Tipe Kepribadian ISTJ Paling Banyak Populasinya Menurut MBTI, Simak Sisi Buruk dan Kelebihan ISTJ
Tipe Kepribadian ISTJ Paling Banyak Populasinya Menurut MBTI, Simak Sisi Buruk dan Kelebihan ISTJ (
08:18
21 Maret 2024

Tipe Kepribadian ISTJ Paling Banyak Populasinya Menurut MBTI, Simak Sisi Buruk dan Kelebihan ISTJ

The Myers-Briggs Company (MBTI) telah mengidentifikasikan beberapa tipe kepribadian langka yang dimiliki oleh manusia.

Kepribadian langka tersebut salah satunya adalah ISTJ atau introversion (I), sensing (S), thinking (T), dan judging (J).

ISTJ merupakan salah satu tipe kepribadian MBTI yang memiliki populasi terbanyak dari beberapa tipe kepribadian yang langka menurut mereka.

Total populasi yang dilansir dari laman MBTI Online yakni sebesar 15,9 persen dari populasi di dunia.

Sementara itu untuk populasi perempuan dengan tipe kepribadian ISTJ sebesar 13,3 populasi, sedangkan untuk pria sebesar 18,9 persen.

Sejauh ini tipe kepribadian ini yang paling umum dari 16 tipe kepribadian menurut MBTI. Hampir 16 persen orang di dunia mengidentifikasi diri sebagai ISTJ.

Berdasarkan informasi dari MBTI Online yang dikutip oleh JawaPos.com (21/2) bahwa orang dengan tipe kepribadian ISTJ mengandalkan pengalaman masa lalu ketika mengambil keputusan.

Tegas, fokus, dan efisien, mereka tertarik menyerap informasi yang akan meningkatkan pekerjaan mereka.

ISTJ lebih suka memperkuat hubungan mereka saat ini daripada mencari hubungan baru. Mereka cenderung memainkan hal-hal yang hits atau populer dalam hidup mereka, menemukan kegembiraan dan kenyamanan dalam hal-hal yang mereka sukai.

Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang dapat diandalkan, terus terang, dan logis.

Mereka suka bekerja dengan proses yang jelas, cenderung berpegang pada apa yang berhasil, dan biasanya belajar dari kesalahan mereka.

Mereka mengandalkan fakta dan angka sehingga mereka dapat melakukan yang terbaik dalam tugas apa pun.

ISTJ ingin mendapatkan petunjuk langkah demi langkah yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan sehingga mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan benar pada kali pertama.

Mereka suka mengembangkan ikatan yang kuat dan setia dengan orang-orang dalam kehidupan mereka dan cenderung tradisional dalam keinginan mereka untuk memiliki unit keluarga yang kuat.

Struktur nilai dan logika ISTJ bisa terlihat kaku dalam pendekatan mereka terhadap dunia. Jika keadaan tak terduga menghalangi pendekatan mereka, mereka bisa menjadi jengkel atau stres.

Akibatnya, ISTJ mungkin terlalu kritis terhadap orang-orang yang mempunyai ide atau cara berbeda dalam melakukan sesuatu.

Dan karena mereka cenderung lebih fokus pada tugas daripada hubungan antarpribadi, mereka dapat dianggap tidak bersifat pribadi.

Ketika keadaan mengganggu cara mereka melakukan sesuatu, ISTJ cenderung merasa kewalahan dan stres.

Perubahan rencana yang tiba-tiba, terpaksa menyimpang dari rutinitas, dan ketidakpastian dalam situasi tertentu dapat menyebabkan stres berat pada ISTJ.

ISTJ cenderung tidak menyukai perintah tidak langsung dan informasi yang tidak jelas atau tidak jelas. Kekacauan dan kekacauan seringkali membuat mereka merasa stres.

Mereka mungkin merasa kesal jika mereka merasa bahwa pendekatan logis mereka ditentang atau ditolak oleh orang lain.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tipe #kepribadian #istj #paling #banyak #populasinya #menurut #mbti #simak #sisi #buruk #kelebihan #istj

KOMENTAR