Siapa Ayah Annisa Pohan? Besan SBY yang Pernah Terjerat Korupsi, Segini Kekayaan Mertua AHY
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berfoto bersama Annisa Pohan dan putrinya Almira Tunggadewi Yudhoyono sebelum dilantik menjadi Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Ist)
20:11
21 Februari 2024

Siapa Ayah Annisa Pohan? Besan SBY yang Pernah Terjerat Korupsi, Segini Kekayaan Mertua AHY

Sosok Aulia Pohan turut mencuri perhatian di hari pelantikan sang suami, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR. AHY dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri ATR menggantikan Hadi Tjahjanto pada Rabu (21/2/2024).

Dalam pengambilan sumpah jabatan itu, AHY didampingi oleh Annisa Pohan. Menantu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tampil menawan dengan kebaya brokat berwarna biru muda.

Momen itu membuat masyarakat semakin penasaran dengan Annisa Pohan. Apalagi, istri AHY itu berasal dari keluarga pejabat. Selain itu, Annisa Pohan juga dikenal sebagai presenter bola sebelum menikahi AHY.

Namun siapa sangka, ayah Annisa Pohan dulu pernah tersandung kasus korupsi. Lantas, siapakah ayah Annisa Pohan? Dan seperti apa kekayaan dari besan SBY tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Aulia Pohan

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama sang istri, Annisa Pohan. [instagram]Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama sang istri, Annisa Pohan. [instagram]

Annisa Pohan merupakan anak kedua dari Aulia Tantowi Pohan. Ayahnya lahir di Palembang, 11 September 1945.

Aulia Pohan dikenal sebagai ahli ekonomi Tanah Air. Sosoknya bahkan sempat dipercaya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Aulia menempuh pendidikannya dalam bidang ekonomi di luar negeri. Ia berhasil meraih gelar Master Bidang Ekonomi Studi Pembangunan di Boston University, Amerika Serikat.

Ayah dari tiga anak ini juga mengikuti beberapa program pendidikan yang di luar negeri. Salah satu programnya adalah Financial Programming Policy Course IMF yang berlangsung di Washington, Amerika serikat.

Selain itu, ia juga pernah mengikuti ABD Training On Monetary and Fiscal Policies di Tokyo, Jepang. Kemudian dilanjutkan mengikuti workshop serupa di Harvard University.

Aulia dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah Rizano Azhar Pohan, Annisa Pohan dan Mifta Pohan. Namun pada 2023, ia berduka setelah anak pertamanya, Rino, meninggal secara mendadak.

Nama Aulia Pohan sendiri sempat terseret kasus korupsi. Besan SBY itu terbukti bersalah dalam kasus penyelewengan dana sebesar Rp 100 miliar pada 2003. Akibat perbuatannya, Aulia dituntut hukuman empat tahun penjara.  

Aulia kemudian sempat menerima remisi yang mengurangi masa penahanannya selama 3 bulan. Setelah menerima remisi, ia akhirnya mendapatkan pembebasan bersyarat pada 18 Agustus 2010.

Kekayaan Aulia Pohan

Penampilan Annisa Pohan (TikTok/Kolase)Penampilan Annisa Pohan (TikTok/Kolase)

Aulia Pohan memang sudah tidak terjun ke dunia pemerintahan sejak terjerat kasus korupsi. Ia terakhir kali melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2001 silam.

Kala itu, Aulia masih menjabat sebagai Deputi Gubernur. Berdasarkan LHKPN tahun 2001, Aulia tercatat memiliki harta kekayaan total sebesar Rp6.092.892.793 atau Rp 6 miliar.

Sebagian besar sumber kekayaannya berasal dari aset yanah dan bangunan sebesar Rp1.384.000.000 (Rp 1,3 miliar). Aset properti miliknya itu tersebar di Jakarta Selatan hingga Bogor, Jawa Barat.

Aulia Pohan juga melaporkan harta kekayaannya berupa alat transportasi senilai Rp670.000.000 (Rp 670 juta). Kendaraan miliknya itu terdiri dari mobil Toyota Kijang, mobil Toyota Starlet dan mobil Mercedes Benz C Class.

Sosoknya juga memiliki harta bergerak dalam bentuk logam mulia senilai Rp82.000.000 (Rp 82 juta). Ditambah harta bergerak lainnya total senilai Rp75.000.000 (Rp 75 juta).

Tak hanya itu, Aulia Pohan juga memiliki harta berupa giro dan setara kas lainnya dengan total Rp4.987.711.199 atau hampir Rp 5 miliar.

Kendati demikian, Aulia Pohan juga memiliki hutang sebesar Rp1.105.818.406 (Rp 1,1 miliar). Maka total harta kekayaan Aulia Pohan kala itu Rp 6.092.892.793.

Jumlah harta kekayaan Aulia Pohan tentu diprediksi sudah meningkat pesat pada tahun ini, mengingat ia terkahir kali melaporkan harta kekayaannya 23 tahun silam.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #siapa #ayah #annisa #pohan #besan #yang #pernah #terjerat #korupsi #segini #kekayaan #mertua

KOMENTAR