Jangan Sembarangan Lho! Ini Dosa yang Tidak Diampuni Allah SWT Saat Malam Nisfu Syaban
doa nisfu syaban - Ilustrasi gambar (pixabay)
17:45
24 Februari 2024

Jangan Sembarangan Lho! Ini Dosa yang Tidak Diampuni Allah SWT Saat Malam Nisfu Syaban

Pada hari ini, 24 Februari 2024 sampai dengan Minggu, 25 Februari merupakan waktu istimewa bagi umat Muslim. Pasalnya, pada waktu tersebut diketahui merupakan malam Nisfu Syaban. Malam ini dipercaya memberikan berbagai pahala sebab banyak amalan yang dapat dilakukan.

Di samping itu, di malam Nisfu Syaban juga menjadi waktu untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, biasanya beberapa orang akan berusaha meminta ampunan demi menghapus segala dosa-dosanya.

Namun, tidak semua dosa diampuni oleh Allah SWT. Mengutip NU Online, terdapat beberapa dosa yang tidak diampuni oleh Allah SWT saat malam Nisfu Syaban, seperti musyrik atau syirik maupun orang yang munafik.

Doa malam nisfu syaban (Mila Okta Safitri/Pixabay)Doa malam nisfu syaban (Mila Okta Safitri/Pixabay)

Dosa berzina juga menjadi salah satu yang tidak diampuni saat malam Nisfu Syaban. Dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, dan Imam An-Nasa’i dari Ibnu Mas‘ud dikatakan:

“Abdullah bin Mas’ud bertanya, ‘Wahai Rasulullah, dosa apakah yang paling berat?’ Kemudian Rasulullah menjawab, ‘menjadikan suatu hal sebagai persamaan dari Allah yang telah menciptakanmu (Syirik).’ Kemudian Abdullah berkata, ‘Apalagi wahai Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Membunuh orang tuamu karena engkau takut dia makan bersamamu.’ Abdullah bertanya lagi, ‘Kemudian apalagi wahai Rasul?’ ‘Kamu berzina dengan istri tetanggamu.'”

Oleh sebab itu, sifat syirik maupun berzina menjadi hal yang harus dihindari karena disebut tak diampuni oleh Allah SWT. Sementara itu, dalam meminta ampunan di malam Nisfu Syaban ini dianjurkan untuk membaca istighfar banyak-banyak.

Perbanyak istighfar

Istighfar menjadi amalan yang sangat dianjurkan saat malam Nisfu Syaban. Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan, istighfar merupakan salah satu amalan utama yang harus dibiasakan umat Islam, terlebih di waktu istimewa seperti malam Nisfu Syaban.

Hal ini karena istighfar selain menghapus berbagai dosa yang dimiliki, amalan tersebut dipercaya sebagai pembawa rezeki. Banyak beristighfar dipercaya memberikan banyak rezeki baik untuk orang yang mengamalkannya.

Dengan beristighfar, juga akan membuat kemudahan dari permasalahan yang ada. Rasa sedih dalam diri juga akan menghilang dari istighfar.

“Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran dan hadits. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan,” jelas Sayyid Alawi.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jangan #sembarangan #dosa #yang #tidak #diampuni #allah #saat #malam #nisfu #syaban

KOMENTAR