Karier Seorang INFJ, Lebih Terstruktur dan Menyukai Pekerjaan yang Lebih Menyelesaikan Secara Tertib
Ilustrasi orang sedang bekerja (Freepik)
19:14
24 Oktober 2024

Karier Seorang INFJ, Lebih Terstruktur dan Menyukai Pekerjaan yang Lebih Menyelesaikan Secara Tertib

 

Tipe kepribadian INFJ adalah Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging, yang berarti mereka bersemangat saat menyendiri, fokus pada pemahaman ide dan konsep, dituntun oleh nilai-nilai dan intuisi mereka, serta pembuat keputusan yang tegas.

Kombinasi preferensi kepribadian ini menghasilkan orang-orang yang sangat idealis, autentik, dan empatik. 

Di tempat kerja, INFJ berfokus pada tugas untuk memperbaiki kondisi manusia. INFJ adalah pekerja yang berdedikasi, suka menolong, dan berprinsip yang dapat diandalkan untuk membayangkan, merencanakan, dan melaksanakan proyek-proyek rumit untuk tujuan kemanusiaan.

Berikut perilaku atau tindakan INFJ disaat sedang melakukan pekerjaan seperti dikutip dari Truity.

INFJ biasanya terorganisasi dan lebih menyukai pekerjaan yang memungkinkan mereka menyelesaikan proyek dengan tertib. Mereka sering kali mandiri dan cenderung lebih menyukai lingkungan yang tenang yang memungkinkan mereka mengembangkan pikiran dan ide mereka sendiri sepenuhnya.

INFJ mungkin sedikit lalai dalam hal detail dan terkadang membutuhkan bantuan rekan kerja yang lebih teliti untuk memastikan mereka tidak melupakan apa pun. Namun, mereka mengimbangi kecenderungan ini dengan dedikasi mereka yang tinggi terhadap tugas yang ada dan komitmen untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka.

Lingkungan kerja yang ideal bagi seorang INFJ  adalah lingkungan yang harmonis, giat, dan berorientasi pada misi kemanusiaan, dengan rekan kerja yang juga berkomitmen pada perubahan positif.

INFJ berorientasi pada tim dan mengharapkan pencapaian dan prestasi diakui dan diapresiasi termasuk pencapaian mereka sendiri. Mereka tidak bekerja dengan baik dalam lingkungan yang sangat kompetitif, dimana banyak memunculkan istilah yang terkuatlah yang akan menang tempat orang-orang saling beradu untuk memperebutkan kekuasaan atau prestise. Sebaliknya, mereka lebih menyukai tempat kerja yang mengutamakan kerja sama.

Pekerjaan ideal bagi seorang Konselor memungkinkan mereka untuk menggunakan kreativitas mereka dalam lingkungan yang mandiri dan terorganisasi untuk mengembangkan dan menerapkan visi yang konsisten dengan nilai-nilai pribadi mereka.

Selama pekerjaan mereka memberi mereka kepuasan dan berkontribusi pada kebaikan yang lebih besar, hal-hal seperti status dan gaji akan tetap menjadi hal sekunder bagi INFJ mereka tidak akan menolak promosi, tetapi mereka terutama dimotivasi oleh keinginan mereka untuk melayani orang lain.

Karena alasan ini, banyak INFJ mencari posisi sebagai konselor, pendidik, pekerja layanan sosial, terapis, dan pelatih. Pekerjaan ini memberi mereka banyak kesempatan untuk menawarkan nasihat dan instruksi kepada mereka yang membutuhkan bantuan yang cerdas dan penuh kasih sayang.

Statistik karier INFJ

  • Lebih mungkin menjadi orang tua yang tinggal di rumah dibandingkan rata-rata
  • Menunjukkan salah satu kesenjangan upah gender terendah , dengan INFJ perempuan memperoleh 87% dari apa yang diperoleh INFJ laki-laki
  • Kurang mungkin dibandingkan rata-rata untuk mengelola tim yang besar.

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #karier #seorang #infj #lebih #terstruktur #menyukai #pekerjaan #yang #lebih #menyelesaikan #secara #tertib

KOMENTAR