Kembali Gelar National Breakfast Day, McD Bagikan Gratis Ribuan Menu Sarapan Atas Nama Kemanusiaan
McDonald's Indonesia Gelar National Breakfast Day. (Suara.com/Lilis Varwati)
15:14
4 Maret 2024

Kembali Gelar National Breakfast Day, McD Bagikan Gratis Ribuan Menu Sarapan Atas Nama Kemanusiaan

Restoran cepat saji McDonald's Indonesia kembali gelar program National Breakfast Day (NBD) yang ke-12. Selama 12 tahun berturut-turut, McDonald's atau McD konsisten membuat program promo menu sarapan kepada pelanggannya. Khusus tahun ini, program tersebut dibuat berbeda dengan membagikan menu sarapan secara gratis.

Associate Director of Marketing McDonald's Caroline Kurniadjaja mengatakan, pelaksanaan NBD 2024 memang jadi yang paling berbeda karena pertama kalinya menu sarapan itu dibagikan secara cuma-cuma sebagai bentuk tindakan kemanusiaan.

"Tahun ini aksi NBD dilakukan untuk kemanusiaan. Kalau tahun sebelumnya, selama tiga tahun terakhir kita beri sarapan gratis tapi dengan minimal pembelian kopi, tapi tahun ini tanpa syarat. Jadi kita bagikan 500 chicken muffin di 313 restoran, konsumen bisa datang tukarkan kupon tanpa pembelian apa pun. Buat kami itu menjadi aksi kemanusiaan," kata Caroline saat konferensi pers di McD Salemba, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Program NBD itu mulanya juga dilakukan oleh McD di lebih dari 20 negara lainnya. Hanya saja, sampai sekarang hanya Indonesia yang masih konsisten menggelar NBD hingga tahun ke-12. Menurut Caroline, alasan program ini terus diadakan karena masyarakat Indonesia masih banyak yang menyepelekan pentingnya sarapan.

"Yang kami harapkan McD bisa berikan edukasi untuk membiasakan konsumen sebelum mulai aktivitas dengan sarapan. Supaya meluangkan waktu untuk sarapan. Makanya secara konsisten kita lakukan program ini," imbuhnya.

Program itu selalu diadakan setiap tahun pada hari Senin pertama di bulan Maret. Tahun ini, McD menggunakan sistem kupon yang dibagikan kepada pelanggan pada pukul 6-11 pagi. Kupon itu bisa ditukarkan dengan satu menu chicken muffin khusus hari ini, 4 Maret 2024. Kemudian ada satu kupon lainnya berupa beli 1 gratis 1 chicken muffin yang bisa digunakan sampai 11 Maret nanti.

Setiap satu chicken muffin yang didapatkan secara gratis oleh konsumen, akan dijadikan bentuk donasi sebesar Rp5.000 oleh McD. Lantaran ada lebih dari 300 cabang McD di seluruh Indonesia yang ikut mengeluarkan 500 chicken muffin per resto, sehingga diperkirakan jumlah donasi yang terkumpul akan lebih dari Rp777 juta. Atau per cabang bisa mengumpulkan sampai Rp2,5 juta.

"Setiap chicken muffin yang dibagikan, McD akan menyumbangkan 5 ribu rupiah, dari 500 chicken jadi Rp2,5 juta. Lalu akan disalurkan ke yayasan yang terpilih oleh resto setempat," kata Caroline.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kembali #gelar #national #breakfast #bagikan #gratis #ribuan #menu #sarapan #atas #nama #kemanusiaan

KOMENTAR