Waspada 5 Masalah pada Kaki yang Sering Dialami Penderita Diabetes, Mulai dari Melepuh hingga Amputasi!
Ilustrasi kaki orang diabetes/Freepik
16:06
28 Oktober 2024

Waspada 5 Masalah pada Kaki yang Sering Dialami Penderita Diabetes, Mulai dari Melepuh hingga Amputasi!

- Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai oleh tingginya kadar gula darah, akibat ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin dengan efektif.

Gejala diabetes biasanya ditandai dengan sering haus, peningkatan frekuensi buang air kecil, kelelahan, dan penglihatan kabur.

Selain itu, penyakit diabetes juga berdampak pada kondisi kaki penderitanya sehingga bisa menimbulkan masalah lain jika tidak segera ditangani.

Berikut ini beberapa masalah pada kaki yang sering dialami oleh penderita diabetes.

1. Kapalan

Kapalan adalah area sel-sel kulit yang keras dan menebal. Kapalan yang besar pada kaki dapat membuat seseorang sulit berjalan dan dapat mengubah ukuran sepatu.

Kapalan dapat meningkatkan risiko munculnya borok dan infeksi pada penderita diabetes. Menjaga kaki tetap bersih penting untuk melindungi kaki.

2. Infeksi kaki

Infeksi kaki pada orang diabetes biasanya dapat menyebar ke aliran darah, merusak organ tubuh, dan membahayakan nyawanya, dikutip dari Medical News Today pada (28/10).

Seseorang juga dapat mengalami gangren yang menyebabkan kematian jaringan dan dapat berujung pada amputasi.

Infeksi kaki dapat merusak struktur di bawah kaki, termasuk tulang. Hal ini dapat mengubah bentuk kaki, sehingga menyebabkan rasa sakit lebih parah dan kesulitan berjalan.

3. Melepuh

Diabetes meningkatkan risiko kulit melepuh. Neuropati diabetik dapat mengubah cara seseorang bergerak, sehingga meningkatkan risiko lecet.

Penderita diabetes juga dapat mengalami kondisi yang disebut bulosa diabeticorum, yang membuat kulitnya tiba-tiba melepuh tanpa sebab.

Kulit yang melepuh dapat terinfeksi, menyebabkan rasa sakit, dan meningkatkan risiko infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh.

4. Ulkus diabetes atau borok

Ulkus diabetes adalah luka terbuka yang umumnya dialami oleh penderita diabetes, biasanya muncul di bagian kaki.

Penderita diabetes mungkin tidak menyadari hal ini sebelum ulkus menjadi parah. Jika tidak diobati, ulkus dapat merusak kaki dan terinfeksi.

5. Amputasi

Masalah kaki diabetik dapat menyebabkan infeksi serius. Untuk mencegah penyebaran infeksi dan meminimalkan kerusakan pada daerah sekitar seperti kaki, dokter dapat merekomendasikan amputasi.

Amputasi berarti membuang bagian tubuh, seperti jari kaki, kaki, atau sebagian kaki. Diabetes adalah penyebab utama amputasi.

Sebuah studi tahun 2020 memperkirakan bahwa penyakit ini berperan dalam 25-90% amputasi yang terjadi pada kelompok orang yang diteliti.

Itulah beberapa masalah pada kaki penderita diabetes yang bisa berujung kematian jika tidak segera ditangani.

Penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan kadar gula darah yang stabil bagi para penderita diabetes. Jika muncul tanda-tanda infeksi, segera konsultasikan dengan dokter.***

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #waspada #masalah #pada #kaki #yang #sering #dialami #penderita #diabetes #mulai #dari #melepuh #hingga #amputasi

KOMENTAR