Rekam Jejak Ustaz Syafiq Riza Basalamah, Pengajiannya di Surabaya Dibubarkan
Ustaz Syafiq Riza Basalamah. (Youtube)
12:54
23 Februari 2024

Rekam Jejak Ustaz Syafiq Riza Basalamah, Pengajiannya di Surabaya Dibubarkan

Aksi penolakan pengajian yang digelar di Masjid Assalam, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya pada Kamis (22/2/2024), mencuri perhatian publik.

Penolakan itu dilakukan oleh ormas Gerakan Pemuda Ansor setempat karena pihak penyelenggara mendatangkan Ustaz Syafiq Riza Basalamah.

Sempat terjadi ketegangan dalam peristiwa itu, hingga akhirnya berujung pada aksi baku hantam antara ormas tersebut dengan sejumlah jemaah pengajian. 

Keberatan ormas atas hadirnya Ustaz Syafiq Riza Basalamah dalam pengajian di Surabaya bukan tanpa alasan. Mereka menilai, selama ini ceramah yang dilakukan ustaz tersebut kerap kali penuh dengan provokasi yang bisa mengarah pada adu domba.

Video peristiwa itupun beredar luas di masyarakat melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp dan sejumlah akun media sosial.

Hal tersebut lantas membuat tak sedikit orang yang penasaran dengan sosok ustaz Syafiq Riza Basalamah dan mengapa ia ditolak untuk mengisi sebuah pengajian. Berikut ulasannya.

Profil Ustaz Syafiq Riza Basalamah

Pemilik nama lengkap Riza bin Hasan bin Abdul Qadir bin Salim Basalamah ini merupakan kelahiran Jember, Jawa Timur pada 15 Desember 1977.

Adapun nama Basalamah yang disematkan dalam nama lengkapnya merupakan salah satu marga Arab Hadramaut, Yaman. Kakek buyutnya, Salim bin Zaid Basalamah pernah berhijrah dari Yaman ke Hindia Belanda sebelum tahun 1900-an.

Kapal yang ditumpangi Salim berlabuh di Kota Padang, Sumatera Barat. DI sana ia menikahi perempuan setempat dan bekerja di pelabuhan serta guru mengaji.

Kini Syafiq Riza Basalamah berprofesi sebagai pendakwah, dosen dan penulis sejumlah buku agama. Sejak kecil, Syafiq Riza basalamah sudah tekun mendalami ilmu agama Islam dengan menempuh pendidikan dasar di pesantren plus MTsN pada 1993.

Ia juga melanjutkan pendidikannya ke MAN pada 1996, lalu Pesantren Al Irsyad al Islamiyyah Bondowoso pada 1996. Ia juga sempat mengenyam pendidikan di LIPIA Jakarta. Di sana ia mengambil program D1 dan lulus pada 1998.

Tak hanya di dalam negeri, Syafiq Riza basalamah juga menempuh pendidikan agama di luar negeri. Di antaranya Syu’batul Lughah atau Program Bahasa, di Universitas Islam Madinah dan tamat pada 1999.

Seakan tak mau berhenti mencari ilmu, Syafiq terus melanjutkan pendidikannya di kampus yang sama untuk jenjang S1 hingga S3, jurusan Da'wah Fakultas Da’wah Dan Usuluddin.

Dengan ilmu agama yang mumpuni, Syafiq juga produktif menulis sejumlah buku, di antaranya yang berjudul Andai Aku Tidak Menikah Dengannya, Mimpi Bertemu Nabi  dan Bersama Keluarga Masuk Surga. 

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #rekam #jejak #ustaz #syafiq #riza #basalamah #pengajiannya #surabaya #dibubarkan

KOMENTAR