7 Perlakuan Buruk Ini, Biasanya Akan Diterima oleh Perempuan yang Tidak Tahu Cara Menghargai Diri Mereka Sendiri, Cek Apa Saja!
Ilustrasi seorang perempuan yang tidak tahu cara menghargai diri sendiri. (Pexels)
16:10
21 Oktober 2024

7 Perlakuan Buruk Ini, Biasanya Akan Diterima oleh Perempuan yang Tidak Tahu Cara Menghargai Diri Mereka Sendiri, Cek Apa Saja!

 

Anda mungkin pernah mencoba mentoleransi perilaku seseorang, entah itu teman, rekan kerja, atau keluarga, bahkan ketika perilaku itu membuat Anda merasa tersakiti jauh di lubuk hati Anda.

Terutama pada perempuan yang berjuang untuk mengenali harga diri atau nilai mereka ketika menghadapi situasi ini, mereka akan sulit untuk mengetahui cara menghargai diri mereka sendiri agar lebih dihormati.

Mereka akan menerima kritik, manipulasi, dan perilaku merugikan lainnya, seringkali mereka mentoleransi hal tersebut karena takut kehilangan hubungan.

Dilansir dari smallbusinessbonfire.com, ada tujuh perilaku tidak baik yang diterima oleh perempuan yang tidak tahu cara menghargai diri mereka sendiri.

  1. Perilaku tidak sopan

Perilaku tidak sopan tentu menjadi salah satu tindakan seseorang yang merendahkan harga diri Anda, terutama seorang perempuan yang tidak tahu cara menghargai diri mereka sendiri.

Perilaku ini bisa berupa komentar kasar, sikap meremehkan, hingga meremehkan kehadiran Anda secara langsung. Jika seorang perempuan yakin dengan nilai dirinya, mereka mungkin dapat mengabaikan perilaku ini.

Dihormati adalah hak asasi manusia yang paling mendasar. Itu bukan sesuatu yang diperoleh, melainkan itu adalah sesuatu yang semua orang berhak dapatkan. Jadi jika Anda ingin dihormati, abaikan perilaku tidak sopan karena itu bentuk menghargai diri Anda sendiri.

  1. Dianggap remeh

Jika Anda adalah orang yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri Anda sendiri. Maka itu bisa membuat orang lain menganggap remeh diri Anda, dan itu juga bentuk sikap tidak menghargai diri sendiri.

Terutama pada seorang perempuan, ketika Anda selalu menjadi orang yang berkorban dalam suatu hubungan, itu adalah tanda bahwa orang lain meremehkan Anda. Usaha yang Anda lakukan selama ini akan diabaikan, yang membuat Anda merasa tidak dipandang.

Sadarilah bahwa diri Anda juga penting, kebutuhan dan kepentingan Anda harus tetap Anda prioritaskan. Itu bukan berarti Anda bersikap egois, tetapi bentuk sikap menghargai diri sendiri agar orang lain tidak meremehkan kebaikan Anda.

  1. Manipulasi emosional

Manipulasi emosional bisa berupa rasa bersalah, gaslighting, atau perilaku yang mempermainkan perasaan Anda. Perilaku ini adalah siklus berbahaya yang dapat menghancurkan harga diri Anda, sehingga Anda meragukan diri sendiri, dan nilai yang Anda yakini.

Bila Anda seorang perempuan yang tidak tahu cara menghargai diri sendiri, Anda akan mudah terjebak dalam perilaku manipulasi ini. Anda mungkin membenarkan perilaku mereka, dan meyakini bahwa Anda terlalu berlebihan atau terlalu sensitif.

Anda perlu memahami bahwa perasaan Anda harus Anda perhatikan, jangan mudah terpengaruh dengan pendapat orang jika orang tersebut memang menyinggung Anda. Manipulasi emosional dapat membuat Anda selalu menyalahkan diri sendiri.

  1. Kurangnya dukungan

Anda pasti memiliki mimpi, tujuan, dan ambisi. Namun, bila Anda bersama seseorang yang terus menghambat tujuan Anda, itu bisa menghancurkan harga diri Anda karena sebenarnya mereka tidak mendukung Anda untuk sukses.

Anda mungkin berbagi ide dengan mereka, tetapi ide itu langsung mereka tolak tanpa mempertimbangkan sedikitpun. Dan jika Anda mencapai sesuatu yang hemat, mereka akan meremehkan pencapaian tersebut daripada ikut merayakan bersama Anda.

Perempuan yang tidak tahu nilai diri mereka, akan cenderung berpikir bahwa pendapat orang lain lebih valid daripada impian mereka. Mereka akan terpengaruh pandangan orang lain tentang impian yang terlalu ambisius atau tidak realistis.

Jadi pahamilah nilai diri Anda, dan mimpi Anda adalah sebuah motivasi untuk meraih kesuksesan. Jangan biarkan orang lain membuat Anda merasa tidak layak untuk bermimpi, karena orang yang benar-benar peduli dengan Anda seharusnya memberikan dukungan.

  1. Persaingan tidak sehat

Kompetisi adalah hal yang wajar, ini memberikan Anda motivasi untuk berusaha menjadi lebih baik, dan melampaui batas Anda. Namun, terdapat batasan antara persaingan yang sehat dan persaingan yang merugikan.

Penelitian menunjukkan bahwa kompetisi yang berujung pada perbandingan terus menerus dapat menyebabkan runtuhnya harga diri seseorang, meningkatkan depresi, dan kecemasan, bahkan membuat kinerja mereka menjadi buruk.

Anda perlu menyadari bahwa menganggap wajar kompetisi tidak sehat merupakan akibat dari ketidaktahuan untuk menghargai diri sendiri. Anda bahkan akan memaksakan diri lebih keras, dan mencoba memenuhi harapan semua orang yang tidak realistis.

  1. Mengabaikan kebutuhan Anda

Dalam hubungan apapun, baik persahabatan maupun asmara, harus terdapat keseibangan antara memberi dan menerima. Namun, jika Anda dalam hubungan yang selalu mengabaikan kebutuhan Anda, itu membuat Anda merasa tidak penting.

Perempuan yang mentoleransi hal tersebut, mereka tidak tahu cara menghargai diri sendiri, karena mereka meyakini bahwa kebutuhan diri sendiri tidak sepenting kebutuhan orang lain.

Namun, cobalah untuk mementingkan juga kebutuhan Anda sendiri, itu bukan berarti Anda egois yang ingin kebutuhan diri sendiri terpenuhi. Itu adalah tanda bahwa Anda menghargai diri sendiri dan memiliki hubungan yang saling memberi dan berbagi satu sama lain.

  1. Menerima kritis yang konstan

Kita semua memang bukan manusia yang sempurna dan akan selalu melakukan kesalahan. Mendapat kritik yang membangun dapat membantu kita untuk tumbuh dan berkembang dari kesalahan.

Namun, jika terus menerus menerima kritikan yang tidak beralasan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak dihormati. Sedangkan jika Anda selalu mentoleransi hal tersebut, itu bisa menunjukkan bahwa Anda tidak tahu cara menghargai diri sendiri.

Orang mengkritik Anda yang tertuju pada harga diri Anda, membuat Anda merasa tidak mampu dan tidak berharga. Jadi cobalah untuk menghargai proses anda dan tidak selalu menerima kritikan yang tidak beralasan, karena usaha Anda sudah lebih dari cukup.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #perlakuan #buruk #biasanya #akan #diterima #oleh #perempuan #yang #tidak #tahu #cara #menghargai #diri #mereka #sendiri #saja

KOMENTAR