Memasukkan Benda ke 5 Lubang Tubuh Ini Bisa Bikin Puasa Batal, Begini Penjelasan Lengkap Buya Yahya
Ilustrasi kajian hukum patungan hewan kurban menurut Buya Yahya (YouTube/Al-Bahjah TV)
10:50
8 Maret 2024

Memasukkan Benda ke 5 Lubang Tubuh Ini Bisa Bikin Puasa Batal, Begini Penjelasan Lengkap Buya Yahya

Umat Islam sedang bersiap untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadan selama satu bulan penuh. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui beberapa hal yang dapat membatalkan puasa.

Menurut Buya Yahya, ada sembilan hal yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadan, satu di antaranya adalah memasukkan sesuatu ke dalam lima lubang yang ada di bagian tubuh.

Berikut penjelasan Buya Yahya mengenai lima bagian tubuh yang dapat membatalkan puasa apabila sesuatu masuk ke dalamnya, dikutip dari kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Kamis (7/3/2024).

1. Lubang Mulut

Buya Yahya menjelaskan bila hal yang bisa membatalkan puasa adalah menelan sesuatu dari dalam mulut. Namun, jika sesuatu tersebut hanya masuk ke mulut dan tidak ditelan maka puasa tidak batal.

"Yang dimaksud memasukkan ke lubang mulut adalah nelannya. Selagi tidak ditelan tidak batal. Misalnya ibu-ibu iseng langsung masukkan es krim ke mulutnya, batal tidak? Tidak batal asal tidak ditelan," jelas Buya Yahya.

"Memang tidak batalkan kalau hanya masuk ke mulut, yang batal ditelan. Makanya kalau berwudu tetap disunahkan berkumur. Anda kalau wudu tetap sunah berkumur, asalkan setelah kumur dibuang," imbuhnya.

2. Lubang Hidung

Buya Yahya mengungkapkan bila memasukkan sesuatu ke lubang hidung bisa membatalkan puasa. Batasan lubang hidung ini adalah bagian yang jika kita masukkan air maka akan terasa panas.

"Yang dimaksud masukan lubang hidung adalah kalau kita masukkan sesuatu yang sesuatu itu kalau seandainya air itu akan kita rasakan nyegrak panas. Jadi adapun di hidung bawah sini itu tidak membatalkan puasa," ujar Buya Yahya.

Pendakwah kondang ini juga menjelaskan jika mengupil tidak termasuk hal yang membatalkan puasa, meskipun memang jari kita masuk ke dalam lubang hidung.

"Kabar gembira bagi yang punya hobi ngupil. Anda bebas ngupil, tidak membatalkan puasa, tapi tolong jangan di depan umum. Jangan salah, sebab namanya memasukan," terang Buya Yahya.

3. Lubang Telinga

Puasa bisa batal bila kita memasukkan sesuatu ke dalam lubang telinga. Namun, yang dimaksud dengan lubang telinga ini adalah bagian yang tak bisa dijangkau oleh jari kelingking.

"Yang ketiga adalah masukkan ke lubang telinga, dalamnya bukan luarnya. Dalamnya itu mana? Yang tidak bisa dijangkau oleh kelingking, selagi masih bisa dijangkau oleh kelingking itu masih luar," terang Buya Yahya.

4. Lubang Buang Air Kecil

Masuknya sesuatu ke dalam lubang buang air kecil juga bisa membatalkan puasa menurut Buya Yahya. Entah itu dilakukan karena hal darurat ataupun disengaja.

"Seorang laki-laki membuka lubang ditetesi air, batal. Seorang ibu dikasih kapsul, dikasih obat, maka termasuk mohon maaf (batal)," terang Buya Yahya.

5. Lubang Buang Air Besar

Terakhir, memasukkan sesuatu ke dalam lubang air besar atau lubang belakang juga dapat membatalkan puasa. Hukumnya sama seperti saat memasukan sesuatu ke lubang buang air kecil.

Lebih lanjut, delapan hal lain yang bisa membatalkan puasa Ramadan adalah muntah dengan sengaja, bersenggama, keluar air mani dengan sengaja, hilang akal, haid, melahirkan, nifas, dan murtad.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #memasukkan #benda #lubang #tubuh #bisa #bikin #puasa #batal #begini #penjelasan #lengkap #buya #yahya

KOMENTAR