Menurut Psikologi, Orang yang Pernah Mengalami Kesulitan Finansial dalam Hidupnya, Menunjukkan 7 Kekuatan Ini
Ilustrasi- seseorang yang tidak punya uang./(cookie_studio-freepik)
13:56
24 Oktober 2024

Menurut Psikologi, Orang yang Pernah Mengalami Kesulitan Finansial dalam Hidupnya, Menunjukkan 7 Kekuatan Ini

Setiap kehidupan yang dijalani, tak lepas dari yang namanya kesenangan dan kesulitan, dan itu datang silih berganti.

Berbagai macam aspek kesulitan yang dihadapi bisa dari segi kesehatan, hubungan asmara, keluarga, bahkan menyangkut finansial.

Mengutip dari laman Ruang Menyala, kesulitan finansial merupakan kondisi disaat seseorang tak mampu untuk mencukupi dan memenuhi pengeluaran bulanan seperti tagihan, cicilan utang, dan biaya lainnya.

Masalah yang menyangkut finansial ini dikenal sangat sensitif, bahkan bisa memecahkan suatu hubungan karena salah satu pihak tidak tanggung jawab atas hal tersebut.

Kesulitan finansial juga bisa dialami pada diri sendiri ketika belum mendapatkan pekerjaan, mengalami kebangkrutan, ditipu orang lain, atau uang itu habis untuk dipakai berobat.

Melansir dari laman Ge Editing, menurut psikologi bahwa orang yang pernah mengalami kesulitan finansial dalam hidupnya, menunjukkan 7 kekuatan ini :

1. Katahanan

Ketahanan merupakan suatu tindakan untuk bangkit kembali dari keterpurukan, ini adalah suatu kualitas yang dikembangkan oleh orang ketika mengalami kesulitan finansial.

Mereka memahami bahwa kegagalan hanya bersifat sementara, daripada menyerah dan merundung pada kesedihan, lebih baik untuk bangun dan melawan keterpurukan ini. Disinilah kekuatan batin berperan untuk melawan ketakutan.

2. Empati

Ditengah perjuangan kesulitan finansial yang dihadapi, orang tersebut akan mudah menumbuhkan rasa empati yakni lebih peka terhadap situasi atau kondisi orang lain.

Hal ini juga dicatat oleh para psikolog, yakni permasalahan finansial seringkali dapat meningkatkan pemahaman dan kepekaan terhadap penderitaan orang lain. Karena mereka mengetahui betapa sakitnya jika hidup dengan kekurangan uang.

Jadi meskipun kesulitan finansial itu memang berat, hal ini juga dapat membuka hati seseorang terhadap perjuangan yang orang lain lakukan. Mereka akan lebih mudah beramal serta membantu yang sedang kesulitan.

3. Kecerdasan

Ketika memiliki uang yang terbatas, kamu akan lebih mudah mencari cara untuk mendapatkannya dari berbagai sisi.

Misalnya dengan berjualan, menjadi perantara jual beli, atau mengajarkan kemampuanmu pada orang lain.

Mungkin hal itu tidak akan terpikir kalau kamu sudah cukup memiliki uang, tapi begitu kesulitan melanda, jiwa kreativitasmu mulai muncul. Selain itu, kamu juga bisa cerdas untuk menghemat pengeluaran.

4. Syukur

Menariknya bahwa orang yang pernah mengalami kesulitan finansial adalah memiliki rasa syukur cukup tinggi. Kenikmatan sederhana yang sempat diabaikan itu, kini sudah menjadi sumber kegembiraan hidup.

Maka tidak ada alasan bagi kita untuk terus mengeluh dan marah akan keadaan, dengan menghargai hal-hal kecil itu akan menumbuhkan jiwamu yang lebih besar, dan inilah suatu kekuatan berharga dalam hidup.

5. Kemandirian

Saat keadaann finansial sedang memburuk, dapat mendorong seseorang untuk menjadi lebih mandiri, mengambil kendali atas situasi, serta membuat keputusan bijak disetiap langkahnya.

Tanpa harus bergantung pada orang lain, kesulitan finansial ini secara tak sengaja mendorong tingkat kemandirian dan pertumbuhan pribadi.

6. Kasih Sayang

Kasih sayang yang tulus selalu hadir dalam setiap keadaan, baik itu senang maupun susah.

Dari rasa empati tersebut, muncul adanya kasih sayang pada orang lain dan siap mengulurkan tangan untuk membantu.

Kesulitan finansial yang dialami akan membawamu dalam kehidupan penuh kasih sayang, kamu bisa lebih mengasihi pengamen dijalanan, pengemis, ataupun keluarga disekitarmu yang sulit.

Sehingga tidak ada lagi perbedaan status sosial, gelar, atau jabatan dalam sudut pandangmu. Bahkan merekalah yang patut dirangkul dan didukung.

7. Kegigihan

Tindakan ini merupakan tekad yang kuat untuk terus maju, tak peduli sulitnya perjalanan hidup, dan dorongan tanpa henti untuk memperbaiki situasi.

Pada intinya, kesulitan keuangan dapat menyulut semangat kegigihan yang tidak mau menyerah dan sebuah bukti ketahanan manusia.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #menurut #psikologi #orang #yang #pernah #mengalami #kesulitan #finansial #dalam #hidupnya #menunjukkan #kekuatan

KOMENTAR