Beda Pendidikan Erina Gudono vs Aliya Rajasa: Pantas Jadi Menantu Presiden RI, Ternyata Sama-sama Mengintimidasi
Kolase Erina Gudono dan Aliya Rajasa. (Instagram)
20:40
22 Februari 2024

Beda Pendidikan Erina Gudono vs Aliya Rajasa: Pantas Jadi Menantu Presiden RI, Ternyata Sama-sama Mengintimidasi

Menantu bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Aliya Rajasa memang jarang disorot. Namun sosoknya kini mencuri perhatian usai menghadiri pelantikan sang kakak ipar, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR.

Istri Ibas Yudhoyono itu tampil memukau dengan kebaya berwarna biru tua. Tak heran jika adik ipar Annisa Pohan ini turut dibanding-bandingkan dengan menantu bungsu Presiden Jokowi, Erina Gudono yang merupakan istri Kaesang Pangarep.

Pesona Aliya Rajasa sendiri memang tak kalah dengan Erina Gudono. Apalagi sosoknya juga kerap mendampingi suami dalam setiap acara politik di Partai Demokrat.

Lantas, seperti apakah latar belakang pendidikan Erina Gudono vs Aliya Rajasa, dua menantu bungsu Presiden RI? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pendidikan Erina Gudono

Inspirasi Baju Lebaran Ala Erina Gudono (Instagram)Erina Gudono. (Instagram)

Erina Gudono memiliki riwayat pendidikan yang tidak main-main. Lulusan SMAN 5 Yogyakarta ini sempat mendaftar ke beberapa kampus terbaik di dunia untuk gelas master.

Adik ipar Gibran Rakabuming Raka ini tercatat sebagai lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2018, sama seperti sang mertua, Presiden Jokowi. Erina mengambil jurusan Manajemen Keuangan dan berhasil lulus dengan gelar cumlaude. 

Sosoknya juga terkenal dengan segudang talenta. Terbukti, Erina berhasil keluar sebagai pemenang Putri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 2022.

Kepintaran Erina rupanya menurun dari almarhum ayahnya, Prof. Gudono. Sang ayah merupakan guru besar UGM, serta sempat menduduki jabatan sebagai Wakil Rektor UGM

Erina sempat mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melanjutkan pendidikan S2. Ia berhasil diterima beasiswa LPDP dan akhirnya mendaftar ke Columbia University, Amerika Serikat (AS).

Selain LPDP, Erina juga pernah mendapatkan beberapa beasiswa bergengsi. Sebut saja beasiswa GenBI Bank Indonesia dan Beasiswa Astra International.

Sosoknya juga pernah mengikuti ajang XL Axiata Leaders, Young Leaders for Indonesia (YLI) dan Beasiswa Summer International Program Showa Women’s University.

Menantu Presiden Jokowi ini sempat diterima di Columbia University pada 22 April 2021. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan diterima dalam dua program Master sekaligus, yakni Master’s of Public Administration dan Master’s of Social Work.

Kecerdasan Erina juga terlihat saat ia mengikuti program kelas Musim Panas di The Chinese University of Hongkong. Kelas musim panas itu bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi Ivy League, yakni Harvard University.

Pendidikan Aliya Rajasa

Aliya Rajasa (instagram/ruby_26)Aliya Rajasa (instagram/ruby_26)

Aliya Rajasa merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Perempuan kelahiran 26 April 1986 ini merupakan anak dari Hatta Rajasa, mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Ayah Aliya sendiri pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan mertua Ibas Yudhoyono itu juga sempat maju sebagai cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2014 silam. Sayang, pasangan Prabowo-Hatta kalah dari pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Aliya sendiri memiliki rekam jejak pendidikan yang tak kalah mentereng dari Erina Gudono. Menantu SBY ini merupakan lulusan S1 Bisnis dan Manajemen di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia masuk ke ITB pada 2004 dan berhasil lulus tahun 2007.

Usai lulus dari ITB, Aliya melanjutkan pendidikan S2 di London, Inggris. Di sana ia mengambil gelar Master Bisnis Internasional di Universitas Westminster.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #pendidikan #erina #gudono #aliya #rajasa #pantas #jadi #menantu #presiden #ternyata #sama #sama #mengintimidasi

KOMENTAR