Pendidikan Erina Gudono Vs Kustini Sri Purnomo Bupati Sleman Petahana, Siapa Paling Moncer?
Erina Gudono dan Kustini Sri Purnom Bupati Sleman Petahana [Instagram]
13:34
12 Maret 2024

Pendidikan Erina Gudono Vs Kustini Sri Purnomo Bupati Sleman Petahana, Siapa Paling Moncer?

Istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono dikabarkan akan masuk dalam bursa calon Bupati Sleman. Hal ini terungkap usai percakapan Kaesang di podcast bersama Kiky Saputri di Podkes Disini Pencitraan (PDP) yang diunggah pada 25 Juni 2023 lalu.

Dalam podcast tersebut, Kiky pun sempat melontarkan pertanyaan soal rencana apakah Erina juga akan mengikuti jejak sang suami untuk berpolitik. Kaesang pun spontan menjawab pertanyaan Kiky.

"Kayanya lebih cocok (berpolitik) di Sleman ya," ucap Kaesang.

Hal ini pun lantas jadi perbincangan. Terlebih lagi, saat ini muncul beberapa nama yang juga disebut akan siap berkompetisi untuk merebut kursi Bupati Sleman. Salah satunya ialah petahana Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. Kustini pun tercatat sebagai bupati perempuan pertama dengan jabatan terlama di Sleman. 

Kini, banyak warganet yang membandingkan latar pendidikan Erina Gudono dan Kustini Sri Purnomo yang disebut akan segera mencalonkan diri sebagai calon Bupati Sleman pada Pilkada 2024 mendatang. 

Simak inilah beda pendidikan Erina Gudono dan Kustini Sri Purnomo selengkapnya.

Pendidikan Erina Gudono

Menantu Presiden Jokowi ini menghabiskan masa pendidikannya di Yogyakarta. Erina diketahui sebagai alumni dari SMAN 3 Yogyakarta. Erina kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Gadjah Mada (UGM) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selama melanjutkan pendidikan di UGM, Erina termasuk mahasiswa aktif dan berprestasi. Erina "langganan" sebagai pemenang berbagai kompetisi bisnis. Ia juga pernah mengikuti pertukaran pelajar di Showa Woman's University Japan pada tahun 2018 dan menjalani short course di The Chinese University of Hongkong.

Erina berhasil lulus dari UGM pada tahun 2018. Karier Erina setelah lulus kuliah tergolong cemerlang. Ia pernah berkarier di berbagai perusahaan ternama seperti P&G, Tokopedia, Bank Indonesia, dan JP Morgan.

Pada tahun 2022, Erina diterima di salah satu kampus ternama di dunia yaitu Columbia University di program Master of Public Administration. 

Namun, Erina memilih untuk cuti berkuliah dari Columbia karena kesibukannya menemani sang suami berkegiatan di Indonesia.

Pendidikan Kustini Sri Purnomo

Berbeda dengan Erina yang berfokus pada pendidikan di dunia ekonomi, Kustini Sri Purnomo ternyata merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Tak hanya itu, Kustini juga merupakan sarjana Usluhuddin dari Fakultas Perbandingan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sebelum menjabat sebagai Bupati Sleman, Kustini merupakan istri dari Bupati Sleman terdahulu periode 2016-2021, yaitu Sri Purnomo. Selama sang suami menjabat sebagai bupati, Kustini aktif dalam mengikuti kegiatan kemasyarakatan dan organisasi.

Saat itu, Kustini menjadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Sleman, Tim Penggerak dari PKK Kabupaten Sleman, Ketua Perwosi di Kabupaten Sleman, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Sleman, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sleman.

Kustini juga bergabung dengan perkumpulan Dharma Wanita Kabupaten Sleman. Menjelang masa akhir jabatan sang suami pada tahun 2020 lalu, Kustini akhirnya mencalonkan diri sebagai Bupati Sleman periode 2021-2026 dan menjabat hingga kini.

Sebagai salah satu pejabat petahana di Sleman, Kustini dikabarkan akan kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Sleman.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #pendidikan #erina #gudono #kustini #purnomo #bupati #sleman #petahana #siapa #paling #moncer

KOMENTAR