Rekam Jejak Politik Ahmad Dhani, Kini Lolos Senayan Padahal Dulu Ogah Terjun
Tangkapan layar video musisi dan caleg Ahmad Dhani. [YouTube/AHMAD DHANI DALAM BERITA]
14:26
22 Maret 2024

Rekam Jejak Politik Ahmad Dhani, Kini Lolos Senayan Padahal Dulu Ogah Terjun

Ahmad Dhani berhasil meraih kursi di DPR RI. Hal itu didasarkan pada hasil rekapitulasi untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I, Partai Gerindra mengoleksi suara terbanyak di antar partai politik lainnya dengan jumlah 543.677 coblosan.

Tak hanya dirinya, beberapa deretan artis juga berhasil lolos ke Senayan. Diantaranya adalah Rano Karno, Eko Patrio, Once Mekel, Uya Kuya, Melly Goeslow dan masih banyak lagi.

Tentu saja kabar lolosnya Ahmad Dhani ini, membuat publik penarasan mengenai rekam jejaknya selama terjun ke dunia politik. Berikut ulasannya.

Rekam Jejak Politik Ahmad Dhani

Pemilik nama lengkap Ahamd Dhani Prasetyo ini lahir di Surabaya, 26 Mei 1972. Ia dikenal apda era 1990 lewat grup musiknya, Dewa 19.

Kontroversinya dengan ormas FPI juga sempat heboh pada zamannya. Pada saat itu pula belum ada isu kuat kalau Ahmad Dhani ini akan berpolitik praktis.

Kala itu ia pernah menyatakan keengganannya terjun ke dunia politik, meski mengklaim sudah didekati Partai Golkar.

"Saya sih nggak berminat. Kalau saya mau, sudah dari dulu saya bisa jadi," ujar Dhani pada tahun 2012.

Niat politik Dhani mulai diketahui publik pada 2015. Politikus Fahri Hamzah yang saat dulu menjadi Wakil Ketua DPR dari PKS menasihati Dhani agar mengurungkan niat maju Pilkada.

Dhani dan Fahri saat itu memang berada dalam kelompok politik yang sama, yakni pendukung Prabowo Subianto. Pada masa Pilpres 2014, Dhani mengambil sikap politik mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Radjasa untuk menang melawan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla.

Pada tahun 2016, menjadi momen Ahmad Dhani benar-benar terjun ke dunia politik. Saat itu ia mendeklarasikan diri sebagai calon wakil bupati Bekasi mendampingi Sa'duddin sebagai calon bupati Bekasi.

Saat isu penistaan agama yang dilakukan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyeruak, Dhani juga mengambil sikap politik. Dhani ikut aksi-aksi yang memprotes penistaan agama. Aksi itu digelar bersama FPI, ormas yang dulu sempat mempermasalahkan sampul album Dewa 19.

Pada tahun 2017, akhirnya Ahmad Dhani resmi menjadi kader Partai Gerindra. Dia menerima kartu tanda anggota (KTA) Gerindra lewat konferensi dan temu kader Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, saat itu.

Kemudian, Dhani maju menjadi calon anggota legislatif (caleg) DPR tapi gagal melenggang ke Senayan.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #rekam #jejak #politik #ahmad #dhani #kini #lolos #senayan #padahal #dulu #ogah #terjun

KOMENTAR