Moncernya Karier Politik Rieke Diah Pitaloka: Mantan Calon Gubernur sampai 4 Kali Jadi DPR RI
Rieke Diah Pitaloka (22/3/2023) [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
13:56
5 April 2024

Moncernya Karier Politik Rieke Diah Pitaloka: Mantan Calon Gubernur sampai 4 Kali Jadi DPR RI

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka menjadi sorotan publik usai vokal dalam kasus mega korupsi PT Tambang. Rieke bahkan mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung) agar segera menindak tegas pihak-pihak yang terlibat dalam kasus korupsi PT Timah Harvey Moeis Cs.

Mantan pemeran Oneng itu meminta Kejagung melakukan pencekalan kepada orang yang terkait korupsi tersebut, termasuk keluarga para tersangka.

"Saya mendukung Kejaksaan Agung untuk mengeluarkan surat pencekalan bagi siapa pun yang terindikasi kuat terlibat, termasuk para direksi dan keluarganya," terang Rieke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (2/4/2024).

Vokal mendesak Kejagung, seperti apa sepak terjang politik Rieke Diah Pitaloka?

Karier Politik Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka [Rena Pangesti/Suara.com]Rieke Diah Pitaloka [Rena Pangesti/Suara.com]

Rieke mulai banting stir di dunia politik di awal tahun 2000-an. Ia mulanya masuk ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Rieke bahkan belajar politik langsung dengan Presiden Keempat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Rieke sempat menjadi Sekjen DPP PKB di bawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Namun Rieke pindah ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tahun 2008 karena merasa gerah dengan konflik internal di PKB. Rieke kemudian berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2009–2014 dari PDI-P untuk daerah pemilihan Jawa Barat II.

Kala itu Rieke duduk di Komisi IX di mana menaungi bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Pada komisi tersebut, Rieke merupakan salah satu anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Rieke berpasangan dengan Teten Masduki sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilihan umum Gubernur Jawa Barat 2013.

Pada awal tahun 2013, Rieke sempat mencalonkan dirinya sebagai Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Teten Masduki. Sayangnya ia kalah dari Ahmad Heryawan.

Rieke lalu kembali ke legislatif 2014 melalui dapil Jawa Barat VII. Ia lolos dengan perolehan suara 255.044 suara. Rieke juga kembali lolos pada pemilihan legislatif di 2019-2024.

Kini Rieke kembali maju di legislatif 2024-2029 dan dipastikan berhasil masuk kembali ke Senayan.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #moncernya #karier #politik #rieke #diah #pitaloka #mantan #calon #gubernur #sampai #kali #jadi

KOMENTAR