Orang yang Masa Kecilnya Tidak Mendapatkan Dorongan Positif dari Orang Tua, saat Dewasa Bakal Memiliki 8 Perilaku Ini
Ilustrasi orang yang tidak mendapatkan dorongan positif orang tua saat kecil. (Freepik)
18:08
24 Oktober 2024

Orang yang Masa Kecilnya Tidak Mendapatkan Dorongan Positif dari Orang Tua, saat Dewasa Bakal Memiliki 8 Perilaku Ini

- Sikap dan perilaku orang tua terhadap anak dapat memengaruhi perilaku anak saat dia usia dewasa. Bagaimana jika anak tidak mendapatkan dorongan positif dari orang tuanya saat dia kecil? Ternyata hal itu dapat membuat krisis kepercayaan diri seseorang menjadi rendah. Mereka juga sering gagal dan ragu dalam pengambilan keputusan. Alhasil, mereka selalu menyalahkan diri mereka sendiri jika gagal dalam suatu hal.

Dilansir dari laman geeding oleh JawaPos.com, berikut ini ciri perilaku anak yang tidak mendapatkan dorongan positif dari orang tua saat dewasa, apa saja:

1. Takut

Saat Anda mengambil keputusan dan memilih suatu cita-cita yang Anda inginkan, lalu Anda tidak mendapatkan dorongan dari orang tua. Kemungkinan besar Anda akan merasa takut gagal.

Jika orang tua sangat menghindari risiko dan memiliki pola pikir negatif, mereka tidak pernah mendorong perilaku bertumbuh apa pun dalam diri anak.

2. Perfeksionisme

Perfeksionis bukanlah jadi kelebihan, bisa jadi ini adalah kelemahan seseorang yang waktu masa kecil tidak mendapatkan dorongan positif dari orang tuanya.

Jadi, orang yang perfeksionis cenderung sangat keras pada diri mereka sendiri.

3. Krisis kepercayaan diri

Pengelaman diri saat kecil mempengaruhi perilaku seseorang saat dewasa. Salah satunya tentang kepercayaan diri.

Menurut pendiri Global Institute of Emotional Health and Wellness, Sarah-Len Mutiwasekwa, orang-orang di sekitar kita berkontribusi terhadap harga diri dasar seseorang. Salah satunya jika orang tersebut tak mendapatkan dorongan positif orang tua.

4. Mencari validasi orang lain

Bila Anda menginginkan perhatian, pujian, dan dorongan dari orang tua dan Anda tidak mendapatkannya, kerinduan ini sering kali bertahan lama.

Jika hal itu hilang, Anda mungkin mencari orang lain untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan akibat kurangnya dorongan positif.

5. Tidak nyaman dengan pujian

Dorongan tidak sama dengan pujian. Karena menerima dorongan bukan berarti menghakimi, melainkan mengakui usaha dan menawarkan dukungan.

Akan tetapi, anak-anak yang tumbuh tanpa dorongan tidak terbiasa mendengar ucapan kerja bagus atau kerja bagus.

6. Sulit menerima kritik

Orang yang tidak mendapatkan dukungan positif orang tua saat masa kanak-kanak, saat dewasa Anda akan sulit menerima kritik. Perilaku dan sikap Anda sangatlah keras dan tidak mau menerima masukan orang lain.

Ini berkaitan dengan ego pada diri Anda sendiri yang rapuh.

7. Kemandirian yang kuat

Pengabaian yang mereka alami mengajarkan mereka bahwa mereka hanya bisa mengandalkan diri mereka sendiri.

Mereka mungkin percaya bahwa orang lain tidak dapat atau tidak akan membantu mereka, sehingga tidak ada gunanya mencari bantuan atau dukungan dari orang lain.

8. Tekad untuk membuktikan diri

Orang yang tidak memiliki dorongan saat kanak-kanak, mereka akan terus bertekad membuktikan diri mereka.

Sayangnya, seperti halnya orang yang perfeksionis, orang yang berprestasi tinggi sering kali mencoba untuk meningkatkan citra diri mereka dihadapan orang lain.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #orang #yang #masa #kecilnya #tidak #mendapatkan #dorongan #positif #dari #orang #saat #dewasa #bakal #memiliki #perilaku

KOMENTAR