7 Hal yang Membuat Kehadiran Anda Disukai oleh Orang Lain Dalam Sekejap, Adakah Salah Satunya pada Diri Anda?
Ilustrasi kehadiran seseorang mudah disukai oleh orang di sekitarnya. (Freepik/gpointstudio)
10:36
22 Maret 2024

7 Hal yang Membuat Kehadiran Anda Disukai oleh Orang Lain Dalam Sekejap, Adakah Salah Satunya pada Diri Anda?

- Dalam kehidupan sosial, kemampuan untuk membuat kehadiran Anda disukai oleh orang lain adalah keterampilan yang sangat berharga. Terkadang, hanya dalam hitungan detik, Anda bisa membuat kesan yang kuat pada orang lain, sehingga kehadiran Anda cenderung mudah disukai oleh orang lain dalam sekejap.

Tetapi, apa yang membuat seseorang dianggap menyenangkan oleh orang lain dalam waktu singkat?

Dilansir dari Next Big Idea Club pada Kamis (21/3), terdapat 7 faktor utama yang dapat membuat kehadiran Anda disukai oleh orang lain dalam waktu sekejap saja.

1. Anda tidak menghakimi orang lain

Tidak menghakimi orang lain merupakan salah satu sifat yang membuat seseorang menjadi lebih disukai oleh lingkungan sekitarnya.

Orang yang tidak mudah untuk menghakimi orang lain cenderung lebih terbuka pikirannya, mudah diajak berbicara, dan lebih mampu memahami sudut pandang orang lain.

Hal ini karena mereka mau mendengarkan tanpa membentuk pendapat atau argumen terlebih dahulu. Untuk melakukannya, Anda harus melihat dunia dari sudut pandang orang lain dan mencoba memahami apa yang membuat orang lain bertindak seperti itu.

Ini bukan berarti Anda harus setuju dengan mereka atau mengubah pendapat Anda, tetapi Anda hanya perlu untuk berhenti menghakimi dan membiarkan orang lain menjadi diri mereka sendiri.

Oleh karena itu, Anda cenderung lebih disenangi dan dihormati oleh lingkungannya karena sikap Anda yang toleran dan menghargai keragaman pendapat.

2. Anda tulus dan jujur

Orang yang jujur dan tulus cenderung lebih disukai oleh orang lain. Orang menyukai Anda yang menunjukkan keaslian dan kejujuran karena itu membuat mereka merasa bisa percaya pada Anda

Orang yang memiliki identitas yang jelas dan percaya diri dengan diri sendiri lebih menarik daripada orang yang mencoba menjadi sesuatu yang bukan diri sendiri dan hanya untuk mendapatkan pengakuan atau validasi dari orang lain.

3. Anda tidak suka mencari perhatian

Anda tidak perlu memiliki kepribadian yang besar dan menonjol untuk disukai oleh orang lain. Cukup dengan bersikap ramah dan perhatian pada orang lain, Anda sudah bisa memenangkan hati orang lain.

Ketika berbicara, lakukan dengan ramah, percaya diri, dan singkat, sehingga orang lain lebih cenderung mendengarkan dan terpengaruh oleh Anda.

Ketika mendapat perhatian, misalnya atas pencapaian Anda, luangkan waktu untuk mengakui kontribusi orang lain yang turut membantu Anda mencapai kesuksesan tersebut.

Sikap ini menunjukkan bahwa Anda bersyukur dan rendah hati, dimana dua hal ini penting yang membuat orang lain lebih cenderung menyukai Anda.

4. Anda meninggalkan kesan pertama yang kuat

Ini berarti bahwa orang sering kali membuat penilaian cepat tentang apakah mereka menyukai Anda atau tidak, hanya dalam beberapa detik pertama bertemu. Setelah itu, mereka cenderung membenarkan penilaian awal mereka sepanjang percakapan. Jadi, kesan pertama yang baik sangat penting.

Postur tubuh yang kokoh, jabatan tangan yang mantap, senyuman, dan kontak mata yang kuat adalah contoh-contoh bahasa tubuh positif yang dapat membantu menciptakan kesan pertama yang positif.

5. Anda menyapa orang lain dengan nama mereka

Hal ini karena nama seseorang merupakan bagian penting dari identitasnya, dan ketika Anda menggunakan nama mereka saat menuapanya, itu membuat mereka merasa dihargai dan diakui.

Menyebut nama seseorang saat bertemu dengannya tidak hanya membuatnya merasa diperhatikan, tetapi juga membantu memperkuat hubungan sosial.

Jika Anda sulit mengingat nama orang, Anda bisa berlatih dengan mengulangi nama tersebut dalam percakapan atau mencari cara kreatif untuk mengingatnya, karena menggunakan nama seseorang untuk menyapa dapat meningkatkan daya tarik dan kesan positif Anda pada orang lain.

6. Anda tersenyum pada mereka saat berbicara

Ini berarti bahwa orang cenderung meniru ekspresi wajah dan bahasa tubuh orang yang mereka ajak bicara. Jadi, jika Anda tersenyum saat berbicara dengan seseorang, mereka kemungkinan besar akan merasa senang dan cenderung membalas senyuman Anda.

Hal ini dapat membantu membangun suasana yang positif dan membuat interaksi menjadi lebih menyenangkan.

7. Anda menggunakan bahasa tubuh yang positif

Anda menggunakan bahasa tubuh yang positif dimana hal ini meliputi gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara saat berbicara.

Misalnya, Anda menggunakan nada suara yang antusias, menjaga sikap tubuh terbuka dengan tidak melipat tangan, mempertahankan kontak mata, dan mengarahkan tubuh ke arah orang yang sedang berbicara.

Semua ini adalah bentuk-bentuk bahasa tubuh positif yang menarik perhatian orang lain. Bahasa tubuh yang positif dapat membuat komunikasi lebih efektif dan membangun koneksi yang lebih baik dengan orang lain.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #yang #membuat #kehadiran #anda #disukai #oleh #orang #lain #dalam #sekejap #adakah #salah #satunya #pada #diri #anda

KOMENTAR