Heboh Kahiyang Ayu Jadi Tokoh Nasional, Intip Lagi Deretan Jasa Perempuan Hebat Terdahulu
Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dengan Balutan Busana Adat Batak. (Instagram)
08:41
21 Maret 2024

Heboh Kahiyang Ayu Jadi Tokoh Nasional, Intip Lagi Deretan Jasa Perempuan Hebat Terdahulu

Setelah sang suami, Bobby Nasution dikukuhkan sebagai Tokoh Nasional Tapanuli Bagian Selatan, rupanya Kahiyang Ayu juga ikut menyusul. Putri Presiden Joko Widodo alias Jokowi ini rupanya resmi dinobatkan sebagai Tokoh Nasional Padang Sidempuan.

Penetapan Kahiyang Ayu menjadi tokoh nasional ini langsung menjadi sorotan dan menuai banyak kritik, salah satunya dari Jhon Sitorus. Dalam kritiknya, ia mempertanyakan prestasi Kahiyang Ayu. Pasalnya, untuk menjadi tokoh nasional, seharusnya istri Bobby Nasution ini memiliki suatu prestasi luar biasa .

"(Kahiyang Ayu) tanpa rekam jejak partisipasi, tanpa karya, tanpa kontribusi, tanpa ide, pikiran dan gagasan, tiba-tiba bisa jadi tokoh nasional Pikirannya apa? Gagasannya apa? Karyanya apa? Pengaruhnya (Kahiyang) selama hidup atas dirinya sendiri apa? Nggak ada yang tahu," tulis Jhon Sitorus.

Terkait penunjukan sebagai tokoh nasional, hal tersebut tidak dilakukan secara sembarangan. Beberapa tokoh nasional, khususnya perempuan, telah memberikan kontribusi luar biasa bagi Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh tokoh nasional perempuan beserta peran mereka yang signifikan dalam sejarah Indonesia, seperti yang dikutip dari NU Online.

Fatmawati

Memiliki peran penting sebagai istri Ir. Soekarno. Dia terkenal karena menjahit Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan saat pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Raden Ajeng Kartini

RA Kartini. (Istimewa)RA Kartini. (Istimewa)

seorang pejuang hak-hak perempuan dan pendidikan bagi kaum perempuan pada awal abad ke-20.

Cut Nyak Dien

Seorang pahlawan asal Aceh yang berperang melawan penjajah Belanda.

Dewi Sartika

Berjuang dalam pemberdayaan perempuan dan pendidikan di Jawa Barat dengan mendirikan Sekolah Istri.

Rohana Kudus

Wartawan perempuan pertama Indonesia yang juga aktif dalam memperjuangkan hak pendidikan bagi perempuan.

Selain itu, ada juga tokoh nasional perempuan lainnya seperti Hajjah Rangkayo Rasuna Said, Cut Meutia, Martha Christina Tiahahu, Siti Walidah, dan lain-lain.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #heboh #kahiyang #jadi #tokoh #nasional #intip #lagi #deretan #jasa #perempuan #hebat #terdahulu

KOMENTAR