Kapan Sebaiknya Kita Perlu Mengganti Sprei Kamar Tidur? Inilah Waktu yang Tepat Agar Terhindar dari Penyakit
Waktu ideal mengganti sprei (sumber: Free Photo | Woman making the bed medium shot (freepik.com) )
14:20
16 Maret 2024

Kapan Sebaiknya Kita Perlu Mengganti Sprei Kamar Tidur? Inilah Waktu yang Tepat Agar Terhindar dari Penyakit

- Kamar tidur kiranya jadi tempat paling nyaman bagi banyak orang setelah melakukan aktivitas seharian yang penat. Kebanyakan dari kita pun berpikir jika kamar tidur adalah tempat yang paling bersih karena digunakan hanya untuk beristirahat.

Sayangnya, adanya pola pikir ini membuat kita cenderung meremehkan kebersihan di dalam kamar tidur. Salah satu yang kerap diremehkan adalah mengganti sprei secara rutin.

Tahukah kamu, jika jarang mengganti sprei akan menyebabkan penyakit bagi tubuh? Meski tampak bersih, sprei yang jarang diganti berpotensi menimbulkan penyakit bagi tubuh.

Penelitian yang dilakukan oleh Phillip Temio dari New York University School of Medicine menunjukkan jika sprei adalah salah satu benda di dalam rumah yang kaya akan bakteri dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Sprei mungkin akan tampak bersih meskipun sudah dipakai hingga berminggu-minggu. Namun, tanpa kita sadari terdapat banyak sekali kotoran, kuman, dan bakteri yang berbahaya.

Kemudian, berapa sering sebaiknya kita mengganti sprei? Berikut beberapa panduan yang bisa kamu ikuti:

Ganti Sprei Setiap Minggu atau Paling Lama Dua Minggu Sekali

Neuroscientist, dr. Lindsay Browning, merekomendasikan untuk mengganti sprei setiap minggu atau paling lama dua minggu sekali.

Jika lebih dari itu, debu, keringat, dan kotoran dapat menumpuk, dan tungau bisa berkembang biak.

Kotoran yang menumpuk pada sprei akan membuat tungau dengan mudah berkembang biak memakan sel kulit mati manusia dan memanfaatkan keringat yang terjebak di sprei sebagai sumber makanan mereka.

Tungau sendiri dapat berbahaya bagi tubuh karena mampu menyebabkan reaksi alergi, ruam kulit, jerawat, dan masalah pernapasan seperti asma.

Manfaat Mengganti Sprei Secara Rutin

1. Terhindar dari debu dan partikel kecil yang menumpuk.

Sprei yang terlihat sangat bersih sekali pun bisa menjadi sarang debu, tungau, kutu kasur, bakteri, serta jamur yang mungkin tidak terlihat oleh mata telanjang. Partikel-partikel tersebut dapat saja memicu iritasi pada kulit.

Kotoran di atas sprei juga bisa datang dari tubuh kita sendiri. Sel-sel kulit mati yang melepaskan dari tubuh kita dapat menumpuk di kasur.

Perlu diketahui kutu debu menyukai sel-sel kulit mati ini dan bisa berkembang di bawah sprei jika jarang dibersihkan.

2. Terhindar dari Skabies

Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan karena adanya kutu di tempat tidur yang kotor. Dengan mengganti sprei secara rutin, kita akan menimimalisir terjangkitnya skabies.

3. Tidur Lebih Nyaman.

Tempat tidur yang bersih menciptakan tentu akan membuat kualitas tidur lebih baik dan nyaman.

Umur Pakai Sprei

Umur pakai sprei bervariasi tergantung pada kualitas bahan dan frekuensi penggunaan. Berikut dapat kamu jadikan gambaran terkait ideal umur sprei kamar tidur:

1. Sprei Katun: Sprei katun biasanya tahan lama dan dapat digunakan selama 2 hingga 3 tahun jika dirawat dengan baik. Pastikan untuk mencuci sprei secara teratur agar tetap bersih dan awet.

2. Sprei Poliester: Sprei poliester cenderung memiliki ketahanan lebih lama daripada katun. Umur pakainya bisa mencapai 3 hingga 5 tahun atau lebih, tergantung pada kualitas dan perawatan.

3. Sprei Anti-Alergi atau Anti-Tungau: Jika kamu memiliki sprei yang dirancang khusus untuk mengurangi risiko alergi atau infestasi tungau, pastikan untuk menggantinya setiap 1 hingga 2 tahun.

4. Perawatan: Agar sprei tetap awet, cuci secara teratur sesuai petunjuk pada label. Hindari pemakaian berlebihan dan jangan terlalu keras saat mencuci.

Jika Anda tidak membersihkan sprei sesering yang disarankan para ahli, kamu dapat saja beresiko terkena penyakit seperti yang telah dijelaskan. Oleh karena itu, mengapa tidak mulai membersihkan tempat tidur lebih teratur hari ini dan dengan cepat mulai merasakan manfaatnya?

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kapan #sebaiknya #kita #perlu #mengganti #sprei #kamar #tidur #inilah #waktu #yang #tepat #agar #terhindar #dari #penyakit

KOMENTAR