Pakar Kesehatan Ungkap Takjil Es dan Minuman Dingin Tak Bikin Anak Mudah Batuk Pilek, Asal...
Ilustrasi buka puasa (Pixabay)
10:13
24 Maret 2024

Pakar Kesehatan Ungkap Takjil Es dan Minuman Dingin Tak Bikin Anak Mudah Batuk Pilek, Asal...

Mengajarkan anak berpuasa memang harus dimulai sejak dini. Agar ibadah terasa menyenangkan, orangtua biasanya akan menyediakan makanan kesukaan anak saat berbuka tiba, termasuk takjil berupa es hingga minuman dingin. 

Namun, di saat bersamaan, ada kekhawatiran bagi orangtua dengan kondisi kesehatan anak. Mungkinkah ia akan lebih mudah sakit batuk dan pilek? Menjawab hal tersebut, Pakar Kesehatan Masyarakat Widya Fadila, M.KM, mengatakan sebenarnya ini berhubungan dengan kondisi tubuh masing-masing anak saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin.

Sebab, saat anak mengonsumsi makanan dan minuman dingin setelah bermain atau beraktivitas, tentu akan ada perubahan suhu dalam tubuh. Saat kondisi tubuhnya lelah, virus masuk, maka anak akan mudah terkena batuk dan pilek.

"Tapi kan menjelang buka puasa, aktivitas 1-2 jam sudah berkurang. Suhu dalam tubuh menurun, jadi ketika konsumsi es so far nggak apa-apa," kata dia.

Namun yang perlu diperhatikan lainnya adalah, makanan dan minuman dingin yang dikonsumsi anak. Apakah itu mengandung pemanis dan perasa buatan yang rentan di tenggorokan si Kecil.

Apakah es yang dikonsumsi bersih dan terkena kontaminasi. Karena itu, diperlukan kesadaran bagi orangtua untuk memilih menu yang tepat dan terbaik untuk anak. 

Menjawab hal tersebut, Unifam membantu para Ibu memberikan solusi yang menyenangkan, ramah dan lebih baik untuk keluarga, dengan membawa Pino Es Serut Buah sebagai salah satu takjil Pilihan Ibu Kesukaan Anak, yang memiliki beragam rasa dan cocok menjadi teman berbuka puasa yang praktis di rumah.

"Melihat bahwa background produk ini secara distribusi terjamin untuk kualitas mutu didistribusikan secara beku, tidak mengandung pemanis atau sakarin, dan sterilisasinya terjaga, ini bisa jadi pilihan yang tepat," ungkap dia.

Widya menambahkan, orangtua juga jangan sampai lupa untuk menjaga besarnya kalori pilihan buka puasa, jangan sampai anak jadi tidak konsumsi makanan utama. Ringan, segar dan beragam adalah pilihan kombinasi untuk menu buka puasa anak.

Dengan kampanye Pilihan Ibu Kesukaan Anak, Head of Human Capital & Corporate Affairs Unifam Windy Prastiwi mengatakan, para ibu menjadi orang tua sekaligus teman bagi anak dan keluarga dengan memberikan solusi yang menyenangkan, ramah, dan lebih baik.

"Kami membangun bisnis atas dasar kepercayaan bahwa gaya hidup sehat dimulai dengan nutrisi yang baik. Stigma sudah pasti ada, kekhawatiran para ibu memberikan snack ke anak-anak. Tapi kekhawatiran itu kami jawab dari kampanye-kampanye kami," ucap Windy.

Unifam adalah perusahaan FMCG yang memproduksi Milkita, Pino Es Serut Buah, Super Zuper, Jagoan Neon, Split, Cola Candy, Kiko, De Fanty, Kata Oma, hingga Lemonilo. 

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #pakar #kesehatan #ungkap #takjil #minuman #dingin #bikin #anak #mudah #batuk #pilek #asal

KOMENTAR