5 Cara Mudah Mengatasi Skinny Fat: Tubuh Kembali Ideal dalam Waktu Singkat, Silakan Buktikan!
Ilustrasi, seseorang yang memiliki skinny fat. Freepik/ jcomp.
16:30
28 Oktober 2024

5 Cara Mudah Mengatasi Skinny Fat: Tubuh Kembali Ideal dalam Waktu Singkat, Silakan Buktikan!

- Ternyata menjadi kurus tidak selamanya sehat. Skinny fat adalah salah satu jenis kurus yang tidak sehat. Mungkin secara berat badan orang skinny fat tampak normal, namun tubuh akan terasa lembek bila dipegang, misalnya saja pada bagian perut.

Dilansir JawaPos.com dari Health Shots pada Senin (28/10), skinny fat adalah kondisi tubuh yang memiliki sedikit otot namun banyak lemak. Hal ini menyebabkan permasalahan kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan lainnya.

Dikatakan oleh seorang dokter olahraga Dr. Tvisha Parikh, seseorang dapat mengetahui dirinya memiliki skinny fat atau tidak dari angka pada BMI (Body Mass Index) yang dianggap sebagai penanda lemak tubuh berada diskala rendah atau normal.

Lebih lanjut, apabila berat badannya normal atau kurang dari tinggi badannya, namun persentase lemak tubuh sangat tinggi, maka orang tersebut termasuk dalam skinny fat.

Dr. Parikh pun menjelaskan alasan seseorang memiliki tubuh skinny fat, antara lain obesitas, aktivitas fisik yang minim, gizi buruk, meningkatnya konsumsi makanan olahan serta tinggi lemak dan gula.

Namun, jangan khawatir, kondisi tersebut dapat diatasi dengan merubah gaya hidup Anda dan melakukan lima hal ini.

1. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Berbeda dengan olahraga, aktivitas fisik yang dimaksud misalnya memilih menggunakan tangga daripada lift atau memilih berjalan kaki daripada menggunakan mobil atau motor. Apabila Anda konsisten meningkatkan aktivitas fisik setiap harinya, skinny fat dapat teratasi.

2. Mengurangi Duduk Terlalu Lama

Perlu dicatat bahwa duduk terlalu lama dalam posisi yang sama tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, bila Anda bekerja duduk di depan komputer perlu sesekali untuk istirahat sekadar minum air atau berjalan-jalan sebentar lalu kembali lagi. Dengan mengurangi waktu duduk bantu mengatasi skinny fat.

3. Cukup Tidur

Tidur yang cukup membantu tubuh Anda tetap bugar dan sehat sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan timbunan lemak berlebih pada tubuh. Tidur Anda dikatakan cukup bila berlangsung selama 6 - 8 jam dan berkisar antara jam 10 malam - 7 pagi.

4. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Tidak hanya bagi skinny fat saja, mengonsumsi makanan bergizi sangat baik dilakukan oleh siapa saja, terutama yang ingin memperbaiki bentuk tubuhnya. Hindarilah makan makanan cepat saji dan olahan hingga minuman manis. Lebih baik lagi bila diiringi dengan diet kaya protein.

5. Rutin Olahraga Mingguan

Selain meningkatkan aktivitas fisik, Anda yang memiliki tubuh skinny fat perlu untuk melakukan olahraga secara rutin setiap minggunya. Paling tidak habiskan 30-45 menit sampai 5 - 6 hari untuk berolahraga setiap minggunya.

Intensitas olahraga yang dapat dilakukan mulai dari intensitas tinggi - durasi pendek maupun intensitas rendah - berkelanjutan asalkan membakar kalori dalam jumlah yang sama.

Demikianlah lima Langkah mudah untuk mengatasi skinny fat, silakan praktikkan mulai dari sekarang.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #cara #mudah #mengatasi #skinny #tubuh #kembali #ideal #dalam #waktu #singkat #silakan #buktikan

KOMENTAR