Sederet Nama yang Masuk Bursa Cagub Jateng, Siapa yang Bakal Jadi Penerus Ganjar?
Kolase Politisi Gerindra, Sudaryono dan Kepala LKPP Hendrar Prihadi. [Kolase Suara.com]
15:43
7 Maret 2024

Sederet Nama yang Masuk Bursa Cagub Jateng, Siapa yang Bakal Jadi Penerus Ganjar?

Setelah perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) usai digelar, kini masyarakat bersiap untuk menghadapi pesta demokrasi lagi tahun ini, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemungutan suara pilkada serentak 2024 akan diselenggarakan pada 27 November 2024. Salah satu daerah yang menjadi sorotan dalam pilkada serentak tahun ini adalah Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Sebelumnya, Jateng dipimpin oleh Ganjar Pranowo selama dua periode sejak 2013. Kini warga Jateng bersiap untuk memilih pemimpinnya yang baru.

Sejumlah nama sudah muncul dan disebut-sebut akan maju menjadi calon gubernur Jateng. Siapa sajakah mereka? simak ulasannya berikut ini

Hendrar Prihadi

Hendrar Prihadi adalah politisi dari PDI Perjuangan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wali Kota Semarang. Posisi itu sudah ia pegang sejak 2011, ketika ia menjadi Plt Wali Kota Semarang. Ia lalu berhasil memegang jabatan tersebut selama dua periode, hingga 2022.

Karier politiknya dimulai ketika ia menjadi anggota DPRD Jawa Tengah periode 2009-2010. Kini ia menjabat sebagai Kepala LKPP sejak 2022, menggantikan Abdullah Azwar Anas.

Dico Ganinduto

Dico Ganinduto merupakan Bupati Kendal periode 2021-2024 dari Partai Golongan Karya. Usianya masih relatif muda, yakni kelahiran 19 Februari 1990.

Sebelumnya ia merupakan pengusaha. Namun Dico memutuskan untuk terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI pada 2018.

Pada 26 Februari 2021, DIco dilantik sebagai Bupati Kendal bersama wakilnya Windu Suko Basuki. Pasangan tersebut didukung oleh Partai Golkar, Demokrat, PKS, PAN dan Perindo.

Abdul Kadir Karding

Abdul Kadir Karding merupakan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia bergabung  dengan PKB di penghujung era 1990-an. Pada 2014, Abdul kadir Karding berhasil memegang jabatan Sekretaris Jenderal DPP PKB.

Ia merupakan politikus kelahiran DOnggala, SUlawesi Tengah pada 25 Maret 1973. Ketika usianya 26 tahun, ia terpilih menjadi anggota DPRD Jawa tengah dan menjadi Ketua Komisi E. Di DPR RI, ia sudah berkiprah selama tiga periode, yakni 2009-2014, 2014-2019 dan 2019-hingga kini.

Sudaryono

Sudaryono kini menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah. Ia merupakan mantan asisten pribadi (aspri) Prabowo Subianto.

Selain berpolitik, ia juga aktif di sejumlah organisasi, diantaranya sebagai Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), dan juga Ketua Dewan Penasihat Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA). Sudaryono juga tercatat sebagai CEO di Garuda TV.

Karier politiknya diawali ketika menjadi ajudan atau asisten Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sederet #nama #yang #masuk #bursa #cagub #jateng #siapa #yang #bakal #jadi #penerus #ganjar

KOMENTAR