7 Manfaat Menakjubkan Tertawa bagi Kesehatan dan Kesejahteraan Psikologis Kita, Apa Saja?
lustrasi dua orang yang tertawa. (Freepik)
09:26
24 Oktober 2024

7 Manfaat Menakjubkan Tertawa bagi Kesehatan dan Kesejahteraan Psikologis Kita, Apa Saja?

Semua orang suka tertawa, setiap dari kita senang mendengar lelucon yang lucu, menonton acara komedi, serta berada di sekitar orang-orang dengan selera humor yang baik.

Tetapi, apakah setiap dari kita benar-benar meluangkan waktu untuk tertawa dalam hidup?

Nyatanya, hanya sedikit di antara kita yang menganggap serius tawa kita, tanpa adanya upaya yang sungguh-sungguh untuk lebih banyak tertawa.

Padahal, tertawa sebenarnya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kesejahteraan psikologis.

Dilansir JawaPos.com dari laman YourTango, Kamis (24/10), berikut tujuh manfaat dari tertawa berdasarkan penelitian yang sedang berkembang saat ini.

1. Tertawa meningkatkan hubungan Anda dengan orang-orang sekitar

Penelitian menunjukkan bahwa tertawa membuat Anda lebih terbuka terhadap orang baru dan membantu Anda membangun serta memperkuat hubungan.

Baik dalam hubungan persahabatan atau hubungan dengan rekan kerja, tanpa adanya tawa akan terasa sangat membosankan.

2. Tertawa meningkatkan daya ingat dan menurunkan stres

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat mempertajam kemampuan Anda untuk mengingat sesuatu sekaligus mengurangi hormon stres kortisol, terutama pada orang tua.

Bahkan, jika Anda merasa ingatan Anda buruk, Anda bisa memperbaikinya dengan tertawa.

3. Tertawa membuat Anda menjadi pribadi yang tangguh

Menurut sebuah penelitian, tertawa dapat membuat Anda menjadi pribadi yang lebih tangguh, karena tertawa membantu Anda mengatur emosi saat menghadapi tantangan, bahkan dalam situasi yang gugup dan canggung.

4. Tertawa meningkatkan kesehatan Anda

Sebuah penelitian terhadap pasien diabetes menemukan bahwa tertawa dapat menurunkan stres dan peradangan serta meningkatkan kolesterol baik.

Bahkan studi lain menunjukkan bahwa melihat kejadian lucu dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sekaligus menurunkan hormon yang berhubungan dengan stres.

5. Tertawa membuat Anda menjadi pembelajar yang lebih baik

Saat kita mencoba mempelajari sesuatu yang baru, kita biasanya cukup serius, tetapi penelitian menunjukkan bahwa tertawa sambil mempelajari materi baru akan membantu Anda lebih terlibat dengannya.

6. Tertawa membuat Anda menarik

Sebuah studi terkini menegaskan bahwa humor dan sifat suka bermain merupakan sifat yang sangat dihargai pada calon pasangan romantis. Hubungan romantis tanpa adanya tawa tentu akan menjadi hubungan yang membosankan.

7. Tertawa membantu Anda membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik

Mengapa tertawa membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik? Menurut penelitian Sophie Scott, tertawa itu seperti penyakit yang menular, terutama pada bagian otak. Ketika kita tertawa, kita menebarkan kebahagiaan pada dunia dan orang-orang sekitar.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #manfaat #menakjubkan #tertawa #bagi #kesehatan #kesejahteraan #psikologis #kita #saja

KOMENTAR