Sering Unjuk Kebolehan Berbahasa Jepang, Siti Atikoh Memangnya Lulusan Jurusan Apa?
Potret Siti Atikoh dengan Wastra Nusantara (Instagram)
17:52
3 Maret 2024

Sering Unjuk Kebolehan Berbahasa Jepang, Siti Atikoh Memangnya Lulusan Jurusan Apa?

Siti Atikoh sering menuai sorotan dari publik berkat kemampuan public speaking-nya. Istri Ganjar Pranowo itu bahkan dalam beberapa acara tak segan unjuk kebolehan dalam berbahasa Jepang.

Seperti saat menjadi bintang tamu di konten YouTube Akbar Faizal, Siti Atikoh ditantang untuk berbicara dengan bahasa Jepang. Ia pun terlihat dengan lancar menerima tantangan tersebut.

"Hajimemashite watashi wa Atik desu, kyou wa watashi to Akbar Faisal dokoni Akbar Faisal Sensor. Yoroshiku onegaishimasu," ujar Siti Atikoh dikutip dari penggalan video yang beredar.

Kalimat yang dilontarkan oleh Siti Atikoh tersebut diketahui sempat menuai pro dan kontra. Pasalnya, ibu Alam Ganjar itu dinilai salah menggunakan pilihan kata dalam berbahasa Jepang.

Selanjutnya, Siti Atikoh juga sempat unjuk kebolehan dalam berbahasa Jepang ketika hadir di acara Internasional Symposium and Seminar On Japanese Studies In Indonesia yang digelar di UNS.

Potret Siti Atikoh Istri Ganjar Pranowo (Instagram)Potret Siti Atikoh Istri Ganjar Pranowo (Instagram)

Sebagai Dewan Kehormatan ASJI, Siti Atikoh berkesempatan memberikan pidato dalam acara tersebut. Ia mengawali pidatonya dengan menyambut para hadirin yang datang dengan bahasa Jepang.

"Minasan, konnichiwa! Watashitachi wa kyou, koko ni irasshaimashite, ureshii desu! Hajimemashite, Atikoh hingga moushimasu. Kyou wa minna de tanoshiku issho ni sugosou to omotteimasu," ucap Siti Atikoh.

Ketika mengakhiri sambutannya, istri mantan gubernur Jawa Tengah itu kembali menggunakan bahasa Jepang. Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para hadirin yang sudah hadir dalam acara tersebut.

"Minasan, gochisosama deshita. Kokoro kara osewa ni narimashita. Kondo, mata no okoshite no oai de, arigatou gozaimashita," tutup Siti Atikoh.

Lantas, memangnya Siti Atikoh lulusan kampus mana dan jurusan apa?

Siti Atikoh diketahui pernah mengeyam pendidikan S1 di Fakultas Tekonologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada (UGM). Kurang lebih tujuh tahun ia menempuh kuliah disini, yaitu mulai 1990-1997.

Setelah berhasil meraih ijazah S1, istri Ganjar Pranowo ini lanjut berkuliah S2 Perencanaan dan Wilayah Kota di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia berhasil lulus dan mendapat gelar Magister Teknik pada 2008.

Siti Atikoh pun sangat erat hubungannya dengan Jepang. Pasalnya, ia kembali meneruskan studi S2-nya di Universitas Tokyo dengan mengambil jurusan kebijakan publik.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #sering #unjuk #kebolehan #berbahasa #jepang #siti #atikoh #memangnya #lulusan #jurusan

KOMENTAR