Bolehkah Zakat Fitrah Diberikan Kepada Saudara Sendiri dan Orang Tua?
Bolehkah Zakat Fitrah Diberikan Kepada Saudara Sendiri dan Orang Tua (freepik)
15:58
23 Maret 2024

Bolehkah Zakat Fitrah Diberikan Kepada Saudara Sendiri dan Orang Tua?

Zakat fitrah merupakan amal ibadah yang diwajibkan oleh setiap penganut agama Islam baik laki-laki maupun perempuan. Zakat fitrah dibayarkan setahun sekali sebelum hari raya Idul Fitri dan diberikan kepada fakir miskin. Lantas bolehkah zakat fitrah diberikan kepada saudara sendiri dan orang tua yang masih terhitung sebagai fakir miskin?

Zakat fitrah dilakukan dengan tujuan mensucikan diri dan harta benda yang kita miliki setelah menunaikan ibadah puasa selama bulan ramadhan. Caranya adalah dengan memberikan beras atau makanan pokok kepada mereka yang berhak menerima zakat. Jika diberikan kepada orang tua sendiri, bagaimana hukumnya ya?

Zakat fitrah wajib dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang sudah dewasa, memiliki kelebihan bahan makanan pada hari raya Idul Fitri, dan menjumpai hari-hari bulan ramadhan sampai awal jatunya bulan Syawal. 

Besaran zakat fitrah dijelaskan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana tertuang dalam sebuah hadist Ibu Umar Ra, berbunyi Rasulullah saw mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau SAW memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim).

Orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah

Lantas siapa saja orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah? Bolehkah zakat fitrah diberikan kepada saudara sendiri dan orang tua?

Allah Swt menjelasakan secara rinci tentang orang-orang yang berhak menerima zakat dalam salah satu firman-Nya, 

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاء وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِّنَ اللّهِ وَاللّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ 

Artinya, “Sungguh zakat itu hanya untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah maha mengetahui, maha bijaksana,” (Surat At-Taubah ayat 60).


Berdasarkan keterangan tersebut maka bagaimana jika orang tua dan saudara dari yang membayar zakat termasuk orang-orang fakir dan miskin atau termasuk dari salah satu golongan orang-orang yang berhak menerima zakat di atas? 

Dikutib dari islam.nu.or.id, kitab Al-Majmu' ala Syarhil Muhadzab menjelaskan bahwa hukum zakat diberikan kepada saudara dan orang tua sendiri adalah tidak boleh. Utamanya orang tua dan sausara yang wajib untuk dinafkahinya. 

قوله (ولا يجوز دفعها الي من تلزمه نفقته من الاقارب والزوجات من سهم الفقراء لان ذلك انما جعل للحاجة ولا حاجة بهم مع وجوب النفقة) قال أصحابنا لا يجوز للإنسان أن يدفع إلى ولده ولا والده الذي يلزمه نفقته من سهم الفقراء والمساكين لعلتين (احداهما) أنه غني بنفقته (والثانية) أنه بالدفع إليه يجلب إلى نفسه نفعا وهو منع وجوب النفقة عليه 

Artinya, “Tidak boleh memberikan zakat kepada orang yang wajib untuk menafkahinya dari golongan kerabat dan para istri atas dasar bagian orang-orang fakir. Sebab bagian tersebut hanya diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan, dan tidak ada kebutuhan bagi para kerabat yang telah wajib dinafkahi".

Niat Zakat 

Adapun untuk melaksanakan zakat, harus dimulai dengan melafalkan niatnya terlebih dahulu. Berikut lafal niat zakat untuk diri sendiri. 

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Berikut lafal niat zakat untuk istri
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

Berikut niat zakat untuk anak laki-laki
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

Berikut niat zakat untuk anak perempuan
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku ……..(sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

Berikut niat zakat untuk diri sendiri dan seluruh keluarga
ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Demikian itu penjelasan bolehkah zakat fitrah diberikan kepada saudara sendiri dan orang tua. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #bolehkah #zakat #fitrah #diberikan #kepada #saudara #sendiri #orang

KOMENTAR