Ketahui 5 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan Kulit, Cocok Dijadikan sebagai Masker Wajah
Ilustrasi. Alpukat kaya akan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap cantik. (Freepik)
13:22
2 April 2024

Ketahui 5 Manfaat Alpukat untuk Kecantikan Kulit, Cocok Dijadikan sebagai Masker Wajah

- Alpukat bukan hanya enak rasanya, tetapi juga punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Mulai untuk melembapkan sampai mencegah jerawat.

Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, dan E, lemak sehat, antioksidan, serta mineral seperti selenium dan zinc yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Anda dapat merasakan manfaat alpukat untuk kesehatan kulit wajah dengan mengonsumsinya secara teratur atau menggunakannya sebagai pembersih atau masker wajah. Dilansir dari Alodokter, berikut lima manfaat alpukat untuk kecantikan kulit yang sayang dilewatkan:

  1. Melembabkan Kulit

Alpukat kaya akan lemak, air, vitamin, dan mineral, sehingga dapat digunakan secara alami untuk mengatasi masalah kulit kering atau pecah-pecah. Antioksidan yang terdapat didalamnya juga membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat eksim dan jerawat.

  1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat ini berasal dari kandungan mangan dan vitamin C dalam alpukat, nutrisi penting untuk pembentukan kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Lemak sehat dalam alpukat juga terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan wajah berdasarkan penelitian.

  1. Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Kulit

Alpukat memiliki nutrisi dan zat yang mengurangi peradangan kulit, termasuk vitamin A, B, C, E, dan antioksidan. Studi juga menunjukkan bahwa nutrisi ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

  1. Mengurangi Hiperpigmentasi Kulit

Vitamin C dan E dalam alpukat berperan dalam mencegah dan mengatasi hiperpigmentasi kulit atau penggelapan kulit karena kedua vitamin itu dapat mengurangi peradangan dan produksi melanin yang menyebabkan bercak hitam.

  1. Mencegah Munculnya Jerawat

Kandungan vitamin C dan omega-3 dalam alpukat membantu mengurangi peradangan kulit, mengurangi kemunculan jerawat. Minyak alpukat yang mengandung antimikroba juga efektif dalam mengurangi jerawat di wajah.

Cara Mendapatkan Manfaat Alpukat untuk Wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan manfaat alpukat bagi wajah, Anda dapat mengonsumsi buah alpukat matang secara langsung atau menggunakan sebagai pembersih dan masker wajah.

Jika ingin menggunakan alpukat sebagai pembersih wajah, gunakan minyak alpukat. Caranya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak alpukat ke kapas, lalu aplikasikan ke wajah dan leher. Lakukan dua kali sehari untuk hasil optimal.

Masker alpukat dapat dibuat dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Bahan untuk membuat masker alpukat

  • ½ buah alpukat matang
  • 1 sendok teh minyak kelapa (masukkan ke dalam kulkas agar mengental)
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh air

Cara membuat masker alpukat

  • Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk.
  • Haluskan hingga menjadi pasta dan tercampur sempurna.

Cara menggunakan masker alpukat

  • Bersihkan wajah Anda menggunakan handuk hangat selama 20 menit. Penggunaan handuk hangat bermanfaat untuk membuka pori-pori wajah.
  • Setelahnya, oleskan masker ke wajah menggunakan jari atau kuas Oleskan secara merata, namun jangan aplikasikan masker ke area mata.
  • Diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, keringkan, lalu oleskan pelembap ke wajah.

Alpukat biasanya aman untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai perawatan wajah alami. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi, untuk mencegahnya, lakukan tes alergi atau uji tempel terlebih dahulu.

Anda bisa mencoba mengoleskan sedikit alpukat atau produk yang mengandung buah ini ke pergelangan tangan. Jika setelah beberapa jam tidak gatal, tidak kemerahan, atau tidak bengkak, itu berarti Anda dapat menggunakan produk tersebut dengan aman.

Meskipun alpukat memiliki banyak manfaat untuk kulit, penting untuk merawat kulit wajah dengan cara lain juga, seperti mencuci muka secara teratur, menghindari tidur dengan riasan, dan menggunakan tabir surya secara rutin.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #ketahui #manfaat #alpukat #untuk #kecantikan #kulit #cocok #dijadikan #sebagai #masker #wajah

KOMENTAR