Tak Cuma Lailatul Qadar, Ini Deretan Keistimewaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Jangan sampai Terlewat!
Ilustrasi malam Lailatul Qadar. (Pexels)
04:57
31 Maret 2024

Tak Cuma Lailatul Qadar, Ini Deretan Keistimewaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Jangan sampai Terlewat!

Layaknya hari-hari lain, 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga memiliki sejumlah keutamaan yang tentu tidak semestinya dilewatkan oleh umat Muslim.

Namun bila ditanya tentang keistimewaan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, kebanyakan jawaban yang disampaikan adalah malam Lailatul Qadar, yakni suatu malam di bulan Ramadhan yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Hal tersebut pernah disebutkan dalam hadis berikut ini, “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim).

Namun selain Lailatul Qadar, ternyata masih ada keistimewaan lain pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Apa sajakah?

Ilustrasi malam Lailatul Qadar, nuzulul quran (freepik)Ilustrasi malam Lailatul Qadar, nuzulul quran (freepik)
  1. Pengampunan Dosa

Allah SWT menjanjikan pengampunan dosa bagi siapa saja yang beribadah malam dengan bersungguh-sungguh di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana yang tertuang di hadis berikut ini.“Barangsiapa yang menghidupkan malam Lailatul Qadar dengan salat malam atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim).

2. Dijauhkan dari Api Neraka

Terdapat tiga keutamaan bulan Ramadhan, yakni rahmat berlimpah dari Allah SWT di 10 hari pertama, pengampunan dari Allah SWT di 10 hari kedua, serta pembebasan dari api neraka pada 10 hari terakhir.

Hal ini sebagaimana disampaikan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Al Baihaqi, yang artinya, “Awal bulan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka.”

Ilustrasi Berdoa - Doa Malam Lailatul Qadar (Pexels)Ilustrasi Berdoa - Doa Malam Lailatul Qadar (Pexels)


3. Turunnya Para Malaikat

Keutamaan lain pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah turunnya para malaikat, sebagaimana dijelaskan di Al Quran, tepatnya di QS Al Qadr: 3-5. Salah satu malaikat yang disebutkan akan turun adalah malaikat Jibril.

Berikut adalah isi dari QS Al Qadr: 3-5:

“Lailatul-qadri khairum min alfi syahr [3]. Tanazzalul-mala'ikatu war-ruhu fiha bi'izni rabbihim, ming kulli amr [4]. Salamun hiya hatta matla'il-fajr [5].”

Yang artinya adalah sebagai berikut:

Malam kemulian itu lebih baik dari seribu bulan [3]. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan [4]. Malam itu (penuh) kesehjahteraan sampai terbit fajar [5].” (QS Al Qadr: 3-5)

Itu tadi keistimewaan lain pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Mari tingkatkan amal ibadah kita, terutama dengan menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, sebagaimana pernah disampaikan oleh Buya Yahya.

“Jangan pilah-pilah, hidupkan semua malam Ramadhan. Cuma kalau sudah memasuki 10 akhir Ramadhan, tingkatkan di hari ganjil, tingkatkan lagi,” kata Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Sabtu (30/3/2024).

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #cuma #lailatul #qadar #deretan #keistimewaan #hari #terakhir #bulan #ramadhan #jangan #sampai #terlewat

KOMENTAR