Jokowi Ikut Kondangan Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah, Tamunya Sampai Lima Ribu
Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah Usai Resmi Jadi Suami Istri (Instagram)
12:07
15 Januari 2024

Jokowi Ikut Kondangan Pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah, Tamunya Sampai Lima Ribu

Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah gelar resepsi pernikahan pada Minggu (14/1/2024). Pesta itu dilakukan dengan upacara kerajaan di ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan. Setelah upacara tersebut, pengantin baru tersebut bersanding di Balai Singgahsana Indera Buana, aula tahta kerajaan Istana Nurul Iman, kediaman resmi Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei, Sultan dan Perdana Menteri Brunei.

Pangeran Mateen nampak gagah mengenakan seragam militer. Sementara Anisha Rosnah memakai gaun pengantin serba putih dengan tiara di kepalanya. Gaun pengantin Anisha Rosnah nampak mewah berhiaskan motif berlian perak. 

Anak cucu penasihan Kesultanan Brunei itu juga membawa karangan bunga kecil yang terbuat dari logam mulia dengan hiasan permata. Anisha Rosnah juga memakai aksesoris berupa anting dan kalung berlian yang mencolok.

Dikutip dari The National News, dilaporkan bahwa resepsi pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah dihadiri sampai 5.000 tamu. Selain tamu kehormatan, seperti anggota senior keluarga kerajaan Brunei, ada pula sejumlah pejabat internasional. Termasuk Presiden RI Joko Widodo juga Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr.

Setelah resepsi, pasangan itu diarak keliling jalan Bandar Seri Begawan dengan naik mobil, di mana ribuan orang berbaris di jalan untuk menyambut pengantin baru tersebut. Pasangan itu berdiri dan duduk di belakang Rolls-Royce atap terbuka sambil melambai kepada penonton saat mereka melewati ibu kota.

Meski sudah jalani ijab kabul juga resepsi, rangkaian pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah sebenarnya belum selesai. Masih ada adat kerajaan Brunei yang harus mereka jalani. 

Prosesi pernikahan mereka memang digelar selama 10 hari, dimulai pada 7 Januari dengan acara lamaran di mana keluarga mempelai pria secara resmi menyatakan niatnya untuk menikahi mempelai wanita. Keesokan harinya dilanjutkan dengan penampilan musisi istana kerajaan yang secara resmi menandai dimulainya perayaan.

Pada hari ketiga, Selasa (9/1), diadakan acara pertunangan yang ditandai dengan keluarga mempelai pria membawa bingkisan simbolis ke kediaman mempelai wanita. Dilanjutkan dengan upacara pembuatan bedak pada hari keempat keesokan harinya, Rabu (10/1). Dalam upacara ini, anggota keluarga calon pengantin pria dan wanita mengoleskan bedak pada tangan pasangan.

Di hari yang sama itu juga Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah mengadakan pengajian demgan khatam Al Quran. 

Kemudian pada Kamis (11/1) yang menjadi hari kelima baru diadakan prosesi ijab kabul. Dilanjutkan dengan upacara kerajaan Malam Berbedak. Lalu baru berlanjut resepsi pernikahan pada Minggu (14/1).

Pasca resepsi, kerajaan akan menggelar acara makan khusus pada Senin (15/1) dengan diperkirakan akan dihadiri oleh tamu dari seluruh dunia. Acara itu dikenal juga dengan sebutan Majlis Persantapan Diraja. 

Rangkaian pernikahan itu baru akan ditutup dengan Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat serta Menutup Gendang Jaga-jaga pada Selasa, 16 Januari 2024.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #jokowi #ikut #kondangan #pernikahan #pangeran #mateen #anisha #rosnah #tamunya #sampai #lima #ribu

KOMENTAR