7 Tips Cara Memilih Buah Naga yang Sudah Matang, Perhatikan Jarak Sisik, Warna hingga Beratnya
ilustrasi buah naga. (freepik.com)
08:36
23 Maret 2024

7 Tips Cara Memilih Buah Naga yang Sudah Matang, Perhatikan Jarak Sisik, Warna hingga Beratnya

–Bingung memilih buah naga yang benar-benar sudah matang? Bagaimana cara tepat mengetahui kematangannya? Ini dia langkah yang dapat Anda lakukan ketika hendak membeli buah naga.

Buah naga merupakan buah dari beberapa jenis kaktus yang termasuk dalam marga Hylocereus dan Selenicereus. Kaktus ini tumbuh di berbagai wilayah, termasuk Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Budi daya buah naga saat ini juga sudah memasuki negara-negara Asia, seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, dan Indonesia. Buah naga memiliki dua jenis yang dibedakan pada warna kulitnya. Varietas berkulit merah mempunyai daging buah berwarna putih atau merah, sedangkan varietas berkulit kuning mempunyai daging buah berwarna putih.

Apapun jenisnya, kita dapat mengetahui apakah buah sudah matang dengan melihat atau memegang sebelum dimakan. Namun mungkin dua cara itu belum cukup untuk menentukan kematangan dan kualitas buah naga yang pas.

Kali ini akan disajikan 7 tips praktis untuk membantu kamu memilih buah naga yang matang dan berkualitas melansir dari akun X Eat Simple @bolehapanih.

  1. Perhatikan Warna Kulit

Pilihlah buah naga dengan warna kulit yang cerah dan merata. Hindari buah naga yang memiliki noda hitam atau lekukan yang tidak biasa, karena itu bisa menjadi tanda buah yang tidak segar.

  1. Sentuh Kulitnya

Sentuh buah naga dengan lembut untuk merasakan tekstur kulitnya. Buah naga yang matang seharusnya terasa sedikit kenyal ketika ditekan dengan lembut. Hindari buah naga yang terlalu keras atau terlalu lunak.

  1. Cium Aromanya

Cobalah mencium aroma buah naga di dekat ujungnya. Buah naga yang sudah matang cenderung memiliki aroma manis yang khas. Hindari buah naga yang tidak memiliki aroma atau tercium bau yang tidak sedap.

  1. Perhatikan Bagian Ujungnya

Periksa bagian ujung buah naga. Buah naga yang matang cenderung memiliki ujung yang sedikit lunak. Namun, pastikan tidak ada tanda-tanda busuk atau kerusakan di bagian ini.

  1. Warna Sisik

Tidak perlu khawatir jika pinggiran sisik berwarna hijau. Warna hijau pada sisik bukan berarti buah belum matang, namun pertanda bahwa buah segar dan baru dipetik.

Justru sisik buah naga yang warnanya mulai kuning atau mengering dan kulit buah kelihatan layu berarti buah sudah lama dipajang (kurang segar).

  1. Perhatikan Jarak Sisik

Pengguna media sosial X @melanieppuchino juga membagikan pengalamannya dalam memilih buah naga yang matang. Apabila jarak antara sisik buah naga rapat, hal tersebut menandakan buah dipanen sebelum tua di pohon. Buah naga dengan ciri seperti itu cenderung memiliki rasa kecut atau masam.

Pilih buah naga dengan sisik yang jaraknya cenderung jauh dan lebar dengan sisik lainnya. Buah naga dengan ciri sisik ini biasanya memiliki rasa manis alami karena dipanen saat sudah tua di pohon.

  1. Pilih Buah yang Beratnya Ideal

Pilihlah buah naga yang terasa berat untuk ukurannya. Berat yang lebih besar menunjukkan bahwa buah naga tersebut memiliki lebih banyak daging dan air, yang merupakan tanda kematangannya.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #tips #cara #memilih #buah #naga #yang #sudah #matang #perhatikan #jarak #sisik #warna #hingga #beratnya

KOMENTAR