Acha Septriasa dan Irwansyah, "Sudut Memori" — Yura Yunita, "Sudah" — Nidji, dan lainnya.

Prestasi

Karier cemerlang Nirina Zubir ini juga membuatnya berhasil menyabet berbagai penghargaan. Beberapa penghargaan yang dimenangkan oleh Nirina Zubir di antaranya sebagai berikut:

  • Most Favourite Actress (MTV Indonesia Movie Awards 2004);
  • Pemeran Utama Wanita Terbaik (Festival Film Indonesia 2006);
  • Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop (Festival Film Bandung 2008);
  • Pemeran Utama Wanita Terbaik (Indonesian Movie Actors Awards 2019);
  • Aktris Pendukung Terbaik - Genre Film Drama (Festival Film Wartawan Indonesia 2021).

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #rekam #jejak #karier #nirina #zubir #viral #karena #tetap #tenang #diteriaki #pengacara #mantan

KOMENTAR